Home » Hiburan » Film Indonesia » 15 Rekomendasi Film Indonesia 2017 Terbaik Sepanjang Masa

15 Rekomendasi Film Indonesia 2017 Terbaik Sepanjang Masa

Jejak film domestik Indonesia mulai bergairah kembali sejak 2016. Walaupun pada tahun sebelumnya juga sudah mulai bermunculan film-film dalam negeri, namun belum terlalu membuat publik merasa antusias. Saat ini gairah film Indonesia 2017 semakin menggeliat dan dilirik oleh masyarakat.

Menurut data yang didapatkan, selama rentang tahun 2017 ini berhasil menjual total lebih dari 20 juta tiket.

Bisa dihitung total pendapatan yang masuk mencapai lebih dari Rp 740 miliar. Perolehan yang sangat menarik dibanding pada tahun sebelumnya.

15 Rekomendasai Film Indonesia 2017 Terbaik

Selama kurun waktu 2017, berdasarkan data situs film Indonesia telah tercatat 113 film bioskop Indonesia 2017 yang di produksi.

Dari sekian banyak film tersebut, terdapat 15 film yang menjadi film Indonesia terlaris 2017. Hal ini dilihat dari banyaknya penonton yang membeli tiket film tersebut.

1. Pengabdi Setan

Film 2017 Pengabdi Setan

Film horor yang disutradarai oleh Joko Anwar ini, mampu menyedot lebih dari 4,2 juta penonton dan masuk dalam film horor Indonesia 2017 yang paling laris. Pengabdi Setan yang tayang saat ini merupakan film yang dibuat ulang dari versi Pengabdi Setan tahun 1980.

Pengabdi Setan ini mengangkat kisah tentang Rini (Tara Basro) yang berusaha untuk menyembuhkan ibunya yang sakit.

Namun, upayanya gagal karena sang Ibu meninggal. Cerita berlanjut dengan munculnya teror di rumah Rini yang menyerupai mendiang ibunya.

Selama film berlangsung, kamu akan disuguhkan cerita perjalanan Rini untuk membongkar misteri kematian sang ibu. Dari sinilah diketahui bahwa sang ibu pada semasa hidup adalah pengabdi setan.

2. Warkop DKI Reborn

Warkop DKI Reborn

Masih ingat dengan cerita klasik Warkop DKI. Kali ini sang sutradara Anggy Umbara, mendaur ulang kisah film Warkop DKI terdahulu menjadi suguhan yang unik.

Masih mengisahkan tentang kekompakan dan kekonyolan trio Dono, Kasino, dan Indro melalui versi yang lebih segar.

Pemeran film ini adalah Abimana Aryasatya, Tora Sudiro, dan Vino Bastian, mampu menghidupkan peran dengan sangat baik.

Film ini mampu mencetak lebih dari 4,8 juta penonton. Walaupun bukan tokoh asli, namun film ini tetap menjadi incaran para penikmat film layar lebar.

3. Danur: I Can See Ghost

Danur I Can See Ghost

Perjalanan kisah film ini dimulai dari Risa (Prilly Latuconsina) yang berteman dengan 3 hantu anak laki-laki. Elly, ibu Risa, sering melihat keanehan dari putrinya tersebut.

Seiring waktu berjalan akhirnya Elly memindahkan Risa ke rumah neneknya agar tidak bertemu teman hantunya lagi.

Dirumah tersebut Risa ditemani oleh Riri dan Andri, sepupunya. Namun, selama tinggal di rumah nenek, banyak kejadian aneh menimpa.

Beberapa waktu kemudian Riri hilang, terpaksa Risa memanggil teman hantunya untuk mencari keberadaan Riri.

Film horor ini memiliki kelebihan dibanding film horor lainnya. Pelajaran tentang tidak semua hantu adalah jahat, menjadi ending yang baik. Capaian film ini juga cukup besar dengan jumlah penonton lebih dari 2,7 juta penonton.

4. Jailangkung

Jailangkung

Jailangkung adalah film proyek bersama antara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani, yang sebelumnya telah berkolaborasi membuat film Jelangkung pada tahun 2001. Kisahnya masih berpusat tentang boneka yang digunakan sebagai ritual pemanggil arwah.

Film ini diproduksi oleh Screenplay Pictures dan Legacy Pictures dengan pemain utamanya Jefri Nichol berpartner dengan Amanda Rawles. Selama tayang film ini mampu meraih lebih dari 2,5 juta penonton.

Kisah dimulai dari keinginan Bella (Amanda Rawless) yang ingin menemukan teka-teki peristiwa yang menimpa ayahnya.

Dengan bantuan Rama (Jefri Nichol) dan Capt Wardana, menggunakan jailangkung untuk mengungkapnya, namun justru membahayakan nyawa mereka.

5. Surga yang Tak Dirindukan

Surga Yang Tak Dirindukan

Film Indonesia romantis 2017 ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul Surga yang Tak Dirindukan karya Asma Nadia.

Film ini adalah sekuel dari film sebelumnya. Ceritanya adalah kelanjutan kisah kehidupan Arini, Pras, dan juga Meirose tentang poligami.

Karya dari kolaborasi sutradara terkenal Hanung Bramantyo dan Reza Rahadian ini, mampu menembus angka 1,63 juta tiket terjual. Perolehan ini lebih tinggi dibandingkan pencapaian pada film yang pertama.

6. The Doll 2

The Doll 2

Film The Doll 2 merupakan sekuel dari The Doll terdahulu. Masih dengan tim produksi yang sama, namun pada kisahnya kali ini memusatkan pada tokoh yang lain.

Dibintangi oleh Luna Maya dan Herjunot Ali, The Doll 2 mampu meraup lebih dari 1,2 juta penonton.

Kisah yang diangkat pada film ini adalah tentang sepasang suami istri yang sedang berduka atas kematian anaknya. Secara tiba-tiba arwah anak tersebut datang dengan tujuan membereskan konflik yang ada di keluarganya.

7. Mata Batin

Mata Batin

Masih dari genre horor, kehadiran Mata Batin memberikan sensasi horor pada para penontonnya.

Film ini merupakan karya Rocky Soraya bersama Hitmaker Studios. Selama masa tayangnya tahun 2017, Mata Batin telah ditonton oleh lebih dari 1,13 juta penonton.

Alur kisah film Indonesia 2017 terlaris ini adalah tentang kakak beradik yang telah yatim piatu. Kedua anak tersebut tinggal di rumah lama.

Sang adik yang memiliki kemampuan melihat makhluk gaib meyakini, bahwa rumah tersebut dihuni oleh makhluk gaib.

8. Critical Eleven

Critical Eleven

Film ini berdasarkan sebuah novel karya Ika Natassa dengan judul Critical Eleven. Pemeran utama film ini adalah Reza Rahadian dan Adinia Wirasti.

Disutradarai oleh Monty Tiwa, film naungan Starvision Plus dan Legacy Pictures, mampu menembus 881 ribu penonton selama masa tayang.

Critical Eleven ini mengambil kisah tentang perjalanan cinta Ale dan Anya. Pertemuan mereka berawal dari perjalanan yang tanpa sengaja bertemu di pesawat. Romansa cinta cinta mereka penuh dengan kisah unik hingga ke kehidupan pernikahan yang mereka jalani.

9. London Love Story 2

London Love Story 2

Salah satu film yang banyak diminati oleh para remaja adalah London Love Story, mungkin kamu juga masih ingat film pertama mereka.

Ya, London Love Story 2 merupakan sekuel dari film pertamanya. Tim yang menggarap juga masih sama dengan LLS pertama.

Cerita cinta sebagai alur utama film romantis Indonesia 2017 ini, adalah tentang perjalanan asmara Michelle Zudith dan Dimas Anggara dalam mempertahankan cinta sejatinya. Film ini mengambil lokasi syuting di Indonesia dan Eropa.

Lika liku asmara yang mereka alami mampu menguras perasaan bahkan air mata. Di LLS 2 ini kamu akan lebih dimanjakan oleh konflik hati yang terjadi, antara berjuang atau menyerah. Endingnya bisa kamu lihat langsung di film tersebut, ya.

10.  Insya Allah Sah

Insya Allah Sah

Genre film komedi Indonesia terbaru 2017 mulai muncul dari hadirnya film Insya Allah Sah.

Setelah dirilis pada 25 Juni 2017, film ini mampu memberikan nuansa baru di industri perfilman tanah air. Sutradara yang menggarap film ini adalah Benni Setiawan, produksi MD Pictures.

Film ini diangkat dari novel karya Achi TM dengan judul yang sama. Didukung dengan artis tanah air yang cukup terkenal, seperti Titi Kamal, Pandji Pragiwaksono, dan Richard Kyle. Alur ceritanya tentang perjalanan kehidupan Silvi (Titi Kamal).

Kisah ini bermula dari Silvi yang terjebak di dalam lift ketika akan mengunjungi Dion, tunangannya.

Ketika panik, Silvi bernazar akan menjadi wanita muslimah jika bisa keluar dari lift dengan selamat. Kebetulan saat itu ada Raka yang digambarkan sebagai orang yang lugu dan religious.

Setelah Silvi mengucapkan nazarnya, pintu lift langsung terbuka. Sejak kejadian itu Raka selalu muncul di kehidupan Silvi untuk mengingatkan akan nazar yang telah diucapkan. Silvi juga mengalami banyak musibah, hingga Raka selalu datang menyelamatkannya.

11.  Surat Cinta untuk Starla

Surat Cinta Untuk Starla

Surat Cinta untuk Starla ini merupakan film drama Indonesia 2017 yang hadir untuk para remaja. Bintang utamanya adalah Jefri Nichol dan Caitlin Halderman.

Karya yang diangkat dalam film ini terinspirasi dari lagu Virgoun, vokalis Last Child, yang berjudul Surat Cinta untuk Starla.

Sebelum film ini muncul, lagu tersebut sudah merebut hati para pendengarnya, hingga dibuatlah versi film yang tidak kalah seru. Alur ceritanya adalah kisah cinta dari seorang cowok bernama Hema.

Hema adalah orang yang sangat terobsesi dengan alam, namun cara mengekspresikannya unik yaitu dengan membuat mural.

Suatu saat Hema bertemu dengan Starla, seorang gadis cantik yang membuat jatuh cinta hanya dalam waktu 6 jam.

Semakin lama mereka bersama, tiba-tiba Starla berubah dan meminta Hema melupakan semuanya.

Akhirnya Hema mengetahui alasan Starla berubah, hal ini karena masa lalu keluarganya. Kisahnya belum berakhir sampai di situ, karena Hema masih berjuang untuk Starla.

12.  Susah Sinyal

Susah Sinyal

Film ini sebenarnya adalah film komedi romantis 2017 yang disutradarai oleh Ernest Prakasa.

Alur ceritanya tentang seorang Ellen (Adinia Wirasti) yang berprofesi sebagai pengacara sukses. Namun, hal tersebut justru menghilangkan waktu bersama anak tunggalnya Kaira (Aurora Ribero).

Kaira tumbuh menjadi remaja yang suka memberontak. Satu-satunya orang yang menemani Kaira adalah neneknya, Agatha (Niniek L.Karim). Hingga suatu ketika sang nenek meninggal. Hal ini membuat psikis Kaira terguncang.

Ellen mengajak Kaira untuk berlibur ke Sumba agar hubungan keduanya lebih membaik. Selama liburan mereka menjadi lebih dekat dan bahagia.

Ketika selesai liburan Ellen berjanji akan hadir pada talent show yang diikuti oleh Kaira. Namun, Ellen lupa karena sibuk.

13.  Ayat-Ayat Cinta 2

Ayat-Ayat Cinta 2

Kehadiran film Ayat-Ayat Cinta 2 ini menjadi salah satu film Indonesia 2017 terbaik yang mampu menyedot jutaan penonton.

Film ini adalah sekuel dari Ayat-Ayat Cinta yang telah tayang sebelumnya. Pemeran film ini antara lain Fedi Nuril, Tatjana Saphira, dan Chelsea Islan.

Kisahnya bermula dari Fahri (Fedi Nuril) yang harus hidup sendirian di Edinburgh. Dia hanya ditemani oleh Hulusi (Pandji Pragiwaksono). Saat itu adalah 7 tahun hilangnya Aisha yang sebelumnya menjadi sukarelawan di Gaza.

Ketegangan muncul ketika muncul sosok Hulya yang bersedia menggantikan peran Aisha dalam hidup Fahri.

Selama 7 tahun Fahri menunggu Aisha dalam ketidakpastian, masih ragu untuk menerima kehadiran Hulya, termasuk Sabina yang sebenarnya adalah Aisha.

14.  Sweet 20

Sweet 20

Sweet 20 termasuk dalam film Indonesia 2017 drama komedi yang cukup apik. Berkisah tentang sosok nenek Fatmawati (Niniek L Karim) yang bersedih, karena anaknya akan memasukkannya ke panti jompo.

Aditya (Lukman Sardi) tega melakukannya karena konflik dengan istri dan anaknya.

Nenek Fatmawati berjalan tak tentu arah hingga sampai di studio Forever Young. Nenek ingin membuat foto dirinya untuk dipakai pada waktu pemakaman. Tertarik dengan kata-kata sang fotografer yang akan membuatnya menjadi seperti usia 20 tahun.

Dari sinilah petualangan dimulai. Nenek Fatmawati merubah dandanannya dan mengganti namanya. Aditya kebingungan mencari sang ibu, apalagi sosoknya telah berubah lebih muda 50 tahun. Bahkan penampilannya mampu memikat banyak cowok muda.

15.  Surat Kecil untuk Tuhan

Surat Kecil untuk Tuhan.

Film Indonesia 2017 ini diangkat dari novel Surat Kecil untuk Tuhan. Bintang papan atas yang main di film ini antara lain Joe Taslim, Bunga Citra Lestari, Aura Kasih, Ben Joshua, Susan Bachtiar, Maudy Koesnaedi, Jeroen Lezer, dan Chew Kin Wah.

Kisah yang diangkat oleh film ini lebih kepada faktor kemanusiaan. Alur ceritanya adalah tentang perjalanan hidup kakak beradik yang terjebak dalam sindikat pengemis jalanan. Mereka dipaksa untuk menjadi mesin uang di jalanan.

Pada suatu ketika, Angel, sang adik mengalami kecelakaan dan ditinggal begitu saja di rumah sakit. Saat itulah Angel kehilangan kakaknya, Anton.

Mereka terpisah hingga 15 tahun lamanya. Angel diangkat oleh seseorang dan mengajaknya hidup di Sydney hingga tumbuh menjadi wanita pandai.

Martin, seorang dokter muda mengajak Angel untuk menikah. Namun, Angel masih dihantui oleh masa lalunya dan masih memikirkan Anton. Hingga dia memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk mencari keberadaan kakaknya.

Sepanjang tahun 2017 memang menjadi tahun yang kaya akan film nasional. Kamu bahkan bisa memanjakan mata dengan melihat aneka pilihan film dengan genre yang berbeda. Hadirnya film Indonesia 2017 ini menjadi sebuah pernyataan bahwa film lokal semakin banyak diminati oleh pasar.

Leave a Comment