Ada beberapa perusahaan yang membuat persyaratan bahwa surat lamaran kerja yang dikirim harus berupa bahasa Inggris. Nah, kamu harus mempelajari isi dari contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris, dan perhatikan gimana cara buatnya.
Membuat surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris emang gak mudah, apalagi kalau kamu emang belum fasih berbahasa Inggris. Tapi kamu bisa bikin lamaran kerja bahasa Inggris yang simple, singkat dan bisa juga dilengkapi dengan artinya.
3 Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Baik dan Benar
Ketika kamu bikin contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris tentunya ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan. Kamu juga harus mengaplikasikan aspek tersebut dengan cara yang benar.
Misalnya saat membuat surat lamaran kerja bahasa Inggris untuk sekretaris atau fresh graduate, buat kalimat yang sopan dan sesuai dengan aturan. Berikut ini beberapa tips dalam membuat contoh surat lamaran kerja dalam bahasa Inggris:
1. Pilih Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris yang Singkat, Padat dan Jelas Sebagai Referensi
Misalnya saat mulai membuat surat lamaran kerja, usahakan untuk bikin kalimat yang jelas dan nggak bertele-tele. Surat lamaran kerja yang isinya informasi yang padat, singkat dan jelas adalah contoh surat lamaran kerja yang baik.
Dalam bahasa Inggris atau dalam bahasa Indonesia sama saja, jangan buat kalimat yang bertele-tele.
Unsur-unsur yang harus kamu tuliskan di dalam surat lamaran yaitu:
- Nama
- Usia
- Posisi pekerjaan
- Keterampilan/keahlian
- Pengalaman dalam bekerja
Unsur itulah yang ngebedain surat lamaran kamu dengan surat lamaran yang dikirim oleh calon kandidat lainnya.
2. Perhatikan Grammar
Kamu bisa lihat di dalam contoh surat lamaran kerja bahasa Inggris yang baik dan benar. Tentu di dalamnya terdapat grammar yang tepat. Tata bahasa di dalam bahasa Inggris beda dengan tata bahasa di dalam bahasa Indonesia.
Jadi saat kamu merangkai kalimat dalam bahasa Inggris yang benar, kamu harus pelajari lagi tata bahasannya dari awal. Gunakan situs pemeriksa grammar kalau bahasa Inggris kamu belum fasih. Situs itu akan bantu kamu dalam mengoreksi grammar yang salam di dalam surat tersebut.
Nama-nama situs yang bis bantu kamu dalam mengoreksi grammar diantaranya yaitu:
- Online Correction
- Grammarly
- Slick Write
- Becorrect
- Ginger Online, dan masih banyak lagi.
3. Perhatikan Cara Penulisan Tanggalnya
Ada dua versi cara menulis tanggal dengan menggunakan Bahasa Inggris, yaitu dengan memakai American English atau British English. Nah, untuk British English letakkan tanggal di bagian kanan atas. Tepatnya di bawah alamat pengirim yang diletakkan di kanan atas juga.
Untuk penulisan tanggal dengan British English tambahkan juga St, Nd, Rd, atau Th di bagian awalnya. Hal itu menunjukkan ordinat number pada penulisan tanggal. Setelah tanggal itu tambahkan juga Of, nama bulan, koma, kemudian tahunnya.
Untuk penulisan tanggal dengan memakai American English, letakkan di sebelah kiri atas sebelum penulisan alamat surat. Alamat pengirim surat itu letaknya juga di sebelah kiri.
Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris
1. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Hotel
November 16, 2020
Attention to:
The Head of Personnel
Novotel Suite
Yogyakarta
Dear Sir,
Based on the online advertising information on October 28, 2020 about an available job as receptionist at Novotel Suite Yogyakarta, I volunteer to fill the role.
I have completed the undergraduate program in tourism and hospitality at Yogyakarta Tourism School and I believe that I have the ability that is required for this job.
My current age is 24 years old and I have the experience of working in a state-owned hotel. I am also a fluent speaker of English and capable of operating the internet and computer properly.
I enclose my personal data for your consideration.
- Name : Yuniar Iskandar
- Place/date of birth : Yogyakarta, April 4, 1996
- Address : Mergangsan No. 8 Yogyakarta
- Phone number : 0813 2456 7890
- Last Education : S1 in Tourism and Hospitality
- Status : Not Married
I look forward to hear from you soon and I am available for the interview at your convenience.
Sincerely yours,
Yuniar Iskandar
Terjemahan Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Hotel
16 November 2020
Kepada:
Kepala Bagian Personalia
Novotel Suite
Yogyakarta
Dengan hormat,
Berdasarkan informasi dari iklan online pada tanggal 28 Oktober 2020 mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia sebagai resepsionis di Hotel Novotel Suite Yogyakarta, saya ingin mengajukan diri untuk mengisi posisi yang dibutuhkan tersebut.
Saya telah menuntaskan program sarjana di bidang pariwisata dan perhotelan di Sekolah Pariwisata Yogyakarta dan saya yakin saya mempunyai kesanggupan yang diperlukan untuk pekerjaan ini.
Saya berusia 24 tahun dan memiliki pengalaman bekerja di hotel milik negara. Saya juga fasih berbahasa Inggris serta lancar dalam mengoperasikan internet dan komputer dengan benar.
Saya cantumkan data diri saya sebagai bahan pertimbangan.
- Nama : Yuniar Iskandar
- Tempat/Tanggal lahir : Yogyakarta, 4 April 1996
- Alamat : Mergangsan No. 8 Yogyakarta
- Nomor Telepon : 0813 2456 7890
- Pendidikan Terakhir : S1 Jurusan Tourism and Hospitality
- Status : Belum Menikah
Saya menantikan kabar dari Anda segera dan siap untuk wawancara kapanpun sesuai jadwal Anda.
Hormat Saya,
Yuniar Iskandar
2. Contoh Cover Letter Bahasa Inggris untuk Posisi Sekertaris
Yogyakarta, November 15, 2020
Attention to:
The Head Manager of PT Indonesia Nusa Karya
Casa Grande No. 10 – 12
Sleman, Yogyakarta
Dear Sir,
Based on an advertisement posted on jobstreet.co.id on November 10, 2020 about the job vacancy at PT Indonesia Nusa Karya, I figured out that the company you run is looking for some experienced employees, especially in the secretary position. My educational background and my 3 years-experience as the personal secretary in the Yogyakarta law firm office made me fit the job in my consideration.
I got my bachelor degree in the administration field from Yogyakarta State University 4 years ago. I have fluent English communication skill and computer skill. Here is my curriculum vitae.
Name : Stefani Alia
Place/Date of Birth : Yogyakarta, December 22, 1989
Address : Condong Catur No. 14, Sleman, Yogyakarta
Marital Status : Single
Last Education : S1 in Administration
Email : [email protected]
I have a huge expectation to join and be part of the company you run. Thank you for your attention.
Sincerely,
Stefani Alia
Terjemahan Cover Letter Bahasa Inggris untuk Posisi Sekretaris
Yogyakarta, 15 November 2020
Kepada:
Kepala Manajer PT Indonesia Nusa Karya
Casa Grande No. 10 – 12
Sleman, Yogyakarta
Dengan hormat,
Berdasarkan iklan online dari jobstreet.co.id pada tanggal 10 November 2020 mengenai lowongan pekerjaan di PT Indonesia Nusa Karya, saya mengetahui bahwa perusahaan yang Anda jalankan sedang membutuhkan orang-orang yang berpengalaman, khususnya di bagian sekretaris. Latar belakang pendidikan yang saya miliki beserta pengalaman kerja saya selama 3 tahun sebagai sekretaris pribadi di kantor firma hukum di Yogyakarta meyakinkan saya bahwa saya cocok untuk pekerjaan ini.
Saya memperoleh gelar sarjana di bidang administrasi dari Universitas Negeri Yogyakarta 4 tahun yang lalu. Saya memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang lancar serta kemampuan mengoperasikan komputer. Berikut data diri saya.
Nama : Stefani Alia
Tempat/Tanggal Lahir : Yogyakarta, 22 Desember 1989
Alamat : Condong Catur No. 14, Sleman, Yogyakarta
Status Perkawinan : Lajang
Pendidikan Terakhir : S1 Jurusan Administration
Alamat Email : [email protected]
Besar harapan saya untuk bergabung dan menjadi bagian dari perusahaan yang Anda jalankan. Terima kasih atas perhatian Anda
Hormat Saya,
Stefani Alia
4. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Akuntan
Yogyakarta, November 14, 2020
Attention to:
The Hiring Manager of IRC Group
Bantul, Yogyakarta
Dear Sir,
I write this letter to express my high interest in applying for the Accountant position that is available at the IRC Group. I believe that my skills align well with the job description that is listed on the website of your company. IRC Group needs employees who are highly systematic and organized and also capable of working under the strict deadlines. I believe that I am proficient for the available role.
I earned my bachelor’s degree from the Gadjah Mada University and I had 4 years-experience as the Staff Accountant. I am familiar with some accounting software like the QuickBooks, Oracle, and NetSuite. And I am also great in operating Microsoft Office software.
I am expecting to work with the company you lead and I look forward to the chance of any further discussion about the qualifications I have. I enclose the resume of myself for the reference.
Thank you for your consideration.
Sincerely,
Anton Julianto
Terjemahan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris untuk Akuntan
Yogyakarta, 14 November 2020
Kepada Yth.
Kepala Hiring Manager IRC Group
Bantul, Yogyakarta
Dengan hormat,
Saya menulis surat lamaran ini untuk mengungkapkan ketertarikan saya dalam melamar pekerjaan sebagai Akuntan untuk IRC Group. Saya yakin bahwa keahlian yang saya miliki sesuai dengan deskripsi perusahaan yang tercantum pada situs web perusahaan Anda. IRC Group membutuhkan karyawan yang sangat sistematis dan terorganisir serta mampu bekerja dibawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat. Saya yakin bahwa saya sangat cakap untuk mendapatkan peran tersebut.
Saya memperoleh gelar sarjana saya dari Universitas Gadjah Mada dan saya telah mendapatkan 4 tahun pengalaman kerja sebagai Staf Akuntansi. Saya familiar dengan beberapa perangkat lunak akuntansi seperti QuickBooks, Oracle, dan NetSuite. Saya juga lancar dalam mengoperasikan perangkat lunak Microsoft Office.
Saya sangat mengharapkan kesempatan untuk bergabung dan bekerja di perusahaan yang Anda pimpin dan saya menantikan kesempatan untuk melakukan diskusi yang lebih lanjut mengenai kualifikasi yang saya miliki. Saya lampirkan daftar riwayat hidup sebagai acuan yang bisa Anda gunakan.
Atas perhatian Anda, Saya ucapkan terima kasih.
Hormat Saya,
Anton Julianto
5. Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagian Keuangan
Yogyakarta, November 13, 2020
Attention to:
Mr. Basuki
HR Manager of New Moon Company
Sleman, Yogyakarta
Dear Mr. Basuki,
I am really excited to apply for the position of finance officer that was advertised on the website of New Moon Company. I believe that I am a perfect applicant for this position because I have the qualifications that match the requirements you are looking for.
I graduated recently from Yogyakarta University and I have a bachelor’s degree in economics. I went to the internships at the Twilight Company and got the role to help the finance officers in senior level to coordinate and to execute some financial activities and transactions as well as analyzing the financial information.
Besides, I assisted the senior officers in some audit processes by giving the data and information as requested. The internships lasted a year but the experience I earned strengthened the social and communication skills I had and then broadened the knowledge I had especially about the finance world.
I have excellent computer skills and I am capable of operating some financial programs such as HP TRIM, SAP, and QuickBooks. I am really sure that the technical skill I own is going to help me handle the complex jobs as well as work efficiently for the company you lead.
I enclose the resume of mine along with my contact information if you need them. I really appreciate the consideration and time you give to me. I am waiting for an interview in the future.
Best regards,
Natasha Romanoff
Terjemahan Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris Bagian Keuangan
Yogyakarta, 13 November, 2020
Kepada Yth:
Bapak Basuki
Manajer HRD New Moon Company
Sleman, Yogyakarta
Dengan Hormat,
Saya sangat antusias untuk mengisi lowongan pekerjaan sebagai pegawai keuangan sebagaimana yang diiklankan pada situs web dari New Moon Company. Saya yakin bahwa saya merupakan kandidat yang sempurna untuk melengkapi posisi ini karena saya mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan persyaratan yang Anda cari.
Saya baru saja menyelesaikan pendidikan di Universitas Yogyakarta dan telah memperoleh gelar sarjana ekonomi. Saya melewati masa magang di Twilight Company dan telah mendapatkan pekerjaan untuk membantu pegawai keuangan yang lebih senior baik untuk mengkoordinasi maupun mengeksekusi transaksi dan aktivitas finansial serta untuk menganalisis berbagai informasi finansial.
Di samping itu, saya juga membantu para pekerja keuangan yang lebih senior dalam melakukan proses audit dengan menyediakan data dan informasi yang diperlukan. Masa magang saya berlangsung selama satu tahun saja, tetapi saya telah memperoleh pengalaman yang dapat mengasah kemampuan sosial dan kemampuan komunikasi yang saya miliki serta memperluas pengetahuan yang saya punyai, terutama tentang dunia finansial.
Saya mempunyai keahlian komputer yang sangat baik dan sanggup mengoperasikan berbagai program komputer dalam bidang finansial seperti HP TRIM, SAP, dan QuickBooks. Saya sangat yakin bahwa kemampuan teknis yang saya miliki bisa membantu saya untuk melakukan berbagai pekerjaan yang rumit serta untuk bekerja dengan lebih efisien bagi perusahaan yang Anda pimpin.
Saya lampirkan daftar riwayat hidup saya beserta dengan informasi kontak saya jika Anda membutuhkannya. Saya sangat menghargai pertimbangan dan waktu yang Anda sediakan. Saya menantikan wawancara segera.
Hormat Saya,
Natasha Romanoff
5. Contoh Surat Lamaran Bahasa Inggris beserta Artinya
Contoh 1
Contoh 2
Contoh 3
Contoh 4
Baca Juga :
5 Contoh Surat Lamaran Kerja Guru Honorer dan CPNS. Lengkap!
Contoh 5
Contoh 6
Contoh 7
Baca Juga :
Pastikan kamu mengikuti tips yang dibagikan di atas agar bisa membuat surat lamaran dalam Bahasa inggris dengan cara yang benar sehingga kamu bisa mendapatkan pekerjaan dan karir impianmu.