Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Trusmi

9 min read

Sekilas Info

Batik Trusmi – Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang hingga kini masih banyak peminatnya. Apalagi saat ini banyak perusahaan serta instansi pemerintah yang gencar melaksanakan penggunaan pakaian batik di setiap hari Jumat.

Para pekerja berlomba-lomba menggunakan batik yang sesuai dengan kepribadian mereka. Kini mencari batik juga tidak susah karena tersedia di berbagai online shop.

Kamu yang seringkali menggunakan batik di setiap hari Jumat pada umumnya pasti mengetahui jika batik berasal dari Solo, Jawa Tengah.

Namun tak hanya dari Solo, Cirebon juga merupakan salah satu daerah di Indonesia dengan sentra batik terbesar. Salah satu batik asal daerah ini yang mendunia adalah corak mega mendung yang diproduksi oleh salah satu pengrajin batik yakni Batik Trusmi.

Sekilas Info

Sekilas Info
btbatiktrusmi.com

PT. Batik Trusmi adalah salah satu sentra batik terbesar yang ada di Indonesia. Showroom Trusmi memiliki ragam jenis batik yang sesuai dengan selera pasar saat ini, bukan hanya dari warna batik maupun warna dasar kain, namun siluet baju yang ditawarkan pada showroom batik ini juga mengikuti trend yang sedang berkembang sehingga dapat menyesuaikan kebutuhanmu.

Kualitas Trusmi sudah tidak perlu diragukan lagi. Dengan perusahaan yang telah berdiri semenjak puluhan tahun ini, kualitas dari setiap kain batik dan pakaian yang diproduksi memiliki kualitas yang terjamin.

Baju yang dijual pada tempat ini sudah melalui 5 tahapan quality control sehingga keawetan dari batik yang telah melegenda ini terjamin bila dilakukan perawatan dengan tepat.

Sejarah Singkat

Bila berbicara tentang nama trusmi sendiri awalnya berasal dari sebuah padukuhan yang dibuat di dekat sebuah kolam keramat atau masyarakat sekitar sering menyebutnya sebagai balong.

Di dalam kolam ini terdapat sebuah mata air yang keluar dan tidak pernah berhenti meskipun di musim kemarau. Oleh karena itu disebut kolam terus bersemi dan disingkat menjadi Trusmi.

Masyarakat sekitar diajarkan bercocok tanam dan juga membatik oleh Ki Gede Trusmi yang pada saat itu berperan penting dalam berkembangnya desa Trusmi.

Hingga kini, masyarakat sekitar masih sangat menghormati makam dari Ki Gede Trusmi. Setiap satu tahun sekali mereka melakukan penggantian atap dari makam dan penggantian dinding dilakukan setiap empat tahun sekali.

Hingga kini semakin banyak muncul jenis atau corak batik yang merupakan corak asli daerah setempat salah satunya corak mega mendung yang sangat fenomenal.

Banyaknya toko batik pada kawasan Trusmi juga merupakan salah satu pembuktian bahwa batik masih memiliki tempat tersendiri di hati orang Indonesia dan bisa tetap terus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Rute Menuju ke Lokasi

Rute Menuju ke Lokasi
btbatiktrusmi.com

Showroom terbesar Trusmi terletak di Jalan Syekh Datul Kahfi No. 148 Plered, Cirebon. Jika Kamu berkunjung dari Kota Jakarta, membutuhkan waktu kurang lebih 3,5 jam untuk sampai disini.

Tetapi Kamu bisa menghemat waktu hingga 30 menit jika berangkat dari daerah Cawang dan juga daerah Taman Mini. Perjalanan 3 tidak terasa karena pemandangan yang disuguhkan sepanjang perjalanan.

Saat sudah sampai di kawasan Trusmi, Kamu akan disambut dengan gapura besar yang bertuliskan kawasan Trusmi.

Saat memasuki kawasan ini, sepanjang jalan baik di sebelah kiri maupun kanan terdapat toko-toko yang menjual kain batik. Batik tulis yang berada di kawasan ini sebagian besar didominasi oleh produsen Trusmi salah satunya corak mega mendung.

