Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

25+ Jenis Kain Batik Tradisional & Modern Khas Indonesia

9 min read

Jenis Kain Batik

Kain Batik – Sejak puluhan tahun silam, batik menjadi salah satu identitas bangsa Indonesia yang patut untuk dilestarikan. Sebagai anak muda, kamu patut berbangga! Pasalnya, ada ratusan bahkan ribuan jenis motif batik yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Batik merupakan perwujudan budaya dan kearifan lokal daerah masing-masing. Tidak heran jika kamu bisa menemukan kain batik dengan motif yang sangat bervariasi, mulai dari tradisional hingga modern. Jika kamu mulai penasaran, yuk simak 30 ragam motif kain batik di bawah ini!

Jenis Kain Batik

1. Kain Batik Aceh

kain batik aceh
hidupsimpel.com

Aceh merupakan salah satu provinsi yang terletak di ujung barat Indonesia. Provinsi yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekah ini mempunyai motif batik yang sangat khas. Seperti halnya daerah lain, motif batik daerah Aceh juga terinspirasi dari keindahan alam, lho.

Kamu bisa melihat betapa indahnya kombinasi motif buruk berekor cantik dengan jambul nan khas. Sebagai pelengkap, terdapat pula motif tumbuh-tumbuhan seperti sulur, dedaunan, dan buah asam. Motif ini menimbulkan kesan tradisional yang sangat kental. Ditambah dengan latar berwarna hitam, kain bermotif batik yang satu ini semakin terlihat mempesona.

2. Kain Batik Lampung

kain batik lampung
indonesiakaya.com

Lampung mempunyai beragam motif batik yang mencerminkan ciri khas Sang Bumi Ruwa Jurai. Ada motif kupu-kupu, perahu, gamolan, gajah, dan motif siger. Masing-masing mempunyai arti tersendiri bagi masyarakat Lampung, lho.

Coba kamu lihat gambar di atas. Kain tersebut menggunakan motif siger berwarna emas yang sangat khas. Dipadukan dengan bunga warna-warni dan pola lain, motif batik yang satu ini terbilang lebih kekinian. Untuk kamu yang berjiwa muda, pilihan batik yang satu ini sangat cocok dipakai untuk berbagai keperluan. Jadi, kamu bisa melestarikan budaya namun tetap terlihat stylish!

3. Kain Batik Solo

kain batik solo
tokopedia.com

Kamu semua pasti tahu jika Solo menjadi salah satu sentra batik di Indonesia. Kota yang berdekatan dengan Yogyakarta ini memang menyimpan banyak sekali pilihan batik dengan motif anggun dan menawan.
Alam masih menjadi sumber inspirasi terbaik bagi pengrajin batik Solo.

Buktinya, kamu bisa melihat batik yang satu ini memiliki mempunyai motif burung berpadu dengan keindahan tumbuhan-tumbuhan. Karena menggunakan kain berwarna gelap, batik yang satu ini sangat pas digunakan untuk segala usia termasuk kamu yang masih belia!

4. Kain Batik Jogja

kain batik jogja
pinterest.com

Siapa tak kenal Jogja? Kota kecil yang satu ini sangat terkenal dengan motif batiknya yang melegenda. Salah satu yang paling terkenal adalah motif parang. Motif ini mempunyai garis tegas yang disusun secara diagonal dengan warna putih yang mencolok.

Tapi, saat ini motif parang sudah banyak dikombinasikan dengan motif lain seperti batik yang satu ini. Perpaduan antara motif parang tradisional dengan motif kekinian membuat batik ini layak disebut sebagai batik kontemporer.

5. Kain Batik Pekalongan

kain batik pekalongan
pinterest.com

Selain Solo dan Jogja, Pekalongan juga dikenal sebagai sentra industri batik. Batik Pekalongan yang satu ini terlihat lebih ceria dengan latar berwarna biru dan motif berwarna merah terang dengan aksen putih. Motif bernuansa tumbuh-tumbuhan juga masih bisa kamu temukan di sini.

Dibandingkan dengan ragam batik lainnya, batik yang satu ini nampak lebih mencolok karena mempunyai motif berukuran besar. Berpadu dengan latar polos tanpa motif tambahan, batik ini memberikan kesan sederhana. Kamu bisa menggunakannya untuk bersantai atau menghadiri acara semi-formal, ya!

6. Kain Batik Palembang

kain batik palembang
pinterest.com

Batik Palembang tidak hanya melulu bermotif songket, lho! Masih ada berbagai pilihan batik lain seperti motif sisik ikan, geribik, kembang jepri, dan jumputan seperti yang satu ini. Batik jumputan biasanya menggunakan warna yang lebih mencolok seperti oranye, merah, biru tua, atau hijau.

Seperti namanya, batik ini dibuat dengan cara dijumput kemudian diwarnai sesuai selera. Cara menjumput juga disesuaikan dengan motif yang ingin dibuat, seperti kotak, lingkaran, dan lain sebagainya. Agar lebih menarik, kamu bisa menggabungkan beberapa warna sekaligus dalam satu lembar kain.

7. Kain Batik Madura

kain batik madura
yourou.id

Kamu bosan dengan batik tradisional dengan warna itu-itu saja? Batik Madura ini bisa menjadi alternatif yang tepat untuk memancarkan jiwa muda kamu. Batik Madura mempunyai motif yang lebih ramai dengan perpaduan berbagai warna seperti biru muda, putih, dan merah.

Batik yang satu ini masih menggunakan motif bertema alam. Kamu bisa menemukan pola bunga berbagai ukuran yang dikombinasikan dengan sulur dan dedaunan berwarna putih dan warna lainnya.

8. Kain Batik Indramayu

kain batik indramayu
bloggermangga.com

Batik Indramayu mempunyai ciri yang khas sehingga membedakannya dengan daerah lain. Salah satu yang paling terkenal adalah batik kembang kol yang mempunyai motif daun sederhana. Batik ini melambangkan kesederhanaan sebagai anugerah dari Tuhan. Tidak heran jika batik ini sering digunakan untuk acara penting.

Perpaduan motif berwarna cokelat kehijauan dengan latar belakang putih membuat batik ini nampak anggun. Pola motif juga berukuran tidak terlalu besar dan cenderung netral, jadi bisa digunakan oleh laki-laki maupun perempuan.

9. Kain Batik Bali

kain batik bali
dawaihati.com

Batik yang berasal dari daerah Bali umumnya dipenuhi dengan nuansa alam sekitar seperti kembang sepatu atau bunga kamboja. Begitu juga dengan batik satu ini yang mengusung kearifan lokal lewat motif bunga dan tumbuh-tumbuhan.

Menghadirkan perpaduan warna cokelat keemasan dan latar belakang gelap, batik ini terlihat sangat berkelas. Buat kamu yang ingin menghadiri acara spesial, tidak ada salahnya untuk menggunakan batik dengan motif yang satu ini.

10. Kain Batik Lombok

kain batik lombok
lomboksurgawi.blogspot.com

Lombok tidak hanya menawarkan keindahan alam tetapi juga kekayaan budaya melalui beragam batik lokal. Batik Lombok mempunyai ciri khas yang sangat mencolok dibandingkan dengan batik dari daerah lain. Alih-alih menggunakan motif bertema tumbuhan dengan garis lembut, batik Lombok menggunakan motif garis tegas dan simetris.

Selain motif garis, kamu juga bisa menemukan batik Lombok dengan motif rumah sasak, yaitu rumah khas pulau tersebut. Penggunaan warna yang sangat beragam menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Tidak heran jika harga batik Lombok relatif mahal.

11. Kain Batik Cirebon

kain batik cirebon
tettytanoyo.com

Batik Cirebon sangat identik dengan motif mega mendung. Bahkan motif batik yang satu ini menjadi ikon dari kota Cirebon, lho. Batik dengan gambar menyerupai awan memang terlihat menarik, ditambah lagi dengan perpaduan warna yang tegas seperti merah terang atau biru tua.

Tahukah kamu? Motif batik yang satu ini ternyata masih terpengaruh oleh unsur Cina. Perbedaannya terletak pada bentuk awan batik mega mendung yang terlihat lebih lonjong dan mempunyai ujung lancip. Sangat menarik ya!

12. Kain Batik Kalimantan

kain batik kalimantan
metroworld.id

Pulau Kalimantan yang dihuni oleh suku Dayak memiliki batik dengan corak yang khas. Suku yang dikenal dengan keberaniannya ini menuangkan kearifan lokal mereka melalui motif yang mengadopsi ukiran serta lukisan khas suku Dayak.

Batik ini menggunakan motif garis yang tebal dan tegas dengan pemilihan warna yang cukup beragam. Ulir para bagian ujung garis melambangkan liukan akar pohon yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat setempat. Pemilihan warna yang beragam mempunyai arti tersendiri bagi suku Dayak.

13. Kain Batik Papua

kain batik papua
pinterest.com

Papua dikenal sebagai bumi cendrawasih. Tidak heran jika penduduk setempat menuangkan tradisi dan budaya mereka dalam motif batik Papua yang unik dan mempesona. Lihat saja betapa indahnya batik dengan corak burung cendrawasih yang satu ini. Kamu bisa tampil lebih percaya diri saat menggunakannya.

Batik ini menggabungkan motif cendrawasih dengan tameng perang serta tifa khas Papua sehingga bisa menggambarkan tradisi dan budaya masyarakat setempat. Perpaduan berbagai warna seperti biru muda, merah, dan kuning melambangkan keragaman yang ada di Papua.

14. Kain Batik Banten

kain batik banten
ardikaryautama.wordpress.com

Batik yang berasal dari daerah Banten ini tidak kalah menarik dari daerah lainnya lho. Perpaduan warna dasar biru navy dengan corak berwarna cerah memberikan nuansa cerah ceria pada keseluruhan penampilan kamu. Motif yang berukuran cukup besar mempunyai detail yang sempurna sehingga memberikan nilai lebih pada batik yang satu ini.

Terinspirasi dari alam, batik Banten ini menghadirkan motif dedaunan berbagai warna. Kamu juga bisa menemukan detail bunga dengan mahkota yang cantik dengan detail berupa titik-titik putih yang mempesona.

motif kain batik banten
ardikaryautama.wordpress.com

Dari segi warna, batik yang satu ini mempunyai warna khas biru terang. Warna ini mencerminkan karakter masyarakat Banten yang mempunyai cita-cita tinggi. Kelopak bunga berwarna putih dan merah berpadu dengan motif dedaunan yang terlihat semakin menawan dengan aksen titik-titik pada pola dasar.

15. Kain Batik Semarang

kain batik semarang
infobatik.id

Batik Semarang menawarkan beragam corak dan motif yang menarik. Kamu bisa menemukan batik dengan berbagai pilihan warna, mulai dari kuning, merah muda, hijau, hingga warna yang cenderung netral. Sedangkan motif yang ditawarkan juga bermacam-macam, seperti motif bercorak tumbuhan, modifikasi parang, modifikasi truntum, dan masih banyak lagi.

Seperti halnya batik dari daerah lain, batik Semarang mencerminkan kehidupan masyarakat setempat. Tidak heran jika kamu bisa menemukan batik dengan corak yang cukup unik dengan gambar bangunan Lawang Sewu.

16. Kain Batik Lasem

kain batik lasem
pinterest.com

Batik Lasem mempunyai motif yang tidak bisa ditiru oleh daerah lain karena sudah dipatenkan. Batik ini mempunyai berbagai motif yang terkenal, salah satunya adalah sekar jagad. Seperti namanya, motif batik ini terlihat seperti kumpulan bunga yang berserakan.

Meskipun terlihat ramai, batik ini terlihat sangat anggun dan berkelas ya!

Batik Lasem sekar jagad juga memiliki motif burung sebagai pelengkap. Penambahan titik-titik kecil pada bagian dasar serta motif bunga kecil semakin menambah keindahan batik yang satu ini. Meskipun mempunyai motif tradisional, anak muda seperti kamu juga bisa menggunakannya lho.

17. Kain Batik Jambi

kain batik jambi
taldebrooklyn.com

Batik khas Jambi dikenal mempunyai warna yang lembut. Seperti batik yang satu ini, batik dengan latar berwarna biru terlihat lembut berpadu dengan motif tumbuhan. Uniknya, batik Jambi ini mempunyai motif menyerupai buah durian yang menjadi salah satu buah khas daerah tersebut.

Selain motif durian, terdapat pula berbagai corak bunga dan dedaunan yang menjadi ciri khas batik Jambi. Meskipun terkesan ramai, ternyata motif batik ini mempunyai makna yang dalam. Buah durian melambangkan kebaikan seseorang yang tidak bisa ditebak dari luar.

18. Kain Batik Betawi

kain batik betawi
kainusa.id

Suku Betawi yang menghuni sebagian kawasan Jakarta juga mempunyai unsur budaya yang cukup kuat. Tradisi dan kebudayaan itu dituangkan dalam sebuah karya batik Betawi yang mempunyai keunikan tersendiri. Batik ini menggambarkan kearifan lokal dan kebanggaan masyarakat Betawi terhadap budayanya.

Batik yang berasal dari Betawi ini mempunyai corak khas berbentuk tugu Monas yang menjadi ikon Jakarta. Komponen lain yang turut menghiasi batik ini adalah pohon kelapa yang juga banyak tumbuh di tempat tinggal suku Betawi. Dikombinasikan dengan kain berwarna merah maroon, Batik Betawi ini terlihat unik dan menyegarkan mata kamu.

19. Kain Batik Sragen

kain batik sragen
pinterst.com

Batik Sragen mempunyai karakteristik yang berbeda dari daerah lainnya. Seperti yang terlihat, kamu bisa merasakan nuansa berbeda melalui perpaduan warna-warna pastel yang memberikan kesan lembut. Jadi, bagi kamu yang ingin tampil maksimal namun tidak mau terlalu menarik perhatian, batik Sragen yang satu ini layak dijadikan pilihan.

Terdapat berbagai elemen corak yang menghiasi batik ini. Mulai dari motif insang yang detail, dedaunan dengan batang meliuk-liuk serta bunga berwarna pastel yang melambangkan berbagai keragaman dalam hidup manusia. Menarik ya!

20. Kain Batik Manado

kain batik manado
pinterest.com

Coba kamu perhatikan! Batik khas Manado tak kalah cantik dari batik daerah lain, kan? Batik Manado mempunyai corak yang hampir sama dengan kain bentenan, yaitu kain khas Minahasa yang terbuat dari bahan-bahan alami. Batik dengan berbagai warna ini mempunyai motif yang cukup rumit sehingga memberikan nilai tambah pada penampilan kamu.

Selain tingkat kerumitan yang cukup tinggi, batik khas Manado juga menjadi cerminan budaya dan tradisi masyarakat Minahasa, lho. Kamu bisa menemukan motif rumah adat Minahasa hingga motif pedati yang menggambarkan kehidupan masyarakat setempat.

21. Kain Batik Maluku

kain batik maluku
blogkulo.com

Maluku tidak hanya terkenal dengan rempah-rempahnya, lho. Ternyata wilayah ini juga menyimpan kekayaan budaya berupa batik Maluku yang sangat indah. Batik ini mempunyai motif khas yang diambil dari hasil bumi daerah setempat seperti cengkeh dan pala.

Seperti yang kamu lihat, batik Maluku ini mempunyai motif berbentuk cengkeh yang sangat unik. Corak yang digunakan pada bagian tepi semakin menambah kesan kedaerahan pada batik yang satu ini. Perpaduan warna yang cukup kontras juga menjadi nilai tersendiri untuk kamu yang ingin tampil beda.

22. Kain Batik Flores

kain batik flores
dictio.id

Meskipun Flores identik dengan kain tenunnya yang mendunia, batik Flores juga tidak kalah menarik perhatian lho. Batik khas daerah ini menggunakan motif yang hampir sama dengan kain tenun sehingga tidak menghilangkan nuansa Flores yang kental.

Batik Flores ini menggunakan motif yang khas berupa garis-garis lurik serta ornamen berwarna-warni yang simetris. Warna dasar hitam semakin mempertegas corak yang dimiliki oleh kain tersebut. Kamu pasti ingin memiliki salah satunya, kan?

23. Kain Batik Padang

kain batik padang
taldebrooklyn.com

Padang yang mendunia dengan rendangnya memiliki warisan budaya batik yang tak kalah menarik. Batik dari tanah Minangkabau ini mempunyai motif khas yang mewakili kearifan budaya dan kekayaan alam. Corak warna yang tidak terlalu mencolok membuat batik ini bisa digunakan oleh pria dan wanita.

Batik khas Padang ini hadir dengan motif gunung yang merupakan salah satu kekayaan alam daerah tersebut. Motif gerobak pedati khas Padang juga turut meramaikan batik yang satu ini. Bisa dikatakan bahwa batik ini mempunyai seribu arti.

24. Kain Batik Sidoarjo

kain batik sidoarjo
taldebrooklyn.com

Batik Sidoarjo mempunyai karakteristik khas sehingga membuatnya menjadi buruan wisatawan. Batik ini terinspirasi dari lingkungan sekitar sehingga motif yang digunakan identik dengan flora dan fauna yang banyak ditemukan di daerah Sidoarjo.

Salah satu motif yang banyak dijumpai adalah motif kupu-kupu. Dengan kombinasi buah-buahan dan bunga berukuran kecil serta dipadukan dengan warna netral, batik ini menjadi salah satu batik kontemporer kebanggaan Sidoarjo.

25. Kain Batik Blora

kain batik blora
kotakenergi.com

Batik menjadi salah satu kerajinan tradisional yang bisa kamu temukan di kabupaten Blora. Seperti karya batik pada umumnya, batik Blora juga menonjolkan ciri khas daerah tersebut yaitu tambang minyak atau pohon jati.

Seperti halnya batik yang satu ini, kamu bisa menemukan motif pohon kayu jati berukuran kecil lengkap dengan bunga jati. Sebagai elemen tambahan, daun jati dengan garis meliuk-liuk semakin menambah keindahan batik asal Blora ini.

26. Kain Batik Tasikmalaya

kain batik tasikmalaya
taldebrooklyn.com

Batik Tasikmalaya biasa menggunakan warna-warna berani seperti ungu, merah, kuning, dan biru. Warna tersebut berpadu dengan motif yang unik sehingga menjadi karakteristik tersendiri bagi batik di bumi Parahyangan.

Seperti yang terlihat, batik ini memiliki motif diagonal dengan garis pengulangan yang terlihat seperti ekor burung merak. Motif ini melambangkan keindahan sebagaimana burung merak. Masyarakat sekitar juga percaya motif batik ini ada hubungannya dengan dunia roh, lho. Bagaimana menurut kamu?

27. Kain Batik Kroya

kain batik kroya
beritafashionista.com

Kroya turut memperpanjang daftar koleksi batik di Indonesia. Batik yang berasal dari daerah ini menonjolkan ciri khas Kroya sehingga memberikan keunikan tersendiri. Kamu bisa melihat motif batik Kroya yang terbilang unik karena mempunyai beberapa komponen yang berbeda.

Batik ini mempunyai motif bersekat-sekat dengan corak yang berbeda. Ada motif bunga wijayakusuma dengan daun yang berlekuk serta motif garis yang memberikan kesan kontemporer.

28. Kain Batik Garut

kain batik garut
taldebrooklyn.com

Batik Garut umumnya terinspirasi dari masyarakat sekitar. Batik yang satu ini mempunyai motif lereng kangkung yang terilhami dari banyaknya tanaman kangkung yang tumbuh di perkebunan sekitar Garut.

Unik sekali, bukan?

Batik tulis ini mempunyai nilai jual yang tinggi, pasalnya proses pembuatannya dibuat secara langsung oleh pengrajin tanpa menggunakan cap. Alhasil, kamu tidak akan mendapatkan dua kain yang sama persis. Eksklusif!

29. Kain Batik Lamongan

kain batik lamongan
kainusa.id

Sepertinya tidak banyak yang tahu bahwa Lamongan juga punya motif batik khas seperti yang satu ini. Kamu bisa melihat motif batik yang terlihat lebih tipis dan lembut terlukis di atas kain berwarna gelap. Perpaduan ini menimbulkan nuansa kontras yang cantik.

Batik Lamongan menggambarkan kearifan lokal dengan motif yang diambil dari lingkungan sekitar. Kamu bisa melihat motif daun dan tumbuhan yang mendominasi batik ini.

Jadi, apakah kamu bangga dengan beragam batik yang dimiliki oleh Indonesia? Sebagai anak muda, sudah sepatutnya kita melestarikan tradisi dan budaya. Mulai sekarang, pilih motif batik favoritmu dan tunjukkan bahwa batik itu keren!

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *