Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Memanjakan Mata! 10 Jenis Batu Aquascape yang Cantik & Natural

3 min read

Batu Aquascape

Mau membuat aquascape? Salah satu bahan yang tak boleh ketinggalan adalah batu aquascape, yang akan memberikan kesan mendalam dari sebuah seni menata akuarium.

Terutama untuk mengadopsi style aquascape dengan tema tertentu. Tapi jangan asal memilih batu ya! Hanya batu jenis tertentu dengan karakter yang kuat dan ketahanan terhadap air maksimal. Mau tahu apa saja jenis batunya?

Menambahkan batu pada aquascape, bisa memberikan banyak manfaat. Selain menjadi filter air yang alami, juga sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya tanaman hias yang juga ada di dalam akuarium tersebut. Beberapa jenis ikan juga senang bermain di antara celah batu.

10 Rekomendasi Batu Aquascape yang Cantik

Sepuluh batu berikut ini adalah yang terbaik dan paling cantik, untuk memberikan nilai estetika lebih pada aquascape.

Kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan style penataan, letakkan dengan tepat dan lihatlah hasilnya.

1. Lava Rock

Lava Rock
pinterest.com

Batu ini memang terbuat dari lava gunung berapi, untuk mendapatkan yang asli butuh perjuangan ke berbagai lereng gunung merapi di daerahmu.

Tapi untungnya sekarang sudah bisa didapat dengan mudah, cukup beli secara online atau langsung ke toko perlengkapan akuarium.

Batu ini punya tekstur pori-pori yang terlihat jelas dan warnanya hitam legam atau sedikit kemerahan, itu merupakan efek pendinginan usai disemburkan dari kawah gunung merapi.

Ketahanan batu ini di dalam air juga tak diragukan, sebab kemampuannya menyerap air. Juga bisa dijadikan batu untuk aliran air terjun buatan, atau batu di sekitar miniatur pohon aquascape.

2. Garang Stone (Eragon)

Garang Stone (Eragon)
pinterest.com

Kalau kamu mau membuat style tebing di perbukitan, batu ini sangat cocok menjadi bagian pentingnya.

Sebab karakter meruncing ke atas dan rongga besarnya bisa dimanfaatkan, sebagai tempat hidup beberapa tanaman hias aquascape.

Warnanya yang kecoklatan atau abu-abu juga mampu memberikan kesan tebing asli lho.

Batu ini juga asalnya dari pegunungan, terutama pada kedalaman sekitar 20 meter.

Untuk mendapatkannya kamu bisa beli dengan harga cukup murah, yaitu berkisar Rp20 ribuan/kg. Tinggal kalkulasikan berapa kebutuhan, dan tatalah batu sesuai konsep yang kamu inginkan.

3. Batu Fosil

Batu Fosil
amazon.com

Terbuat dari fosil kayu yang sudah menjadi batu, jenis batu aquascape ini sangat cocok untuk tema tebing dan jurang yang terjal.

Karena bobotnya yang ringan, kamu bisa mendapatkan banyak batu dengan harga murah sekitar Rp10 ribuan/kg. Usahakan menempatkannya secara vertikal, untuk ketahanan yang lebih maksimal dan penampilan yang lebih berkarakter.

Baca Juga :

10 Cara Membuat Aquascape untuk Pemula, Mudah Dibuat Sendiri Dirumah

4. Seiryu Stone

Seiryu Stone
pinimg.com

Batu ini merupakan batu impor yang didatangkan langsung dari Jepang.

Teksturnya yang berupa susunan batu pipih dengan warna gradasi abu-abu, membuatnya sangat banyak dipakai bagi aquascaper yang ingin mengusung tema Iwagumi ala Jepang.

Di mana style ini menitikberatkan pada bongkahan batu, yang diselimuti tanaman berukuran mini seperti rumput.

Untungnya kecanggihan teknologi mempermudahmu untuk mendapatkannya, sebab sudah banyak dijual di berbagai toko online dengan harga kisaran Rp50.000/kg.

Tergantung pada corak batu dan tekstur yang kamu pilih, mau yang vertikal runcing, atau horizontal menumpuk.

5. Batu Besi

Batu Besi
pinimg.com

Mau membuat gunung pada aquascape kamu? Batu dengan motif tak beraturan dan mengkilap ini bisa jadi pilihan, ada yang warnanya hitam legam tapi ada juga yang berwarna coklat tua berpadu coklat muda yang sangat artistik.

Batu ini juga sangat cocok dipakai untuk tema Jepang, yang dipadukan dengan jenis bonsai khusus yang hidup di dalam air.

6. Batu Serpentine

Batu Serpentine
pinterest.com

Batu alam yang satu ini punya keunikan tersendiri, yaitu warnanya yang akan menjadi gelap ketika berada di dalam air.

Kalau kamu mau pakai tema natural, batu ini jangan lupa untuk dijadikan bagian aquascape.

Keberadaannya akan memberi nilai lebih dari nuansa alami, yang ditampilkan.

Kamu bisa memilih warna abu-abu dengan guratan putih, hasilnya di dalam air warna abu-abu akan menjadi kehitaman dengan kemilau putihnya yang indah.

Beberapa tanaman juga cocok tumbuh di atas batu aquascape ini, terutama untuk jenis tanaman aquascape front yard. Dari kejauhan akan terlihat seperti perbukitan subur, yang banyak terdapat di Indonesia.

7. Batu Kali

Batu Kali
duniaaquascape.com

Jika ingin mendapatkan batu tanpa keluar biaya, kamu tinggal mencari batu kali yang bisa didapat di sungai-sungai dekat tempat tinggalmu.

Dengan permukaan licin dan mengkilap dan berbagai ukuran dan warna, kamu jadi lebih bisa mendekorasinya dengan bebas.

Mau memanfaatkannya untuk tema natural, hingga hardscape sangat sempurna.

Batu ini sering dijadikan media tumbuh, bagi tanaman moss yang menjadi bagian berbagai jenis tema aquascape. Sebab batu ini punya karakter yang disukai oleh tanaman tersebut, untuk tumbuh cepat.

Kamu tinggal susun batu berbentuk unik, lalu letakkan bibit moss di atasnya maka dalam beberapa minggu akan terlihat bentuk indah dari perpaduan kedua elemen tersebut.

Baca Juga :

7 Gaya Aquascape dari Berbagai Negara. Kamu Suka yang Mana ?

8. Batu Ryuoh

Batu Ryuoh
pinterest.com

Mirip dengan batu Seiryu, batu ini juga berasal dari Jepang. Tapi saat ini sudah sangat sulit ditemukan, karena semakin langka di tempat asalnya.

Padahal jika dijadikan bebatuan aquascape, warna biru tua yang dimilikinya dapat memberikan kesan berbeda dari tema natural atau Taiwan yang kamu tampilkan.

9. Batu Ohko

Batu Ohko
pinterest.com

Batu ini juga dikenal dengan nama batu naga, karena teksturnya mirip dengan kulit naga yang bersisik.

Kamu bisa mendapatkannya di pesisir pantai, jadi tak perlu susah membeli secara online atau datang ke toko perlengkapan akuarium.

Keunikan lain dari batu aquascape ini adalah kandungan tanah liat yang dimilikinya. Sehingga saat diletakkan di dalam aquascapemu, bagian tanah liat akan menjadi komponen alami yang tampil sebagai bagian dari dasar akuarium.

Kamu bisa menjadikannya bebatuan penyangga air terjun buatan, atau dibentuk menjadi miniatur bangunan zaman dulu pada tema ala Taiwan.

10. Batu Manten

Batu Manten
pinterest.com

Keunikannya terletak pada retakan batu yang terjadi secara alami, seperti sebuah batu yang diikat dengan tapi dengan bentuk abstrak.

Kamu bisa memanfaatkannya sebagai tempat hidup beberapa tanaman aquascape, atau tata menjadi jalanan di pinggir jurang yang indahnya luar biasa.

Dari 10 batu di atas, batu aquascape mana yang akan kamu pakai? Coba tentukan dulu tema aquascape yang mau kamu pakai, baru sesuaikan dengan jenis batu yang cocok menunjang tema tersebut.

Triknya adalah carilah batu yang mudah kamu jumpai, tapi punya manfaat segudang untuk mewujudkan aquascape impianmu!

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *