Home » Inspirasi » Rumah » 13 Desain Kolam Renang Minimalis untuk Rumah Ukuran Kecil

13 Desain Kolam Renang Minimalis untuk Rumah Ukuran Kecil

Bergaya.ID – Kolam renang minimalis menjadi salah satu pilihan untuk orang-orang yang ingin membuat kolam renang pribadi di rumah. Walaupun terlihat sederhana, kolam renang ini akan membuat tampilan rumah lebih sejuk dan menawan.

Lahan yang tidak terlalu luas tidak menjadi halangan untuk membangun kolam renang. Ukuran kolam renang tidak perlu terlalu besar, karena kolam renang rumah ditujukan untuk penggunaan pribadi. Untuk itu, kamu harus memperhatikan luas lahan yang tersisa sebelum membangun kolam renang.

13 Contoh Desain Kolam Renang Minimalis Sederhana

Desain kolam renang sangat bermacam-macam, kamu bisa melihat beberapa contoh desain kolam renang yang minimalis. Berikut ini inspirasi desain kolam renang gaya minimalis yang bisa kamu bangun di rumah:

1. Kolam Renang Persegi

Model Kolam Renang Minimalis

Kolam renang persegi yang sederhana adalah pilihan bagi banyak orang dengan lahan terbatas.

Bentuknya yang memanjang membuat kolam renang terlihat lebih elegan. Walaupun begitu, penggunaan aksen batu alam akan menambah nuansa alami di sekitar kolam

2. Kolam Renang Melengkung

Gambar Desain Kolam Renang Minimalis

Bentuk kolam renang melengkung tetap akan terlihat sederhana dengan kombinasi lantai kayu. Bentuk pinggir kolam yang melengkung membuat kolam renang terlihat lebih unik dan mewah. 

Kolam renang menjadi area bersantai yang tidak membosankan karena kehadiran lengkungan kolam renang yang semakin menarik. Lengkungan juga bisa dikreasikan secara bebas mengikuti luas lahan yang tersedia. 

Gunakan material batu sebagai lantai pembatas kolam renang supaya terlihat lebih natural.

3. Kolam Renang Dengan Tempat Santai

Gambar Kolam Renang Minimalis

Jika ada sisa lahan, kamu bisa mempertimbangkan untuk membangun kolam renang.

Kolam renang desain minimalis akan membuat rumah terasa lebih nyaman. Pemilihan warna lantai dasar kolam yang tepat juga akan membuat tampilan kolam menjadi lebih elegan. 

Desain kolam renang outdoor ini sangat cocok bagi kamu yang senang berjemur. Letakkan beberapa kursi untuk bersantai di pinggir kolam. Sekarang kamu punya tempat bersantai lain, selain di ruang televisi.

4. Kolam Renang Lahan Sempit

Foto Kolam Renang Rumah Minimalis

Kolam renang mungil untuk lahan terbatas sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki kolam renang sebagai tempat berendam saja. Ukuran yang terbatas, tetapi tidak terlalu kecil memungkinkan kamu untuk berenang jarak pendek. 

Penggunaan sekat juga menjadi ide yang bagus untuk membatasi kolam renang dengan kursi. Area kolam renang ini sangat cocok sebagai tempat untuk bersantai bersama teman-teman.

5. Kolam Renang Ala Kolam Rendam

Contoh Kolam Renang Sederhana Minimalis

Kolam renang jenis ini memang kurang memuaskan dipakai berenang. Namun, kolam renang ala kolam rendam ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan kolam renang di dalam rumah. Kedalaman kolam renang yang cukup membuat kamu lebih puas untuk berendam. 

Supaya tidak licin, kamu bisa menggunakan lantai dengan material kayu. Untuk memaksimalkan penggunaan sebagai kolam rendam, kamu juga bisa membuat air kolam renang menjadi hangat. Penambahan lampu kecil di dalam kolam renang akan membuat suasana menjadi lebih mewah.

6. Kolam Renang Halaman Belakang

Kolam Renang Minimalis Halaman Belakang

Halaman belakang rumah juga bisa kamu gunakan untuk membangun kolam renang keluarga. Ada banyak model kolam renang yang bisa kamu pakai sebagai inspirasi desain kolam renang impian. 

Salah satu contoh kolam renang halaman belakang yang cukup unik adalah kombinasi bentuk lingkaran dan persegi. Dua kolam renang ini dibatasi menggunakan dinding batu yang terlihat elegan.

7. Kolam Renang Modern

Kolam Renang Modern

Model kolam renang modern ini terlihat cukup minimalis tanpa akses berlebihan. Penggunaan lantai kolam renang yang gelap membuat warna air kolam terlihat lebih dingin. Bagian pinggir contoh kolam renang ini terlihat tidak memiliki batas yang memisahkan kolam dengan lantai. 

Hal ini membuat tampilan kolam renang semakin estetik. Aksesoris payung dengan kursi juga sangat fungsional dan menambah kesan yang indah. Supaya lebih sejuk, kamu juga bisa menambahkan beberapa pohon ukuran sedang di pinggir kolam.

8. Kolam Renang Bentuk Lingkaran

Kolam Renang Bentuk Lingkaran

Kolam renang lingkaran yang dikreasikan dengan beberapa aksen unik juga akan membuatnya terlihat lebih manis. Mungkin banyak orang yang beranggapan kolam renang lingkaran terlihat membosankan. 

Namun, penambahan anak tangga di dalam kolam membuat kolam renang ini terlihat lebih manis.

9. Kolam Renang Spa

Kolam Renang Spa

Kamu punya lahan terbatas, tapi ingin membuat kolam? Salah satu jenis kolam renang minimalis yang bisa kamu buat adalah kolam mini untuk spa. 

Kolam renang di dalam rumah dengan ukuran yang kecil bisa kamu gunakan untuk relaksasi dan bersantai. Dinding batu warna putih juga semakin melengkapi pemandangan area kolam renang agar terlihat lebih antik.

10. Kolam Renang Bentuk Bebas

Kolam renang bentuk bebas

Apabila kamu bosan dengan bentuk kolam renang persegi atau lingkaran, kamu bisa membuat kolam renang dengan bentuk bebas. Kolam renang ini dibangun dengan bentuk yang tidak beraturan, karena mengikuti lahan yang ada. 

Walaupun begitu, kolam renang bentuk bebas ini terlihat sangat unik.

11. Kolam Renang Huruf L

Kolam Renang Huruf L

Untuk menyiasati lahan kosong yang tidak terlalu panjang atau lebar, kamu bisa mempertimbangkan desain kolam renang huruf L. Desain huruf L sangat minimalis, tetapi tetap bisa terlihat mewah. 

Supaya terlihat lebih luas, kamu bisa menggunakan pintu lipat yang menghubungkan area dalam rumah dengan area kolam renang.

12. Kolam Renang Indoor Minimalis

Kolam Renang Indoor Minimalis

Kolam renang indoor juga bisa menjadi salah satu pilihan untuk kamu yang sedang membangun rumah. Penambahan kolam renang di dalam rumah akan membuatnya lebih sejuk. Kolam renang indoor juga tidak memerlukan desain yang rumit untuk membuatnya terlihat istimewa. 

Desain kolam renang persegi di dalam rumah akan menambah kesan elegan dan berkelas. Supaya terlihat lebih luas, kamu juga bisa menggunakan dinding dengan kaca transparan. Kaca transparan akan membuat cahaya matahari masuk ke kolam, meskipun tidak secara langsung. 

Desain ini cocok untuk kamu yang ingin berenang tapi tidak ingin berpanas-panasan.

13. Kolam Renang Desain Plunge Pool

Kolam Renang Desain Plunge Pool

Banyak orang yang merasa kurang yakin ingin membangun kolam renang di lahan yang sempit. Nyatanya, ada banyak inspirasi kolam renang minimalis yang bisa disesuaikan dengan lahan rumah. Bentuk plunge pool ini contohnya. 

Kolam renang kecil dengan kedalaman yang cukup akan terasa nyaman digunakan. Plunge pool biasanya digunakan untuk bersantai sambil berendam di dalam kolam.

Setelah melihat beberapa ide kolam renang minimalis, apakah kamu sudah memutuskan desain yang tepat? Baik indoor atau outdoor, kolam renang di rumah bisa menjadi tempat bersantai bersama keluarga yang sangat menyenangkan.

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x