20+ Rekomendasi Film Indonesia Terbaru 2020 | Seru Banget !

Thursday, November 12th, 2020 - Film Indonesia

Dunia perfilman memang kini sedang panas-panasnya bersaing untuk merebut pasar, baik film Hollywood, drama Korea, Thailand, hingga perfilman tanah air. Persaingan ini mendorong industri perfilman tanah air memunculkan film Indonesia terbaru dengan berbagai genre yang menarik.

Bagi kamu yang sedang mencari referensi film-film terbaru yang layak ditonton, ulasan berikut jangan sampai kamu lewatkan.

20+ Rekomendasi Film Indonesia Terbaru 2020

1. Bucin

Bucin

Istilah “bucin” yang populer ternyata menginspirasi Rapi Films dan sutradara Chandra Liow untuk membuat film dengan judul yang sama.

Film yang mulai ditayangkan di Netflix pada 18 September 2020 yang lalu ini merupakan film yang mengangkat 3 genre sekaligus, yakni komedi, drama, dan romansa. Sisi komedi dalam film ini dijamin bakal membuatmu tertawa lepas.

Tak hanya itu, kisah budak cinta (bucin) yang sedang mencoba membersihkan diri dari berbagai hal yang berhubungan dengan kisah percintaan dalam hidupnya terasa begitu relevan dengan keadaan saat ini.

2. Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi

Film romantis Indonesia terbaru yang baru tayang Oktober lalu ini dijamin bisa membuat kamu termehek-mehek karena kisah percintaan yang begitu menyayat hati.

Dibintangi oleh Jefri Nichol, si aktor yang sedang naik daun, beradu akting dengan sangat apiknya dengan aktris pendatang baru, Aurora Riberto. Film berdurasi 1 jam 26 menit itu menceritakan kisah Kevin yang berjuang dalam cinta yang bersimpangan.

Ia bingung, apakah harus menyatakan perasaan cinta pada sahabatnya sendiri ataukah justru mengorbankan perasaannya itu demi menjaga persahabatan. Kisah cinta mereka sangat menyentuh dan dijamin bikin kamu terkaget-kaget.

3. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Dibintangi oleh artis tampan Al Ghazali bersama Youtuber Ria Ricis dan juga artis cantik Natasha Wilona, film horor Indonesia terbaru ini sukses memukau penonton dengan suasana horornya.

Dikisahkan Siena (Natasha Wilona) yang merupakan seorang siswi SMA mengalami mati suri, dan setelahnya ia mendapatkan kemampuan khusus yang tidak dimiliki orang lain pada umumnya. Ia bisa melihat kapan orang akan menjemput ajalnya yang sekaligus membuatnya takut.

Ketakutan tersebut membawanya ingin segera keluar dari situasi itu, yang sekaligus mejadi titik menyeramkan dalam film ini. Lebih mengerikannya lagi, dia acap kali menerima teror-teror yang datang dari makhluk halus serta mengalami kejadian lainnya yang membuat bulu kuduk merinding.

4. Guru-Guru Gokil

Guru-Guru Gokil

Film Guru-guru Gokil yang tayang pada 17 Agustus lalu ini sangat direkomendasikan untuk kamu tonton, sebab memiliki nilai moral yang bisa kamu ambil.

Film yang menjadi original series Netflix Indonesia kedua ini mengisahkan Taat (Gading Marten) yang dengan setengah hati harus menjadi guru sebab keadaan ekonomi yang mendesak. Selain butuh uang, karena pekerjaan yang ia inginkan tak kunjung didapatkan juga menjadi penyebab keterpaksaannya.

Selain menyampaikan pesan moral yang begitu dalam kaitannya dengan kehidupan bersosial, plot cerita film ini juga sangat bagus dan layak ditonton sebagai film kaya moral.

5. Mekah I’m Coming

Mekah Im Coming

Bulan Maret 2020 nampaknya menjadi bulan yang dibanjiri film bioskop Indonesia terbaru dengan aneka macam genre yang menarik. Salah satu yang menarik perhatian banyak penonton adalah Mekah I’m Coming yang tayang pada 5 Maret.

Film berdurasi 1 jam 33 menit ini berkisah tentang hubungan antara Eddy (Rizky Nazar) yang merupakan seorang pemilik usaha bengkel, dengan Eni (Michelle Ziudith). Sayangnya, hubungan keduanya terhalang oleh restu orang tua pihak perempuan.

Rupanya, Eni telah dijodohkan dengan Pietoyo (Dwi Sasono) yang merupakan seorang saudagar kaya. Cerita semakin menarik dengan keputusan Eddy untuk tidak menyerah dengan keadaan yang membuatnya akhirnya mencoba membujuk orang tua Eni dengan berbagai cara.

Keputusannya itu justru membuatnya jatuh ke dalam lubang kebohongan yang mengelilingi hidupnya.

6. Mariposa

Mariposa

Masih tergolong ke dalam deretan film Indonesia terbaru di tahun 2020, Mariposa sukses membuat penonton larut dalam cerita cinta antara Acha (Zara Adhisty) dan Iqbal (Angga Yunanda). Acha yang sedang berjuang mendapatkan Iqbal harus mendapatkan situasi rumit.

Iqbal adalah sosok pria yang pintar dan tampan, meski sangat cuek dan memiliki hati yang dingin. Usahanya untuk mendapatkan hati Iqbal membuatnya berselisih dengan sahabatnya, Amanda (Dania Salsabila), yang justru tak ingin ia bersama dengan Iqbal.

Amanda mulai melakukan pencegahan agar sahabatnya itu mengurungkan niatnya karena khawatir Acha akan mengalami patah hati yang begitu menyakitkan.

7. Buku Harianku

Buku Harianku

Tak hanya orang dewasa yang bisa menonton film layar lebar di rumah atau di bioskop, anak kecil juga bisa menontonnya, asalkan sesuai dengan rating umur yang diperkenankan. Film Buku Harianku yang tayang pada 12 Maret lalu ini cocok ditonton bersama anak-anak.

Film bergenre family dan drama musikal ini menceritakan kisah seorang anak bernama Kila (Kila Putri Alam) yang berusia 8 tahun. Kila sangat senang menuliskan isi hatinya pada buku harian dengan rangkaian kata-kata yang disusunnya.

Suatu hari, saat dititipkan ke rumah kakeknya di Sukabumi, ia bertemu dengan Rintik (Widuri Sasono) yang merupakan teman lamanya. Pertemuan itu lantas menjadi awal dari kebersamaan keduanya setelah sekian lama.

Mereka sering menghabiskan waktu bersama, namun pada akhirnya mereka masuk ke dalam situasi yang menegangkan.

8. Teman Tapi Menikah 2

Teman Tapi Menikah 2

Setelah film Teman Tapi Menikah yang dibintangi oleh Vanesha Prescilla dan Adipati Dolken meraih kesuksesan, Teman Tapi Menikah 2 hadir sebagai lanjutan kisah di film sebelumnya. Film ini sedikit menuai kekecewaan karena penggantian pemeran utama wanita.

Mengangkat kisah yang merupakan cerita nyata dari Ayudia Bing Slamet dan suaminya, Ditto, film sekuel ini melanjutkan cerita sebelumnya, yakni kehidupan setelah keduanya memutuskan untuk memulai hidup baru bersama.

Kehidupan pernikahan yang berawal manis, mendadak berubah menjadi penuh pertengkaran ketika Ayu perlahan berubah sikap karena kehamilannya. Ayu menjadi sangat sensitif yang menyebabkan berbagai pertengkaran terjadi dalam kehidupan pernikahan mereka.

9. Tersanjung The Movie

Tersanjung The Movie

Serial TV Tersanjung begitu populer pada tahun ’90-an dan mampu membawa emosi penontonnya menggebu-gebu dengan jalan cerita serial tersebut. Pada tanggal 19 Maret lalu, serial tersebut ditampilkan kembali melalui film layar lebar berjudul Tersanjung the Movie.

Film ini menceritakan kisah Yura (Clara Bernadeth), si gadis malang yang harus dijodohkan dengan Oka (Kevin Ardilova) oleh orang tua angkatnya.

Yura merasa sangat sedih karena dengan adanya hal itu ia harus memutuskan hubungannya dengan Christian (Giorgino Abraham) yang hilang tanpa kabar dalam hubungan jarak jauh yang mereka jalani.

Penderitaan Yura tak berhenti sampai di sini saja, bahkan ia malah diperkosa oleh Oka dan membuatnya putus asa, sehingga ia mencoba bunuh diri.

10. Tenripada

Tenripada

Film action Indonesia terbaru yang tayang pada 12 Maret 2020 ini disutradarai oleh Syahrir Arsyad Dini, dengan durasi film selama 1 jam 23 menit. Film ini menceritakan pengkhianatan yang terjadi ketika Syamsir (Reza Pahlevi) hendak melamar Melati (Jeihan Dun).

Pengkhianatan tersebut dilakukan oleh Melati yang lebih memilih pergi bersama laki-laki lain untuk menghindari Syamsir di hari lamarannya itu. Hal tersebut memunculkan pertengkaran keduanya yang sulit untuk ditengahi.

Keadaan menjadi semakin keruh dengan kehadiran Kayla (Saffanah Kayla) yang awalnya berniat menolong.

11. KKN di Desa Penari

KKN di Desa Penari

Beberapa bulan lalu, jagat media sosial digemparkan dengan adanya cerita viral mengenai KKN penuh mistis yang diadakan di Desa Penari. Cerita viral ini akhirnya diangkat menjadi film layar lebar dengan judul KKN di Desa Penari yang disutradarai oleh Awi Suryadi.

Seperti cerita viral yang beredar, film ini mengisahkan kegiatan KKN yang dilakukan sekelompok mahasiswa di desa terpencil bernama Desa Penari. Berbagai macam hal mistis dialami para mahasiswa dan membuat KKN menjadi menyeramkan.

Kejadian mistis terus terjadi dan meneror hari-hari mereka selama di desa tersebut, menjadikan pengalaman menyeramkan harus mereka alami dan meninggalkan trauma yang dalam.

12. Molulo 2: Jodohku yang Mana?

Molulo 2 Jodohku yang Mana

Molulo 2: Jodohku yang Mana? merupakan sebuah film komedi Indonesia terbaru garapan sutradara Irham Acho Bahtiar yang tayang pada 19 Maret lalu. Film ini mengisahkan kehidupan Ros (Arlita Reggiana) yang menikah dengan Tiar (Andri Arsyil) dan kemudian positif hamil.

Sampai pada suatu hari, Tiar terpaksa harus merantau ke Jakarta untuk mencari sumber penghasilan bersama kedua rekannya agar ia bisa melunasi utang-utang yang melilit keluarganya.

Bukannya ke Jakarta, justru mereka tersesat di kota Bandung yang juga mempertemukannya dengan Ayana (Alexa Key) yang berparas cantik.

13. Djoerig Salawe

Djoerig Salawe

Mengusung genre horor komedia, Djoerig Salawe menyuguhkan kisah horor Adang (Joe P Project) yang bersaing dengan Asep (Anyun Cadel) dalam pemilihan lurah. Persaingan tersebut dimenangkan oleh Adang, namun justru ia malah mengalami kebangkrutan dan sang istri pun meninggalkannya.

Sebaliknya, Asep yang kalah bersaing justru menjadi semakin kaya karena ternyata menggunakan jasa dukun. Setelah tahu apa yang menjadi sumber kekayaan Asep, Adang akhirnya mendatangi sang dukun tersebut.

Ia meminta agar bisa memenangkan togel dan bisa menjadi kaya kembali. Namun, permainan dukun yang dijalankan Adang dan Asep justru menjadikan kampung tempat tinggal mereka mengalami peneroran oleh hantu-hantu dan babi ngepet.

14. Roh Mati Paksa: Cinta Berujung Maut

Roh Mati Paksa Cinta Berujung Maut

Film produksi Super Media Pictures yang tayang 26 Maret lalu ini mengisahkan tentang sekelompok remaja yang mendapatkan teror mistis ketika tengah melakukan liburan di sebuah villa terpencil.

Teror tersebut rupanya muncul akibat Boy (Arnold Leonard) bersikap terlalu angkuh karena mempermainkan perasaan Lastri (Dea Annisa). Karena hal itu, Boy bersama 4 orang kawannya mulai mengalami kejadian yang membuat bulu kuduk merinding di villa.

Vina (Gabriella Larasati) yang tak mengalami kejadian itu mencoba untuk mencari tahu apa penyebab adanya teror-teror yang terjadi.

15. Tarung Sarung

Tarung Sarung

Menjadi film Indonesia terbaik di tahun 2020, Tarung Sarung menyuguhkan konsep film yang mengangkat budaya lokal milik suku Bugis. Tarung sarung merupakan salah satu metode yang digunakan masyaratak Bugis untuk melerai pertikaian sekaligus menjadi budaya masyarakat tersebut.

Deno Ruso (Panji Zon) yang hidup bercukupan di Ibu Kota terpaksa harus kembali ke kampung halaman atas perintah orang tuanya. Di kampungnya itu, dia justru mendapatkan perlakuan kasar dari Sanrego (Cemal Faruk) yang cemburu karena Deni dekat dengan Tenri (Maizura).

Karena kesal dan resah, Deni akhirnya memutuskan untuk mempelajari ilmu bela diri dari seorang penjaga masjid bernama Pak Khalid (Yayan Ruhiyan) yang jago berkelahi.

16. Serigala Langit

Serigala Langit

Rekomendasi selanjutnya datang dari film bergenre action yang dibintangi oleh Deva Mahendra sebagai pemeran utama yang bernama Gadhing Baskara, dengan judul Serigala Langit.

Gadhing merupakan seorang pilot tempur baru yang memiliki sifat arogan. Sifatnya itulah yang menjadi penyebab ia jarang bekerja sama dengan kesatuan tentara dan lebih memilih bekerja secara individual.

17. Malik & Elsa

Malik & Elsa

Film Indonesia terbaru  Malik & Elsa yang diangkat dari novel karya Boy Chandra ini berisi tentang kisah Malik (Endi Arfian) yang menjalin kisah cinta dengan Elsa (Salshabilla Adriani).

Hubungan mereka menjadi dekat setelah awalnya hanya bermain tebak-tebakan bersama. Namun, ibu Elsa yang tidak setuju membuat hubungan asmara keduanya terhalang.

18. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Film ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang kurang menyukai genre romance atau bosan dengan genre tersebut. Diceritakan bahwa Alfie (Chelsea Islan) dan Nara (Hadijah Shahab) dua tahun lalu mengalami teror mengerikan dari iblis.

Setelah lepas dari teror itu, mereka mencoba untuk melanjutkan hidup, namun mimpi buruk yang selalu menghantui Alfie mengenai sosok yang bangkit untuk menjemput nyawanya menjadi kenyataan di kemudian hari.

19. Milea: Suara dari Dilan

Milea Suara dari Dilan

Mile: Suara dari Dilan merupakan lanjutan kisah dari Dilan dan Milea di film sebelumnya yang begitu heboh diperbincangkan masyarakat tanah air.

Film yang tayang pada 13 Februari lalu ini mengambil sudut pandang dari Dilan yang menampilkan cerita yang belum ada di film sebelumnya.

20. Toko Barang Mantan

Toko Barang Mantan

Film romantis rupanya masih mendominasi sebagai film favorit generasi millenial di Indonesia. Salah satu film romantis yang bisa kamu tonton adalah Toko Barang Mantan.

Dibintangi oleh aktor kondang, Reza Rahardian, yang beradu akting dengan Marsha Timothy, film ini menyajikan cerita yang membuat penonton merasa baper.

Dikisahkan bahwa Tristan (Reza Rahardian) sebelumnya memiliki mantan kekasih bernama Laras (Marsha Timothy). Setelah putus, Tristan mengembangkan toko jual-beli barang mantan yang bahkan membuatnya harus berhenti kuliah.

Namun, perasaan ingin “move on” dari sang mantan justru luntur ketika sang mantan mendatangi tokonya untuk menjual cincin tunangannya.

21. Nikah Yuk!

Nikah Yuk!

Di tahun 2020 ini rupanya didominasi oleh film bergenre drama, seperti salah satunya adalah film Nikah Yuk!. Nikah Yuk! berkisah tentang Arya (Marcel Darwin) seorang fotografer yang menolak permintaan orang tuanya yang menginginkan ia menikah muda.

Namun, penolakannya mendadak jadi bimbang ketika ia bertemu dengan Lia (Yuki Kato) yang merupakan seorang komikus.

22. Dignitate

Dignitate

Sosok Al Ghazali sebagai Alfi yang bersikap dingin dan galak mampu menyuguhkan akting memukau bersama lawan mainnya, Caitlin Halderman, dalam film berjudul Dignitate.

Film yang tayang 23 Januari lalu ini menceritakan kisah Alfi yang merupakan anak SMA yang menjadi idola di sekolahnya meski sifatnya buruk.

23. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

NKCTHI yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya Marcella FP ini diakui sebagai film yang mampu membuat penonton ikut hanyut ke dalam alur cerita.

Karena kemampuannya ini, film yang tayang 2 Januari ini sukses mendapatkan jumlah penonton hingga 1,9 jutaan orang.

Hadirnya aktor dan aktris pendatang baru di industri perfilman Indonesia membawa angin segar pada film. Namun, beberapa rekomendasi film Indonesia terbaru yang dibintangi aktor senior juga tak kalah bagusnya.