Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Cara Melupakan Mantan

16 min read

Cara Melupakan Mantan dengan Cepat

Cara Melupakan Mantan – Masa-masa kebersamaan terdahulu memang akan menjadi sebuah kenangan yang menyedihkan dan menyakitkan di kemudian hari ketika hubunganmu telah berakhir.

Melupakan bukan menjadi perkara yang mudah untuk dilakukan. Kamu pastinya juga merasakan hal itu. Manis dan pahitnya sebuah hubungan yang telah dijalani ingin rasanya membuat semua kenangan tersebut.

Tidak dipungkiri, terkadang kamu berkhayal terlalu asyik tentang semua masa-masa yang dilalui bersama hingga tidak sadar bahwa sekarang kamu telah menjalani kehidupan masing-masing.

Jangan sampai semua kenangan dan yang ada di masa lalu membuatmu stres karena selalu kepikiran. Tenangkan diri dan buat dirimu nyaman. Kamu pun dapat membaca cara-cara di bawah ini.

Cara Melupakan Mantan dengan Cepat

1. Jangan Ditahan Ketika Ingin Menangis

Jangan Ditahan Ketika Ingin Menangis

Melupakan mantan kekasih dapat dilakukan dengan cara mengeluarkan semua emosi dan perasaan lewat menangis.

Tidak ada salahnya kamu menangis, karena hal tersebut adalah sangat wajar. Tidak baik berpura-pura bahwa kamu sedang baik-baik saja. Melalui keluarnya air mata, kamu melakukan sebuah cara terbaik untuk meluapkan apa yang sedang kamu pendam di dalam dirimu.

Tidak baik memang memendam perasaan sakit setiap hari, itu tidak baik untuk dirimu sendiri. Kamu tidak perlu menahannya, karena dengan menahan kamu akan merasa masih ada yang mengganjal dan masih akan merasakan sakit.

Kamu bisa menangis sejadi-jadinya hingga membuat perasaanmu lega. Lakukanlah hingga kamu merasakan puas hingga tidak akan ada air mata lagi yang jatuh.

Kamu pun bisa melanjutkan hari-hari berikutnya dengan perasaan yang lebih baik daripada sebelumnya.

Berlarut-larut di dalam kesedihan memang tidak baik, saatnya kamu bangkit dan tunjukkan kepada semua orang bahwa kamu bukanlah seorang yang lemah.

Kamu akan rugi jika harimu masih saja dihiasi kesedihan. Hidup tidak melulu soal mantan kekasih.

Tapi kamu perlu ingat, jangan sampai meneteskan air mata terus menerus dan secukupnya saja. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih baik.

Dijamin dengan melakukan cara ini, ke depannya kamu tidak akan menangis lagi bahkan untuk orang yang masih sama. Setelah melakukan cara ini, kamu akan merasakan lega karena semua yang kamu rasakan sudah diluapkan.

2. Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Jangan salah paham dengan cara mendekatkan diri kepada Sang Pencipta untuk membuatmu melupakan mantan.

Sudah diketahui bersama bahwa memperbanyak melakukan ibadah tidak hanya dilakukan ketika kamu ingin melupakan seseorang, beribadah perlu dilakukan pada setiap saat. Dimana saja kamu berada, Tuhan akan ada selalu untuk kamu.

Seberapa pun kamu merasa sendiri, Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kamu untuk sendirian. Semakin rajin dan ketulusan kamu di dalam beribadah,

Tuhan akan memberikan rezeki dan kebahagian lainnya dalam berbagai bentuk yang lebih banyak lagi. Ingatlah selalu La Tahzan, iya jangan bersedih. Hatimu akan lebih merasa tenang dengan sering berdoa dan melakukan ibadah.

Dekatkanlah dirimu dengan Tuhan, kamu pun juga dapat bercerita kepadanya. Meningkatkan spiritualitas bukan menjadi hal salah dilakukan.

Justru itu akan lebih baik untuk dirimu, terlebih ketika keadaanmu sedang sedih karena masalah cinta. Tuhan akan memberikan jalan keluar atau menunjukkan kepadamu sesuatu yang tidak terduga karena sifat-Nya yaitu Maha Mendengar.

Mendekatkan diri kepada Tuhan merupakan keputusan yang tepat untuk dilakukan. Percayalah bahwa semuanya akan baik-baik saja.

Jangan sampai kamu malah melakukan hal-hal di luar nalar seperti pergi ke dukun atau berniat mengakhiri hidup hanya untuk membalas perasaan sakitmu. Itu semua dapat merugikan dirimu sendiri. Berpikirlah, bahwa hidupmu masih panjang.

3. Berusahalah Membatasi Interaksi dengan Mantan

Berusahalah Membatasi Interaksi dengan Mantan

Masih banyak sekali orang yang masih susah melupakan mantan. Jika sudah seperti itu, kamu perlu melakukan cara melupakan mantan dengan membatasi adanya interaksi dengannya.

Menjalankan hal itu memang tidak mudah untuk dilakukan. Tetapi agar sukses bisa melupakannya, kamu wajib melakukan hal itu walaupun kamu mau atau tidak. Terlihat berat dilakukan ketika di awal.

Lama-kelamaan kamu pun akan terbiasa dengan sendirinya. Buanglah semua perasaan yang dulu pernah ada di antara kamu dan dia.

Apa yang sudah terjadi, itu hanyalah masa lalu. Jika dia datang atau kembali mendekat, kamu perlu mengatakan butuh waktu untuk sendiri. Tidak perlu memaksakan keadaan dengan melakukan interaksi kembali mengingat yang dulu-dulu.

Jika sebelum putus cinta hidupmu terbiasa dengannya, maka saat putus pun kamu bisa kembali terbiasa tanpanya lewat cara membatasi interaksi ini.

Ketika kamu bisa membatasi interaksi, lama kelamaan kamu pun bisa berhasil untuk hidup tanpa dia. Saat sudah merasa terbiasa, melewati hari-harimu tanpa melakukan interaksi dengannya akan terasa biasa saja dan tidak merasa kurang.

Terasa sulit di awal bukan menjadi sebuah halangan, teruslah melanjutkan cara ini hingga kamu menjadi biasa dengannya.

Apabila kamu merasa bahwa masing-masing dari kalian siap, barulah boleh melakukan interaksi kembali namun ada catatan harus menjadi teman biasa.

Kalian tidak perlu bermusuhan jika hubungan kalian sudah berakhir. Perasaan yang aneh pada awal tidak akan lama.

4. Membuang Semua Barang Pemberian Mantan

Membuang Semua Barang Pemberian Mantan

Membuang barang-barang yang diberikan oleh mantan bisa kamu jadikan cara melupakan mantan. Semua barang yang diberikannya bisa dibuang apabila sudah tidak dapat digunakan lagi.

Kamu juga dapat menghibahkan barang-barang tersebut untuk orang lain jika kondisinya masih baik dan layak untuk dipakai. Cara tersebut juga merupakan cara yang ampuh agar kamu tidak selalu ingat mantan.

Mungkin teman-temanmu atau orang lain ada yang mengatakan bahwa tidak perlu melakukan semua itu. Alasan mereka adalah semua barang tersebut masih dapat kamu pakai dan tentunya terdapat banyak kenangan.

Justru dengan membuang atau menghibahkan semua itu, lambat laun kamu akan melupakan semua kenangan indah bersamanya. Jika barang itu masih ada akan menjadi berbahaya.

Kamu bisa diingatkan kembali semua kenangan yang pernah ada dengan melihat barang pemberian mantan. Hal itu akan tidak baik dan dapat merusak keinginanmu yang sudah berniat untuk melupakannya.

Semua yang ada kenangan manis bersama sudah sebaiknya disingkirkan dari pandangan agar lebih cepat untuk melupakan semua yang pernah terjadi.

Kamu bisa memulainya dengan cara seperti menghapus semua chat dengannya. Menghapus kata-kata atau gambar yang pernah diberikan untukmu baik melalui tulisan di kertas atau melalui pesan instan.

Buanglah semuanya, termasuk hal kecil yang ada hubungannya dengan mantan. Jangan sampai menyisakan satu pun barang darinya karena hal itu hanya akan menjadi pengingat untukmu.

Tiket bioskop yang kamu simpan selepas kalian nonton bersama juga perlu dibuang. Tidak perlu menonton kembali film yang sudah kalian tonton.

Contoh barang yang dapat kamu berikan ke orang lain adalah seperti boneka. Kamu pun dapat membuat bahagia orang lain saat proses melupakannya. Cara ini juga akan sukses membuatmu lupa karena tidak ada hal yang mengingatkan tentangnya.

5. Mencari Berbagai Kegiatan yang Bermanfaat

Mencari Berbagai Kegiatan yang Bermanfaat

Carilah kegiatan atau kesibukan lain yang membuatmu melupakan semua. Cara melupakan mantan selanjutnya dapat dilakukan dengan melakukan kegiatan bermanfaat seperti menyalurkan hobimu.

Lakukanlah sesuatu yang tidak dapat kamu lakukan dengan bebas ketika kalian masih bersama. Saat masih bersama, kamu akan terlalu fokus dengannya sehingga mengabaikan yang lebih bermanfaat.

Tidak perlu khawatir, tidak apa-apa dilakukan sekarang. Semuanya belum terlambat. Kamu masih mempunyai banyak waktu untuk menebus semua hal dengan lebih manfaat.

Kamu bisa bersenang-senang sekarang hingga suatu saat nanti bertemu dengan orang yang baru dan siap untuk diajak saling berbagi semua kebahagian yang akan terjadi.

Salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa kamu pilih yaitu adalah rutin untuk melakukan olahraga. Kegiatan tersebut tentunya lebih bermanfaat daripada kamu hanya termenung dan galau karena cinta yang lalu.

Menjaga kesehatan bukanlah satu-satunya tujuan ketika orang-orang melakukan olahraga. Kamu bisa meningkatkan endorfin dalam otak dengan melakukan olahraga kesukaanmu.

Melakukan olahraga seperti berenang, basket, bersepeda, dan sebagainya. Kamu akan merasakan senang ketika melakukan hal itu.

Hormon endorfin yang dihasilkan dari olahraga dapat membuat suasana hatimu lebih baik. Kamu disarankan untuk melakukan jogging yang dilanjutkan dengan bersepeda santai mengelilingi lingkungan tempat kamu tinggal.

Hal lain yang juga tak kalah bermanfaatnya seperti yang sudah dijelaskan di atas yaitu seperti membaca buku-buku sejarah atau ensiklopedia yang dapat menambah wawasanmu, menulis di blog atau menulis puisi, mewarnai buku yang saat ini tengah ramai diperbincangkan untuk mengurangi stres, serta kegiatan produktif yang lainnya.

Jangan habiskan waktumu hanya dengan hal sia-sia.

6. Hang Out Bersama Sahabat

Hang Out Bersama Sahabat

Percayalah bahwa sahabat juga dapat dijadikan untuk tempatmu pulang.

Seburuk apapun keadaanmu, sepatahnya hatimu, dan sejelek apapun matamu yang sembab karena menangis terlalu banyak karena mantan pacar sahabat akan selalu menerimamu dalam segala kondisi. Sahabat memang seperti cerminan diri kita, yang juga akan ikut bersedih ketika kamu sedang sedih.

Selalu ada di saat senang dan sedihmu. Tidak peduli apapun yang terjadi, sahabat akan tetap menjadi sahabat yang akan selalu menemanimu.

Tidak perlu merasa malu datang ke mereka saat kamu dalam kondisi patah hati. Mereka akan menjadi tempat kamu berbagi cerita, membuka telinga mereka lebar-lebar untuk mendengarkan keluh kesahmu. Mereka akan memberikan pelukan.

Mereka juga akan memberi motivasi, nasehat-nasehat serta masukan yang dapat menguatkanmu. Bahkan terkadang kamu akan dibuat ketawa oleh mereka dengan segala tingkah laku dan kekonyolannya.

Mereka akan selalu menganggapmu lebih dari teman, yaitu seperti keluarga sendiri. Itulah alasan kenapa mereka tidak menjaga image mereka di depanmu dan selalu apa adanya.

Mempunyai sahabat-sahabat yang seperti itu justru akan membantumu sekali melakukan cara melupakan mantan. Kamu dapat berbagi apa yang sedang kamu rasakan sekarang, tumpahkan semua perasaanmu kepada mereka.

Jika memang kamu perlu quality time, kamu dapat menginap di rumahmu temanmu sambil membuat acara kecil-kecilan seperti masak dan makan bersama.

7. Tidak Membuat Playlist Lagu-Lagu Sedih

Tidak Membuat Playlist Lagu-Lagu Sedih

Jangan membuat perasaan patah hatimu lebih menjadi karena didukung oleh playlist lagu yang kamu dengarkan mempunyai cerita-cerita yang menyedihkan.

Perasaanmu yang sedih itu dapat lebih parah ketika kamu mendengarkan lagu yang sedih juga. Cara melupakan mantan yang mudah untuk dilakukan yaitu dengan menghindari lagu-lagu yang sedih, hal itu dapat membuatmu lebih galau lagi.

Kamu wajib mencatat, bahwa lagu-lagu yang sedih tidak baik untuk hati dan jiwamu ketika sedang putus cinta. Saat mendengarkan lagu-lagu sedih ketika suasana hati yang sedang tidak baik juga akan membuatmu lebih mellow dan tambah sedih.

Tidak perlu tergesa untuk mencari pujaan hati yang baru, namun tidak ada salahnya ketika kamu ingin untuk segera mengakhiri masa yang kelabu.

Kamu boleh mendengarkan lagu yang mengisahkan tentang suatu hubungan yang berakhir dan tidak akan bisa kembali lagi.

Justru lagu-lagu yang seperti itu dapat membuatmu lebih yakin bahwa perpisahan kalian adalah jalan yang terbaik untuk dipilih di antara kalian.

Kamu pun akan berpikir bahwa kalian juga tidak akan kembali. Kamu perlu fokus ke hal yang jauh lebih bermanfaat.

Sebaliknya, kamu bisa mendengarkan lagu-lagu yang ceria. Perasaanmu yang sedang tidak baik-baik saja dan sedang berantakan akan menjadi lebih lebih baik karena mengikuti irama lagu tersebut.

Kamu akan lebih bersemangat untuk menjalani hidup setelah hubungan kalian berakhir. Telingamu yang sudah terbiasa mendengarkan lagu yang ceria bisa mempermudah langkahmu membuka hati.

8. Mengikhlaskan, Merelakan, dan Sadar

Mengikhlaskan, Merelakan, dan Sadar

Kamu perlu belajar untuk mengikhlaskan di saat kamu sedang seperti sekarang ini. Kamu harus bisa membuatmu dirimu untuk ikhlas bahwa kalian tidak bisa bersatu kembali ya karena memang tidak berjodoh.

Kamu pun harus merelakan jika memang penyebab bahagianya bukan karena kamu lagi. Kamu juga perlu untuk sadar bahwa tidak bisa memaksakan kehendak Tuhan yang berkata tidak.

Daripada pusing dan sedih memikirkan hal itu, lebih baik kalian menghabiskan waktu dengan hal yang berfaedah.

Menikmati masa-masa muda sekarang, masa-masa yang tidak akan pernah terulang kembali di masa yang akan datang.

Manfaatkanlah waktumu sebaik mungkin dan jangan sampai menyesal di kemudian hari dengan kesedihan yang berlarut-larut.

Kamu yang tadinya hanya menghabiskan waktumu bersama kekasih, sekarang kamu bisa quality time lagi bersama dengan keluarga atau sahabat-sahabatmu.

Buatlah planning untuk membuat dirimu agar bisa lebih sadar, merelakan, dan mengikhlaskan. Buatlah dirimu sendiri bahagia, karena kebahagian yang kamu rasakan tidak hanya diperoleh dengan mempunyai kekasih saja.

Ada banyak cara untuk membuat hidupmu lebih asyik dan bahagia. Lakukanlah hal-hal yang belum pernah sebelumnya dilakukan sebelumnya. Itu akan menjadi tantangan yang mengasyikkan untukmu.

Sesuatu yang baru bisa membuatmu melupakan apa yang telah terjadi. Hal-hal lain yang lebih menyenangkan bisa kamu coba bersama dengan para sahabat, seperti melakukan hiking misalnya.

9. Tidak Perlu Terburu-buru Mencari Seorang Pengganti yang Baru

Tidak Perlu Terburu-buru Mencari Seorang Pengganti yang Baru

Satu hal yang perlu kamu ingat adalah banyak orang yang menginginkan cara melupakan mantan dengan melakukan mencari pengganti mantan mereka secepat kilat.

Tanpa disadari oleh mereka, orang baru yang menjadi pengganti hanya akan dijadikan sebagai pelampiasan hatinya yang hancur dan pelarian saja. Mereka tidak benar-benar mencintai orang tersebut karena hatinya belum pulih.

Redakanlah semua emosi dan perasaan mengganjal yang ada pada dirimu terlebih dahulu. Buang semua alasan yang dapat membuatmu merasa marah atau sesuatu yang masih menahan perasaanmu.

Tuntaskanlah semua perasaan yang ada sebelumnya sebelum mencari pengganti yang baru. Jangan sampai juga membuat perasaan orang lain sedih dan kecewa karena kamu.

Selesaikanlah semuanya, jika belum merasa 100% melupakan mantan jangan sampai kamu memanfaatkan perasaan sayang dari orang lain.

Apalagi jika orang yang menjadi pengganti itu adalah orang yang tulus menyayangi kamu, tetapi kamu hanya membalasnya dengan sebagian saja perasaan.

Kasihan orang itu, karena dia tidak berhak merasakan sakit karena niatnya baik ke kamu.

Kamu akan menjadi orang jahat jika melakukan hal itu. Orang yang mempunyai niat baik untuk membahagiakanmu, jangan menyalahgunakan kebaikannya itu.

Jika kamu memang belum bisa melupakan, sebaiknya berkata jujur ketika hendak memulai hubungan baru. Jangan sampai kamu menggunakan topeng di dalam hubunganmu yang baru yang ada yang masih ada yang belum tuntas.

10. Berhentilah Untuk Berharap

Berhentilah Untuk Berharap

Kamu boleh untuk mengharapkan sesuatu hal yang baik seperti masuk perguruan tinggi negeri yang menjadi favorit atau harapan diterima di perguruan tinggi luar negeri negeri yang bergengsi.

Sangat wajar memang jika kamu mempunyai harapan untuk kembali ke hubungan yang awal dahulu setelah kamu putus. Namun kamu perlu berhenti untuk mempunyai harapan untuk balikan dengan mantan.

Kamu bisa berhenti berharap akan hal itu karena tidak ada manfaatnya. Itu hanyalah hal yang sia-sia untuk dilakukan.

Seperti melukis di atas air, tidak akan ada gambar yang pernah dihasilkan di atasnya. Kamu dapat memulai sebuah lembaran yang baru dengan menutup semua kenangan yang ada di masa lalumu. Terkadang, kamu memang perlu untuk berhenti berharap.

Perasaan kembali ke mantan sebaiknya dihilangkan supaya membekasnya perasaan yang sakit di dalam hatimu pun bisa hilang. Kalau memang mantan kembali untuk mengajak balikan nantinya bukan menjadi masalah.

Namun jika dia tidak mempunyai perasaan cinta yang sama seperti dahulu terhadap kamu, tentunya harapan kamu akan menjadi sia-sia saja. Malahan bisa membuatmu sakit.

Hatimu kembali merasakan sakit yang kedua kalinya dan itu akan menjadi sia-sia saja segala cara melupakan mantan yang sudah kamu lakukan.

Hilangkanlah semua harapan apapun itu untuk mantanmu. Entah itu harapan untuk menghubungimu atau kembali lagi.

Kamu perlu mengingat bahwa dunia ini sangatlah luas. Tidak perlu berlarut dalam kesedihan hanya karena satu orang.

Percayalah bahwa suatu hari nanti akan ada orang yang menjadi alasanmu untuk tersenyum. Kamu akan menemukan orang yang seperti itu suatu hari nanti.

Kebahagianmu dapat ditemukan di mana saja, walaupun di bukanlah yang menjadi jawaban tersebut. Oleh karena itu, jangan stop di satu tempat saja. Nikmatilah masa sekarang dengan melakukan banyak hal yang belum kamu lakukan.

11. Sadarlah Bahwa Hidup Tanpanya Membuatmu Bahagia

Sadarlah Bahwa Hidup Tanpanya Membuatmu Bahagia

Kamu perlu menyadari bahwa dirimu sendiri bisa jauh lebih merasa bahagia. Hal itu sepertinya terdengar menjadi sebuah hal yang klise kalau lebih bahagia ketika kamu sedang sendiri, tetapi sebenarnya hal itu memang ada benarnya juga.

Jika memang yang terbaik ternyata memang bukanlah mantanmu, seharusnya kamu bersyukur karena hubungan di antara kalian sudah berakhir.

Jika tidak putus, kamu tentunya tidak menginginkan ketika menikah kelak tidak dengan orang yang setelah dan kemudian berakhir dengan sebuah perceraian.

Maka dari itu, kamu seharusnya merasa bahagia karena sudah tidak berhubungan dengan orang yang salah untuk hidupmu. Sekalipun mantan kamu adalah orang yang sangat baik, bukan berarti bahwa kamu seharusnya menyesalinya.

Sadarlah bahwa mungkin saja Tuhan hanya mempertemukan kamu dan mantanmu hanya sebatas mengenal saja, bukan untuk saling hidup bersama hingga di surga-Nya kelak.

Untuk dapat mengalihkan semua pikiran yang masih mengingat apapun tentangnya, kamu bisa melakukan cara melupakan mantan dengan cara dengan memelihara hewan yang kamu sukai.

Seperti kelinci, marmut, atau kucing yang sangat menggemaskan. Hewan-hewan tersebut bukan hanyalah peliharaan yang biasa menjadi teman di setiap hari.

Menurut sebuah penelitian bahwa hewan bisa memberi manfaat fisiologis dan psikologis. Kamu akan merasakan dampak tersebut seperti menghindari stres, mengurangi kecemasan, tidur lebih nyenyak, dan menstabilkan jantung.

Selain semua hal di atas, kamu pun perlu memiliki pikiran bahwa yang akan rugi adalah mantanmu. Saat seperti inilah bisa menjadi timing yang tepat untuk mengingat kembali semua kesalah mantan yang pernah diperbuatnya.

Kamu juga perlu mencoba mengingat kekurangannya selama kamu menjalin hubungan dengannya. Seperti contohnya dia merupakan tipe orang yang sangat posesif.

Ketika kamu melakukan cara itu, kamu menjadi berpikir bahwa hubungan di antara kalian bukanlah hubungan yang sehat.

Salah satu yang ingin memegang kendali dan ingin menjadi prioritas adalah hal yang tidak baik di dalam hubungan. Kamu pun akan sadar sebenarnya hubungan yang dimiliki tidak sedang baik. Hubungan tersebut termasuk ke dalam toxic relationship harus segera diakhiri.

12. Melupakan Semua Kenangan Indah Bersama Mantan

Melupakan Semua Kenangan Indah Bersama Mantan

Kamu tidak perlu mengingat kembali semua kenangan yang indah saat bersama dengan mantanmu. Mengingat semua memori indah hanya akan melukai hatimu.

Hal seperti ini dapat membuatmu kesulitan untuk melupakannya dan membuat peluang untuk kembali bersama menjadi semakin tinggi. Oleh karena hal tersebut, kamu bisa mencoba menyingkirkan berbagai kenangan indah bersama.

Setidaknya, ketika di awal masa-masa hubunganmu dengannya berakhir kamu akan merasa sangat sedih dan galau. Kamu dapat melakukan cara melupakan mantan dengan menghindar untuk berkunjung ke tempat-tempat menghabiskan waktu bersama ketika masih berpacaran.

Mungkin kamu akan merasakan rindu kepadanya suatu hari, namun jangan memutuskan ke tempat favorit kalian.

Hal tersebut dapat menjadi kesalahan terbesar jika kamu lakukan. Memori yang ada di dalam kepalamu akan secara otomatis berputar saat kamu memilih ke tempat-tempat itu.

Semua kenangan indah pun dapat kembali ke dalam ingatan yang seharusnya kamu lupakan. Jangan membuat dirimu bingung dengan keputusan melupakannya, namun masih saja pergi ke tempar yang ada kenangan.

Sekali lagi ingatlah selalu bahwa kamu harus menghindar semua tempat yang mempunyai kenangan indah kalian atau tempat yang pernah dikunjungi bersama walau hanya dalam waktu yang sebentar. Mungkin saja seperti tempat berteduh ketika hujan.

Hal tersebut dilakukan agar kamu tidak mengingat kembali kenangan bersama di antara kalian dan lambat laun kamu akan merasa terbiasa.

13. Mencari Dukungan Dari Keluargamu

Mencari Dukungan Dari Keluargamu

Keluarga akan menjadi tempat yang mempunyai peran sangat penting ketika kamu ingin melalui semua masalah dengan pacarmu.

Support yang berasal dari dalam keluarga juga penting untuk kamu dapatkan. Carilah dukungan dari keluargamu dan memulai untuk bercerita apa yang terjadi. Jangan pernah kamu merasa segan untuk menceritakan hal semacam ini kepada saudaramu.

Kamu bisa mencoba menceritakan ke adik atau kakakmu terlebih dahulu jika masih merasa malu apabila bercerita kepada orang tuamu.

Kamu pun dapat langsung menceritakannya ke ayah atau ibu. Orang tuamu pasti dalam hal seperti ini jauh lebih hebat karena mereka sudah banyak makan asam garam kehidupan. Pernah yang pernah merasakan muda pasti paham dan tahu yang terjadi.

Mereka juga pasti mengetahui cara mengobati sakit hati yang kamu rasakan karena mantanmu. Mereka akan memberikanmu nasehat-nasehat terbaik dari pengalaman dan pandangan mereka untuk mengatasi semua yang sedang kamu rasakan saat ini.

Orang tuamu pun pastinya pernah mengalami seperti apa rasanya patah hati karena mantan dan juga merasakan patah hati.

Buktinya ayah dan ibumu bisa sampai seperti sekarang dan menikah. Maka mendengarkan nasehat dari orang tuamu yang akan menjadi solusi terbaik untuk hidupmu ke depannya.

Nasehat dari mereka akan membuatmu terhibur dan menentramkan hati. Kamu juga da[at mulai menyadari bahwa orang yang pernah patah hati saat ini menjadi bahagia dan tidak terpuruk, contoh nyatanya ayah ibumu.

14. Menghindari Melakukan Kontak dengan Mantanmu

Menghindari Melakukan Kontak dengan Mantanmu

Hindarilah kontak dengannya baik secara langsung atau tidak langsung. Jika kamu dan mantan baru saja putus dari hubungan, sepertinya tidak akan mungkin mudah untuk berhenti mengontak atau berhubungan dengan mantanmu.

Apabila bukan kamu orang yang menghubunginya, pastinya yang akan menghubungimu terlebih dahulu adalah mantanmu.

Bukan menjadi tidak mungkin jika mantan dan kamu masih memiliki sebuah harapan yang sama, yaitu kembali bersama lagi.

Tetapi bukan berarti bahwa kamu tidak dapat menghindari atau membatasi kontak terhadap mantanmu.

Jadi, apabila bukan sesuatu yang mendesak dan tidak dalam keadaan yang penting sebaiknya kamu membatasi diri untuk tidak keterusan tergantung dengannya.

Hal tersebut dapat dilakukan dengan cara memblokir kontak mantan dan seluruh media sosialnya. Tips tersebut juga cukup ampuh untuk dilakukan ketika kamu ingin melakukan cara melupakan mantan yang tepat.

Jangan sampai kamu menyisakan nomer handphonenya di kontak agar keinginan untuk menghubunginya kembali tidak akan terjadi.

Banyak orang yang mempunyai anggapan bahwa cara tersebut sangat childish. Tetapi jika kamu benar-benar menginginkan dan mempunyai niat untuk lepas dari bayang-banyang mantan, cara ini sangat ampuh untuk dilakukan.

Dengan menghapus semua yang berhubungan dengan mantan, kamu dapat terhindar dari rasa sakit yang terlalu dalam. Bukan keharusan karena cara ini opsional.

15. Mempercayai Diri Sendiri

Mempercayai Diri Sendiri

Kamu harus mempunyai keyakinan, walaupun hari-harimu tidak dihabiskan lagi dengan mantan, pastinya kamu dapat menjalani hari-harimu selanjutnya seperti biasanya.

Melalui hari sama seperti sebelumnya ketika kamu juga masih belum menjadi kekasihnya. Apabila sebelum bertemu dengan mantan saja hari-harimu menjadi cerah, kini pun saat sudah putus seharusnya juga bisa seperti dulu.

Seharusnya harimu juga dapat berjalan lancar sama seperti sedia kala. Menjadi hal yang tidak mudah dilalui ketika seorang kekasih pergi, orang yang pernah menghiasi hari-harimu atau bahkan kamu masih mempunyai perasaan sayang kepada orang itu.

Saat sedih begini, bukan berarti kamu diperbolehkan untuk galau terus yang dapat menyebabkan menyiksa dirimu sendiri.

Kamu bisa memulai untuk memberikan sebuah kepercayaan yang penuh terhadap dirimu sendiri, bahwa kamu adalah pribadi yang mampu dan kuat bahkan untuk melanjutkan hidup tanpa ada mantanmu lagi di dalam hidupmu.

Langkah yang bisa kamu lakukan untuk melupakan mantan yaitu menghindar dari kesendirian yang terus menerus. Tidak perlu mengurung dirimu di dalam kamar.

Kamu melakukan meratapi nasib di dalam kamar, hal itu boleh saja dilakukan untuk membuat dirimu tenang. Maksimal kamu dapat melakukan hal itu selama tiga hari saja.

Hari-hari selanjutnya kamu harus melakukan interaksi dengan orang lain yang ada di dalam rumah. Interaksi harus dilakukan karena untuk melupakan rasa sakit yang berada di pikiran dan hatimu.

Kamu dapat melakukan sesuatu dengan saudaramu, atau memasak masakan yang kamu sukai dengan ibumu. Main catur dengan ayah sepertinya adalah hal yang mengasyikkan untuk dilakukan.

Selain itu kamu juga dapat berinteraksi atau hanya sekedar menyapa para tetangga, dan sebagainya. Dengan melakukan berbagai hal itu, perasaan sedihmu bisa hilang dengan sendiri.

16. Melakukan Traveling

Melakukan Traveling

Di dunia ini tidak ada yang tidak menyukai jalan-jalan. Semua orang pasti akan merasakan bahagia ketika sudah tiba waktu untuk liburan seperti yang sudah diplanning sebelumnya.

Perasaan capek dengan semua aktivitas sehari-hari dapat berkurang ketika kamu melakukan traveling. Kegiatan ini sangat baik untuk dilakukan terlebih jika kamu baru saja mengalami patah hati.

Jalan-jalan atau traveling dapat menjadi cara yang sangat ampuh untuk mengatasi permasalahanmu. Namun ingatlah, jangan sampai kamu berkunjung ke tempat wisata yang pernah atau sering dikunjungi bersama dengan mantanmu.

Hal itu karena bukannya nanti kamu melupakan mantan tetapi malah bisa membuatmu nostalgia sehingga membuatmu kepikiran mantan terus.

Kamu haru memilih tempat yang baru, apalagi jika tempat tersebut merupakan tempat yang kamu belum pernah datang ke sana.

Bahkan mungkin terdapat tempat yang menjadi impianmu untuk datang ke sana namun kamu belum sempat membuatnya menjadi kenyataan.

Maka travelinglah ke sama, kamu pun akan dapat berjumpa dengan banyak orang yang baru di hidupmu.

Orang-orang baru tersebut tentunya mempunyai beragam sifat dan budaya yang belum pernah kamu jumpai sebelumnya.

Melalui traveling kamu pun bisa mendapat ilmu baru dan bisa belajar banyak tentang sebuah kehidupan ini.

setelah pulang dari perjalanan traveling yang singkat setelah patah hati, kamu dijamin akan lebih bersyukur lagi atas semua nikmat yang diberikan oleh-Nya.

17. Berhentilah Menjadi Seorang Penguntit

Berhentilah Menjadi Seorang Penguntit

Pasca putus dari mantan, kamu masih seringkali penasaran dengan kehidupannya setelah sudah tidak bersama lagi dengan kamu.

Mungkin kamu hendak melakukannya hari ini. cobalah mulai sekarang untuk mengontrol pikiranmu agar tidak stalking atau melihat sosial medianya terus menerus. Berhentilah untuk penasaran dan mengurusi tentang hidupnya sekarang ini.

Menjadi stalker tidak baik dilakukan untuk dirimu. Kamu yang masih saja ingin tahu keadaanya seperti sekarang, itu menjadi pertanda bahwa kamu masih punya perasaan terhadap mantanmu dan masih belum bisa melupakannya secara tidak tidak langsung.

Tidak perlu mengelak dan menyalahkan pernyataan tersebut, karena itu mencerminkan keadaanmu yang sekarang.

Daripada terus menjadi penguntit kehidupan mantanmu yang sekarang, lebih baik kamu melakukan hal lainnya. Kamu pun juga bisa melakukan curhat kepada Tuhan.

Kamu akan menjadi lebih tenang lagi ketika kamu mempunyai kedekatan dengan-Nya. Jika kamu menginginkan untuk melupakan mantanmu, kamu harus mempunyai kesungguhan di dalam dirimu.

Kamu juga perlu mempunyai niat yang kuat di dalam diri. Buatlah prinsip bahwa kamu tidak akan menjadi stalkernya mulai hari ini juga.

Terlebih jika kamu sampai salah memencet dan memberikan like ke foto yang baru saja diupload olehnya. Maka mantanmu akan mendapatkan pemberitahuan akan hal itu.

Tentunya kamu tidak menginginkan hal itu terjadi, maka stop menjadi penguntit!

18. Hindarilah Terlalu Sering Menyendiri

Hindarilah Terlalu Sering Menyendiri

Cara lain yang bisa kamu lupakan untuk melupakan mantan adalah tidak sering untuk menyendiri. Hidupmu terlalu berharga untuk sekedar meratapi mantanmu yang sudah pergi meninggalkan kamu.

Agar tidak sering menyendiri, kamu pun bisa melampiaskan semua yang kamu rasakan dengan menggunakan caramu sendiri. Keluarkan semua rasa sakit yang kamu rasakan dengan sesuatu hal.

Kamu dapat membuat tulisan tentang kesalahan-kesalahanmu di atas kertas, menyanyi atau karaoke lagu yang menjadi kesukaanmu, berteriak dengan sekencang-kencangnya yang kamu bisa lakukan untuk meluapkan perasaanmu, dan cara yang lainnya.

Kamu akan mempunyai perasaan yang lebih lega lagi jika kamu menggunakan cara-cara untuk mengalihkan rasa sakit dengan cara yang disuka.

Menghindar agar tidak menyendiri juga dapat dilakukan dengan cara menghindar dari teman atau circle mantan hanya sementara waktu saja.

Semua itu dilakukan hanya demi kebaikan pada dirimu sendiri, bukan orang lain. Lambat laun, kamu akan merasa lebih lega dari sebelumnya karena kamu sudah melakukan hal-hal yang bisa membuat kamu tidak selalu kepikiran mantan.

Selalu kepikiran mantan dapat membuat dirimu kembali menyendiri dan merenungi nasib ditinggalkannya. Maka dari itu, kamu harus bisa menemukan cara ampuh agar tidak kembali mengingat dan berurusan dengan mantan lagi.

Semua hal perlu kamu coba untuk lakukan agar bisa benar-benar membuat kamu lupa. Akhirnya kamu pun bisa memilih cara yang tetap untuk diri sendiri.

19. Membuka Hati dan Lembaran Baru

Membuka Hati dan Lembaran Baru

Apabila ke-1 cara di atas sudah dapat kamu selesaikan secara utuh dan penuh semuanya, itu artinya kamu sudah menuju waktu yang tepat.

Waktu yang tepat tersebut adalah membuka sebuah lembaran baru untuk hatimu.

Hal itu sama seperti persamaan orang menyukai membaca buku tidak akan pernah sampai hingga ke halaman terakhir buku tersebut, apabila dia tidak pernah membuka halaman pada lembar yang baru pada buku itu.

Sama seperti kamu yang tidak akan pernah ke hari yang bisa membuatmu bahagia, jika kamu masih berada di sana terus.

Tidak ada peningkatan di dalam hidupmu, akan membuat sama saja seperti sebelumnya. Apabila kamu juga masih bisa menikmati masa lalumu, kamu tidak akan bisa lepas dari kenangan masa lalu.

Mari membuka lembaran baru untuk hatimu. Kamu tidak perlu tergesa, pelan-pelan saja akan lebih baik.

Kamu tidak perlu untuk merasa takut untuk bertemu orang yang baru dan berbeda daripada sebelumnya. Selama kamu bisa memperbaiki diri sendiri, kamu akan mendapatkan sebuah kepastian dari Tuhan yaitu jodoh terbaik yang diberikan oleh-Nya.

Jangan lupa untuk tersenyum, tunjukkan bahwa kamu tidak muram lagi. Hal itu bisa menjadi awal dan semangat baru untuk hidupmu.

Bagi kamu sekarang, yang menjadi hal terpenting adalah dengan mencari berbagai cara yang dapat membuat kamu benar-benar bisa melupakan mantan pacar.

Kamu bisa membuka lembaran-lembaran baru di dalam hidup dan terus untuk melanjutkan hidup dengan menemukan orang tepat untuk dirimu. Hal itu dilakukan supaya kamu tidak merasakan patah hati lagi di kemudian hari.

Sayangilah dirimu sendiri sebelum menyukai orang lain. Dirimu berhak untuk merasakan kebahagian. Jangan sampai kebahagiaanmu itu teralihkan karena perasaan hatimu yang sakit karena permasalahanmu putus dengan pacar.

Kini saatnya kamu menatap masa depanmu. Terlalu tenggelam dalam kesedihan yang kamu rasakan bisa menghambat dirimu sendiri dengan banyak hal.

Setelah membaca berbagai cara melupakan mantan, kini kamu bisa perlahan-perlahan memilih lembaran baru dan memulai move on.

Hal-hal di atas bukan menjadi hal yang penting untuk dilakukan, karena kunci dari semua itu adalah terletak pada dirimu sendiri.

Kamu yang sudah benar-benar bisa untuk membuka lembaran baru artinya kamu sudah 100% melupakan mantanmu dahulu.

Kesimpulan

Jadi itu tadi 19 cara melupakan mantan ( seseorang yang kamu cintai ) biar kamu bisa move on dan menjalani kehidupan seperti biasa.

Jangan terus larut dalam keadaan dan kesedihan, ingat kamu punya goals dan tujuan hidup untuk selalu bahagia. Biar bisa sukses move on kamu bisa menggapai cita-cita atau keinginan yang belum tercapai.

Membuat karya dan menggapai prestasi bisa juga jadi solusi buat kamu yang ingin membuktikan pada dia bahwa kamu bisa bahagia tanpa dia. Nah, kesulitan apa aja sih yang kamu rasakan saat mencoba melupakan mantan ? Diskusi di komen yuk!

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Kata Kata Putus Cinta

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *