Home » Inspirasi » Rumah » 7 Contoh Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit, Estetik !

7 Contoh Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit, Estetik !

Bergaya.ID – Desain rumah 2 lantai di lahan sempit ini menjadi inspirasi bagi Kamu yang bingung bagaimana membangun rumah impian di lahan terbatas. Sebenarnya, ukuran lahan bukan menjadi faktor utama dalam mewujudkan rumah idaman.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan lahan sempit, bahkan membuatnya terlihat lebih lega. Salah satunya dengan membuat desain rumah sedemikian rupa sesuai lahan dan kebutuhan ruang.

7 Desain Rumah 2 Lantai di Lahan Rumah

1. Rumah Simpel dan Mungil

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Di Lahan Sempit

Rumah ini memiliki desain umum atau layaknya rumah yang biasa kita jumpai. Tidak ada desain khusus. Dengan desain yang sederhana ini, rumah memiliki teras yang cukup untuk menampung mobil Kamu.

Rumah yang berukuran mungil akan lebih baik memiliki interior yang berukuran kecil dan jumlahnya tidak terlalu banyak agar tidak memenuhi ruangan mungil ini.

Lantai dua tidak memiliki balkon, melainkan dua jendela saja untuk sirkulasi udara yang lancar. Meskipun berdiri di lahan yang sempit, bagian kanan dan kiri rumah dipenuhi semak dan pepohonan sehingga udaranya terasa makin segar.

2. Rumah Mungil tapi Menawan

Desain Rumah Lahan Sempit Memanjang 2 Lantai

Siapa bilang lahan sempit tidak bisa menghasilkan rumah idaman? Desain rumah 2 lantai di lahan sempit ini membuktikan bahwa lahan sempit bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah yang modern dan elegan.

Bagian teras depan yang luas, cukup untuk parkir mobil dan kendaraan Kamu. Desainnya juga cenderung modern dengan lampu taman di dinding yang membuat tampilan rumah makin berkelas. Warna netral pada dinding juga membuatnya terlihat mewah.

3. Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Rumah Minimalis di Lahan Sempit

Rumah berdesain minimalis menjadi pilihan terbaik untuk memanfaatkan lahan sempit yang Kamu miliki. Meskipun terlihat sederhana dan simple, desain rumah ini juga terbilang modern, bahkan digandrungi oleh banyak kalangan muda.

Contoh desain rumah minimalis di lahan sempit memang sudah banyak, tapi tidak ada salahnya Kamu menambahkan desain khas dari rumah ini sebagai inspirasi. 

Bagian teras dibuat lebih lega agar muat untuk tempat parkir mobil atau motor. Dinding berwarna putih dan kaca transparan yang memenuhi dinding rumah membuatnya terlihat lebih luas. Apalagi saat ditambahkan pepohonan hijau yang asri di teras rumah.

4. Rumah Mungil Bertemakan Tropis

Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Dengan Lahan Sempit

Lahan yang sempit terkadang membuat udara di dalam rumah menjadi lebih pengap. Namun, ada cara yang bisa dilakukan untuk membuatbudara rumah terasa segar, yaitu dengan membangun rumah bertemakan tropis.

Rumah minimalis yang didominasi dengan warna putih ini terlihat makin menyegarkan dengan pepohonan serta rumput hijau di teras rumah dan balkon. Pintu rumah yang berwarna cokelat dan bebatuan pada dinding membuat rumah terasa lebih alami.

5. Rumah Sempit yang Estetik

Rumah Minimalis 2 Lantai Di Lahan Sempit

Rumah sempit bukan berarti menghalangi langkah kita untuk memberikan aksen estetik. Misalnya saja pada desain rumah yang satu ini di mana Kamu bisa membangun rumah estetik dan unik di lahan yang terbatas.

Gambar rumah di atas bisa menjadi gambaran bagaimana membangun rumah yang unik di lahan yang sempit. Jadi, seberapapun lahan yang Kamu miliki masih bisa disiasati dengan baik dan menghasilkan rumah idaman.

Meskipun terdiri dari dua lantai, tapi tidak terlihat batas rumah yang memisahkan lantai 1 dengan lantai 2. Hanya saja, Kamu bisa melihat warna dinding rumah yang berbeda di mana dinding lantai 2 memiliki warna tosca pastel, sedangkan bawahnya putih.

6. Rumah Minimalis Kontemporer

Gambar Rumah 2 Lantai Di Lahan Sempit

Rumah minimalis 2 lantai ini bisa menjadi pilihan saat Kamu memiliki lahan yang sempit. Desain rumah 2 lantai di lahan sempit dibuat kontemporer, tapi tetap memiliki kesan modern layaknya rumah kekinian yang diminati oleh kalangan anak muda zaman sekarang. 

Permainan garis-garis beraturan pada lantai teras rumah memberikan daya tarik tersendiri, apalagi dengan ukuran pintu yang lebar membuat sirkulasi udara dan sistem pencahayaannya lebih lancar sehingga suasana di dalam rumah menyegarkan.

7. Rumah dengan Gaya Cottage

Rumah 2 Lantai Di Lahan Sempit

Jika Kamu bosan dengan desain rumah yang minimalis dan sederhana, tidak ada salahnya memberikan sentuhan gaya cottage pada rumah idaman Kamu. Desain rumah 2 lantai di lahan sempit ini sangat cocok dengan suasana di pantai.

Apalagi dengan pintu dan jendela rumah yang terbuat dari kaca transparan berukuran besar sehingga Kamu bisa melihat pemandangan indah di pantai atau luar rumah. Jangan lupa untuk menyisakan sedikit ruang pada teras rumah untuk duduk bersantai.

Meskipun tidak berada di kawasan pantai, Kamu juga bisa membangun rumah dengan gaya cottage agar suasana rumah terasa seperti sedang liburan. Desain ini cocok bagi Kamu yang suka traveling, khususnya di pantai. 

Bagi Kamu yang ingin membangun rumah, beberapa desain yang sudah kita bahas di atas bisa menjadi referensi atau inspirasi. Kamu tinggal memilih desain rumah 2 lantai di lahan sempit mana yang cocok dengan keinginan dan budget yang dimiliki.

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x