Meskipun kawasan ini merupakan salah satu sentra batik terbesar yang berada di Indonesia, namun ada beberapa batik juga yang didatangkan dari Solo maupun Purwekerto, salah satunya motif batik cap atau printing.

Tidak perlu khawatir bila menginginkan batik asli dari daerah ini karena mayoritas batik tulis memang diproduksi oleh pengrajin batik disekitar kawasan ini.

Jam Buka

Jam Buka
btbatiktrusmi.com

Kamu yang sedang berkunjung ke daerah ini, selain berwisata kuliner Kamu juga bisa wisata batik di dalam kawasan Trusmi. Untuk showroom Trusmi sendiri biasanya buka dari pukul 08.00 pagi hingga pukul 21.00 malam.

Sebuah jarak waktu yang sangat panjang untuk Kamu yang ingin membeli batik untuk digunakan diri sendiri atau dibawa sebagai oleh-oleh.

Ada beragam model, corak serta bentuk dari batik yang dapat Kamu beli disini. Meskipun pada umumnya orang akan membeli batik berupa pakaian jadi ataupun kain, disini juga dijual berbagai bentuk produksi batik seperti tas hingga gantungan kunci lucu yang dapat kamu jadikan oleh-oleh.

Sedangkan untuk toko tekstil di kawasan ini juga biasanya mulai buka sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00. Jadi, untuk Kamu yang memang membutuhkan waktu lebih untuk berbelanja sebaiknya memang mengunjungi showroom resmi dari Trusmi.

Kamu bukan hanya dapat berbelanja, disini Kamu bahkan dapat melihat rumah tradisional serta mempelajari cara untuk membatik, loh!

Model Batik Trusmi

Banyak yang mungkin berpikir saat menggunakan batik dalam acara lain selain kegiatan kantor, Kamu bisa melihat referensi dari model batik yang diproduksi oleh perusahaan ini.

Selain mengikuti trend fashion yang sedang berlaku saat ini, model Trusmi juga memiliki banyak varian untuk berbagai kalangan mulai dari pria, wanita hingga baju batik anak-anak yang sangat lucu dan menarik.

1. Kemeja Pria Mega Mendung

Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Bila biasanya batik memiliki kombinasi warna coklat ataupun warna netral laiinya, pada model kemeja yang satu ini warna dari batik tulis terlihat sangat eye-catchy.

Dengan warna dasar biru tua, warna hijau turkis pada batik jadi terkesan menyala namun tidak terlalu mencolok. Model kemeja dengan warna corak seperti ini sangat cocok digunakan pada acara-acara di malam hari.

Dengan lengan pendek, model batik ini terkesan sangat trendy. Beda dengan kesan batik yang biasanya sangat formal.

Kamu tidak hanya dapat menggunakan batik model ini sebagai pakaian dalam kesempatan formal, namun Kamu juga dapat menggunakan baju model ini dalam acara sehari-hari dengan menggunakan celana yang lebih santai berbahan jins ditambah dengan sepatu kets.

2. Kemeja Formal Lengan Panjang

Bt Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Bagi yang seringkali menghadiri undangan, wajib untuk memiliki kemeja batik lengan panjang berwarna cokelat karena jenis batik seperti ini bisa digunakan berkali-kali dalam setiap kesempatan.

Bukan hanya undangan tetapi Kamu juga bisa menggunakannya sebagai pakaian kerja saat memiliki agenda kerja yang lebih penting, seperti bertemu dengan klien penting atau acara peresmian tertentu di kantor.

Batik dengan lengan panjang memang memiliki kesan lebih formal dibandingkan dengan kemeja batik berlengan pendek.

Meskipun demikian, batik model ini tidak terkesan membosankan karena pilihan kombinasi warna yang membuatnya terlihat elegan. Dengan lis di bagian kancing, kerah dan juga lengan, kemeja ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu yang memiliki banyak acara penting.

3. Corak Banjar Balong Lengan Pendek

Model Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Salah satu corak Trusmi yang sangat laku di pasaran adalah corak Banjar Balong. corak ini memiliki filosofi mengenai Hinduisme di masa lampau.

Yang membuat batik ini menarik bukan hanya filosofinya, melinkan corak dan juga pilihan dari kombinasi warna yang digunakan. Corak Banjar Balong memiliki kesan yang sangat maskulin, jika dipadukan dengan warna gelap sangat sesuai untuk laki-laki.

Dengan pilihan lengan pendek, kemeja ini tidak hanya dapat digunakan di acara formal tetapi juga di acara yang lebih santai.

Dengan penambahan cardigan dengan warna yang netral, Kamu akan terlihat lebih smart. Bila Kamu merupakan penggemar batik maka harus memiliki salah satu corak yang paling laku di showroom Trusmi ini di lemarimu.

4. Dress Batik Kombinasi

Baju Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Kamu yang menganggap batik itu membosankan, coba deh gunakan batik dengan kombinasi 3 jenis corak dengan warna pastel ini.

Dengan kombinasi warna ungu dan pink serta corak batik warna-warni, penampilan Kamu akan menjadi semakin feminim. Di dalam dress batik ini, terdapat beberapa corak batik yang cukup terkenal yakni corak Kawung dan juga corak Parang.

Dress ini juga tidak terlihat monoton dengan penambahan turtle neck pada bagian kerah yang sedikit longgar karena menyesuaikan iklim tropis di Indonesia.

Selain itu ditambahkan juga obi atau sabuk pada bagian pinggang agar dress dapat membuat siluet badan terlihat menjadi lebih langsing. Penggunaan heels pada dress ini akan menambah cantik kesan dress yang akan Kamu gunakan.

5. Kemeja Netral Mega Mendung

Gambar Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Jika sebelumnya batik Mega Mendung menggunakan warna turkis dan juga biru tua sebagai warna dasarnya, Kamu yang lebih menyukai warna-warna netral wajib memiliki kemeja batik Mega Mendung lengan pendek dengan warna netral ini. Kemeja ini merupakan salah satu kemeja yang cocok bila digunakan sehari-hari seperti pada saat bertugas atau bekerja dan mengharuskanmu memakai batik.

Tidak hanya terkesan kalem, tetapi batik warna ini juga sangat mudah untuk di mix n match penggunaannya. Kamu bisa menggunakan celana berwarna hitam, cokelat atau bahkan putih saat memakai kemeja ini.

Celana jins berwarna hitam juga dapat mengubah batik yang biasanya terlihat formal ini menjadi lebih santai dan tidak terlalu mencolok saat digunakan di pusat keramaian seperti mall.

6. Kemeja Wanita Kerah Shanghai

Model Baju Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Bosan dengan kemeja yang memiliki kerah biasa? Kamu bisa merubah penampilanmu sekali-kali dengan menggunakan kemeja dengan kerah shanghai ini.

Memang kemeja ini lebih cocok digunakan untuk bekerja atau menghadiri pertemuan dengan klien penting, tetapi kemeja ini memungkinkan bila digunakan dalam acara penting seperti undangan pesta pernikahan atau ulang tahun kerabat.

Saat menggunakan kemeja dengan kerah shanghai ini, Kamu bisa menggunakan celana maupun rok karena keduanya akan terlihat sangat cantik bila digunakan dengat atasan batik ini.

Kombinasi tiga warna dari batik ini juga akan membuatmu lebih mudah dalam memilih warna bawahan yang sesuai. Tidak perlu khawatir untuk menambahkan aksesoris karena Kamu tetap terlihat kece tanpa perlu menggunakannya.

7. Kemeja Batik Pria Ungu

Trusmi Batik Cirebon
btbatiktrusmi.com

Tidak banyak pria yang berani menggunakan kemeja dengan warna-warna feminim salah satunya warna ungu. Namun kombinasi dari dua buah warna yang cantik yakni ungu dan merah marun ini bahkan terlihat sangat maskulin ketika digunakan.

Tidak ada kesan ‘girly’ yang terlihat, bahkan warna-warna seperti ini justru akan membuat kulit seseorang terlihat lebih terang dan juga segar loh!

corak Trusmi ini memiliki kualitas warna yang sangat baik sehingga jauh dari kesan norak. Padahal warna yang dipilih adalah warna yang mungkin cukup jarang dipilih oleh kaum pria.

Dengan penggunaan bawahan serta tidak terlalu banyak menambahkan aksesoris pada saat pengunaan batik ini, sudah tentu semua orang akan terlihat sangat menarik ketika dibalut oleh kemeja batik pria ungu ini.

8. Dress Cendrawasih Kombinasi

Model Baju Batik Trusmi Cirebon
btbatiktrusmi.com

Trusmi sebagai salah satu sentra batik terbesar yang ada di Indonesia tidak hanya menjual batik-batik yang motifnya berasal dari Jawa Barat.

Papua yang mungkin jarang orang yang mengetahui bahwa disana juga merupakan penghasil batik, juga menjadi sumber inspirasi dari desainer-desainer yang memproduksi baju dan juga pengrajin batik pada Trusmi.

Cendrawasih yang terdapat pada dress ini merupakan salah satu corak yang terinspirasi dari batik Papua. Dress diatas lutut ini bisa Kamu gunakan dalam berbagai kesempatan.

Bagi yang berhijab tidak perlu khawatir karena Kamu bisa menambahkan bawahan lagi pada dress ini dan gunakan hijab dengan warna yang sama pada salah satu corak dalam dress ini. Mudah bukan untuk Mix n Match?

9. Atasan Abaya Batik

Trusmi Batik
btbatiktrusmi.com

Merupakan sebuah perpaduan budaya yang sangat kental bila Kita bisa mengkombinasikan batik dengan kebaya.

Kebaya yang digunakan juga merupakan kebaya modern yang bukan hanya digunakan untuk upacara adat tetapi juga dalam kegiatan sehari-hari. Kamu yang menyukai unsur feminim dalam berpakaian direkomendasikan untuk memiliki satu atasan seperti ini di dalam lemarimu.

Tak hanya terlihat cantik namun untuk memadu padankan abaya ini juga sangat mudah. Kamu tidak harus menggunakan sarung atau kain tradisional pada bawahan, tetapi bisa juga menggunakan rok ataupun celana.

Abaya batik ini dapat membuat penampilan kamu menjadi sangat menarik tetapi tetap terlihat sederhana. Tatanan rambut yang pas juga akan membuatmu terlihat semakin anggun.

10. Kombinasi Batik 3 Warna

Motif Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Bila Kamu adalah seorang pria maskulin, tentu saja Kamu akan memilih warna-warna yang terlihat sangat pria. Salah satunya adalah kombinasi 3 warna dari batik mega mendung yang terdiri dari warna merah, hitam dan putih ini.

Corak batik ini bisa Kamu gunakan dalam kegiatan sehari-hari karena penataan corak batik yang membuat kemeja ini terlihat modern.

Kamu dapat menggunakan celana jeans sebagai bawahan bila ingin mengenakan kemeja batik ini sehari-hari. Tetapi, kemeja ini juga akan terlihat lebih formal bila Kamu menggunakan jenis celana seperti celana bahan.

Tentu tidak semua orang berani menggunakan batik dengan corak berani seperti ini, namun bila Kamu berani menggunakannya, Kamu akan terlihat unik dan lain daripada yang lain.

11. Kemeja Batik Bola

Harga Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Penggemar bola wajib memiliki koleksi batik yang satu ini. Jika pada umumnya penggemar bola harus memiliki jersey klub atau negara kesayangannya, kali ini hadir kemeja batik yang dihiasi dengan logo klub bola kesayanganmu.

Logo bola yang dihadirkan juga tidak terlalu besar sehingga terlihat menyatu dengan tulisan batik tanpa membuatnya terlihat terlalu mencolok dipandang mata.

Meskipun batik jenis ini tidak banyak diketahui orang banyak, tetapi ini akan menjadi salah satu hadiah atau oleh-oleh yang sangat menarik untuk orang terdekat.

Pilihan klub maupun negara yang ada didalam kemeja batik juga sangat banyak dan bervariasi. Kamu yang memiliki fans club bola bisa menjadikan kemeja batik ini sebagai pengganti jersey bola saat menonton klub bola kesayanganmu bertanding.

12. Dress H-Line Batik

Harga Kain Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Dress H-Line atau pola H merupakan salah satu dress yang sangat sesuai digunakan untuk berbagai jenis atau bentuk badan.

Ini karena dress H-line memiliki bentuk yang lurus sehingga mengikuti bentuk tubuh dari pemakainya. Jika Kamu tidak percaya diri menggunakan dress di atas lutut, Kamu dapat memilih dress midi dengan panjang dibawah lutut.

Dress batik ini membuat penggunanya terkesan rapi dan juga professional sehingga sangat sesuai bila digunakan dalam pekerjaan sehari-hari yang menuntutmu untuk berpakaian rapi.

Jangan lupa untuk menambahkan heels atau sepatu hak tinggi dengan warna yang senada dengan dress tersebut untuk membuat postur tubuhmu semakin terlihat anggun dan juga jenjang.

13. Atasan Ruffles Formal

Batik Cirebon Trusmi
btbatiktrusmi.com

Ada beberapa orang yang terkadang bosan saat harus menggunakan batik sebagai salah satu pakaian formalnya. Maka dari itu, atasan ruffle seperti ini akan membuatmu terlihat tetap rapi tanpa harus menggunakan kemeja.

Ruffles atau rumbai pada bagian bawah juga akan menutupi bagian perut dimana hal ini sangat cocok untuk Kamu yang terkadang tidak percaya diri dengan bentuk perut.

Tidak perlu bingung untuk mencari bawahan yang tepat, karena selain sesuai bila digunakan dengan celana pensil, atasan ini juga akan terlihat semakin feminim bila Kamu kombinasikan dengan rok pensil atau rok span berwarna netral.

Salah satu yang paling sesuai dengan warna atasan ini adalah warna krem. Tambahkan anting polos dan tas tangan dengan warna senada, Kamu siap untuk pergi bekerja.

14. Kemeja Panjang Netral

Bt Batik Trusmi Cirebon
btbatiktrusmi.com

Kemeja batik dengan tone warna yang netral ini bisa dijadikan referensi untuk Kamu yang berhijab. Kadang perempuan berhijab dihadapkan dengan kebingungan mengenai mix n match warna dan bahan hijab dengan baju batik. Karena tentu Kamu ingin terlihat matching saat menggunakan batik dan hijab dalam sebuah kesempatan.

Cara yang paling mudah untuk tetap terlihat matching bila Kamu berhijab dan harus menggunakan batik adalah memilih warna serta corak batik yang netral.

Hal ini akan mempermudah Kamu dalam menentukan pemilihan warna hijab yang akan Kamu gunakan. Jangan menggunakan bentuk hijab yang terlalu ribet karena akan membuat Kamu terlihat semakin mencolok dan menjadi pusat perhatian.

15. Kemeja Batik Tye Dye

Kampung Batik Trusmi
btbatiktrusmi.com

Kemeja batik celup atau tye dye adalah salah satu kemeja batik yang paling banyak diincar oleh kaum pria. Ini karena biasanya pada kemeja batik dengan kain celup memiliki warna yang lebih polos dibandingkan dengan batik lainnya yang beredar di pasaran. Tak hanya itu, corak batik yang ditulis pada kemeja juga simple dan tidak memiliki terlalu banyak ornamen.

Kemeja celup dengan warna dasar putih biasanya akan cocok digunakan oleh berbagai jenis warna kulit pria Indonesia mulai dari kuning langsat hingga sawo matang.

Selain warnanya yang netral, untuk menggunakannya juga tidak perlu pusing dalam pemilihan warna maupun bentuk celana. Kamu bisa menggunakan celana yang sudah Kamu miliki dengan warna netral.

Bila berkunjung ke daerah ini, tentu Kamu tidak boleh melewatkan wisata belanja pada kawasan Trusmi.

Karena tentu saja selain lebih banyak pilihan yang Kamu dapatkan, harga Batik Trusmi ini juga sangat terjangkau jika dibandingkan dengan penjual batik yang berada di kota besar. Selain bangga menggunakan warisan budaya, Kamu juga membantu para pembatk lokal untuk tetap berkarya.

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *