Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Bikin Flashback, Inilah 12 Drama Korea Terbaik Tentang Sekolah

4 min read

Drama Korea Tentang Sekolah

Drama korea yang mengangkat cerita anak sekolah memang jadi salah satu tema yang diminati banyak orang.

Tak hanya fokus pada kisah percintaan, drakor sekolah memiliki alur cerita yang beragam. Mulai dari persahabatan, impian, tekanan orang tua yang ambisius, sampai isu-isu sensitif seperti bullying.

Nah buat kamu yang menyukai cerita semacam ini, berikut rekomendasi drama korea tentang sekolah terbaik yang wajib masuk list tontonanmu.

1. How To Buy A Friend

How To Buy A Friend

How To Buy A Friend bercerita tentang dua siswa yang dulunya saling bully tiba-tiba menjadi akur karena memiliki kepentingan yang saling menguntungkan.

Mereka adalah Park Chan Hong (Lee Shin Young), seorang siswa yang hidupnya biasa-biasa saja dan Heo Don Hyuk (Shin Seung Ho), si petarung sekolah yang legendaris.

Suatu hari Chan Hong menulis sebuah puisi yang menarik perhatian Don Hyuk. Keduanya lalu membuat sebuah “persahabatan kontrak” yang penuh rahasia.

Serial drama How To Buy A Friend hanya memiliki 8 episode. Cocok banget buat kamu yang nggak suka drama korea panjang dengan banyak episode yang membingungkan.

2. Class of Lies

Class of Lies

Bukan tentang cinta-cintaan, Class of Lies merupakan drama korea misteri sekolah yang menceritakan tragedi pembunuhan siswa SMA elit.

Untuk mengungkap kejahatan yang terjadi, seorang pengacara menyamar menjadi guru sementara demi menyelidiki murid-murid disana.

Dari penyelidikan yang ia lakukan, sang pengacara menemukan banyak sekali rahasia kotor mulai dari bullying, pemalsuan nilai, aksi suap, sampai tindakan prostitusi.

Kira-kira, berhasil nggak ya si pengacara menemukan pelaku pembunuhan sebenarnya?

3. Love Alarm

Love Alarm

Love Alarm merupakan drama korea sekolah romantis yang menyajikan kisah cinta manis dan bisa membuat penontonnya senyum-senyum sendiri.

Drama ini menceritakan sebuah aplikasi pendeteksi cinta yang akan berdering dan memberi notifikasi jika ada orang yang menyukai penggunanya dalam radius 10 meter.

Tak hanya menarik dari segi cerita, visual drama Love Alarm juga sangat memanjakan mata karena didominasi warna-warna pastel yang adem.

Drama yang dibintangi Kim So Hyun, Song Kang, dan Jung Ga Ram ini hanya memiliki 8 episode dengan durasi tayang 42-56 menit untuk setiap episodenya.

4. Moment At Eighteen

Moment At Eighteen

Drama korea sekolah yang rilis tahun 2019 ini semakin populer berkat partisipasi salah satu member Wanna One, yaitu Ong Seong Wu.

Di Moment At Eighteen, Ong Seong Wu berperan sebagai tokoh utama bernama Choi Joon Wo. Choi Joon Wo adalah siswa berusia 18 tahun yang hidup serba kekurangan. Ia juga mendapat tekanan untuk selalu menjadi sosok anak baik di sekolahnya.

Serial drama Moment At Eighteen mengangkat permasalahan umum anak remaja soal keluarga, persahabatan, pendidikan, dan cinta.

Tak hanya memiliki alur cerita yang menarik, drama ini juga bikin penonton flashback dengan kenangan masa-masa SMA.

5. Sky Castle

Sky Castle

Sky Castle menjadi serial drama korea sekolah terbaik yang berhasil meraih rating tertinggi pada masa tayangnya.

Drama yang rilis tahun 2018 ini bercerita tentang sekumpulan orang kaya yang tinggi di kawasan elit bernama Sky Castle.

Para keluarga kaya tersebut punya ambisi besar agar anak-anaknya dapat diterima di Universitas terbaik di Korea.

Mereka menghalalkan segala cara demi mendapatkan nilai yang baik bagi anak-anaknya, mulai dari menyewa guru privat sampai melenyapkan nyawa siapapun yang dianggap sebagai penghalang.

6. The Heirs

The Heirs

Masih tentang kehidupan anak-anak konglomerat, The Heirs menceritakan kisah cinta antara si miskin dan si kaya.

Perbedaan kasta sosial dan status tentu menjadi menjadi penghalang yang membuat perjalan mereka tidaklah mudah.

Drama yang dibintangi oleh Lee Min Ho dan Park Shin Hye ini juga mengangkat konflik seputar sekolah, persahabatan, dan cinta segitiga.

Kalau kamu menyukai drama korea romantis bertemakan sekolah, maka The Heirs wajib masuk list tontonanmu.

7. Who Are You : School 2015

Who Are You School 2015

Who Are You : School 2015 menceritakan dua gadis kembar bernama Lee Eun Bi dan Go Eun Byul. Meski berwajah sama, mereka memiliki sifat dan karakter yang jauh berbeda.

Go Eun Byul adalah gadis populer di sekolah, sementara Lee Eun Bi adalah gadis lemah yang selalu di bully oleh teman-teman di sekolahnya.

Sampai sebuah insiden membuat Eun Bi dan Eun Byul bertukar nasib. Eun Byul menghilang secara misterius, sedangkan Eun Bi mengalami amnesia.
Tanpa disadari, Eun Bi menjalani hidup sebagai Eun Byul, baik dirumah maupun disekolah.

Dari situlah Eun Bi bertemu teman-teman Eun Byul seperti Gong Tae Kwang (Yook Sungjae BTOB) dan Han Yi An (Nam Joo Hyuk). Apakah akhirnya identitas Eun Bi terungkap?

8. School 2017

School 2017

School 2017 bercerita tentang para murid SMA yang berusaha mengatasi tekanan dari sekolah, ditambah tuntutan orang tua yang menginginkan anaknya masuk ke Universitas ternama.

Pertama ada Ra Eun Ho (Kim Sejeong), siswi yang dikenal ceria meski nilainya kurang bagus. Dengan kemampuan menggambarnya, ia bertekad masuk ke Universitas yang sama dengan orang yang disukainya.

Lalu ada Song Dae Hwi (Jang Dong Yoon), siswa cerdas yang selalu menempati peringkat satu namun tidak memiliki cukup uang untuk melanjutkan ke Universitas impiannya.

Terakhir ada Hyun Tae Woon (Kim Jung Hyun), putra direktur sekolah yang sangat menikmati masa mudanya untuk menyembunyikan luka yang ia miliki.

Penasaran dengan kisah mereka? Langsung aja nonton serial drama School 2017 dengan 16 episode.

9. Reply 1997

Reply 1997

Sama seperti serial Reply lainnya, Reply 1997 membawa penonton bernostalgia tentang kehidupan anak SMA di tahun 1997.

Drama yang dibintangi Eunji Apink ini bercerita tentang Shi Won, seorang siswi SMA yang tergila-gila pada salah satu personil boyband H.O.T bernama Tony Ahn.

Bagi Shi Won, idolanya adalah segalanya. Ia bahkan rela membolos sekolah demi menonton konser H.O.T dan bertemu dengan idolanya.

Dimasa itu, industri Kpop tengah bangkit dan menjadi awal mula majunya musik Kpop seperti sekarang.

10. Dream High

Dream High

Dream High menceritakan kisah sekumpulan anak SMA yang berjuang meraih mimpinya menjadi idola remaja.

Meski banyak tantangan yang harus dihadapi, mereka tak pernah merasa patah semangat dan putus asa.

Selain memiliki alur cerita yang menarik, Dream High menjadi drama korea musikal yang akan menghibur penonton dengan tarian dan nyanyian yang dibawakan para pemain.

Drama yang tayang pada tahun 2012 ini dibintangi sederet idol populer seperti Taecyeon, Bae Suzy, IU, Wooyoung 2PM, Eunjung T-Ara, dan aktor Kim Soo Hyun.

11. School 2019 : Best Mistake

School 2019, Best Mistake

School 2019 : Best Mistake menceritakan kisah seorang siswi bernama Kim Yeon Doo yang mengaku punya pacar dan mengunggah foto seorang pria tampan yang ia gunakan sebagai pacar palsunya.

Hal itu ia lakukan untuk menghindari teman yang menyukainya dan selalu mengganggunya. Masalahnya, foto yang Yeon Doo posting adalah foto Ji Hyun Ho, seorang siswa populer yang sering bermasalah di sekolahnya.

Sama seperti serial drama school lainnya, School 2019 : Best Mistake juga mendapat cukup banyak perhatian dan berhasil meraih rating tinggi.

Sangat layak masuk list drama korea sekolah 2019 yang wajib kamu tonton saat waktu luang.

12. Extracurricular

Extracurricular

Berbeda dengan drama sekolah sebelumnya, Extracurricular bercerita tentang Ji Soo (Kim Dong Hee), siswa SMA yang bekerja paruh waktu menjadi mucikari demi mendapat uang tambahan.

Di sekolah, Ji Soo dikenal sebagai siswa berprestasi. Rajin sekolah, selalu mengerjakan tugas, dan selalu mendapat nilai yang memuaskan. Nyatanya, dia menyimpan rahasia besar dibalik itu semua.

Teman-teman dekat Ji Soo sebenarnya mengetahui pekerjaan yang dia lakukan, namun mereka merahasiakannya agar perbuatan Ji Soo tidak diketahui polisi.

Awalnya semua berjalan mulus, hingga suatu hari seorang siswi mulai curiga dan mencari tahu pekerjaanya. Apakah Ji Soo bisa menutupi rahasianya selamanya?

Nah, itulah rekomendasi drama korea sekolah yang wajib kamu tonton. Jadi dari deretan drama di atas, mana nih yang menarik perhatianmu?

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *