Bagas Kurnia Prasetyo Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

7 Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah & Cara Membuatnya

3 min read

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah – Seperti yang sudah kamu fahami, pengambilan ijazah bisa diwakilkan orang lain jika sedang berhalangan hadir untuk mengambilnya.

Biasanya, ijazah akan diberikan kepada alumni selepas satu bulan kelulusan, hal itu dikarenakan  membutuhkan banyak waktu untuk bisa melalui proses atau tahapan legalisasi.

Hal tersebut pastinya dapat mempersulit beberapa mahasiswa, terlebih bagi yang rumahnya di luar provinsi atau pulau.

Pada umumnya setelah wisuda, kebanyakan mahasiswa akan langsung pulang ke kampung halamannya.

Bahkan ada juga yang telah diterima sebagai karyawan yang jaraknya cukup jauh dengan kampus. Sehingga tidak bisa datang untuk mengambil ijazahnya, dan membutuhkan wakil.

Pengambilan ijazah sendiri tidak bisa sembarang orang, kecuali apabila pemilik ijazah tersebut. sehingga solusinya yaitu dengan membuat surat kuasa. Surat kuasa yang dibuat akan diberikan untuk orang yang bisa dipercaya, misalnya seperti anggota keluarga atau teman.

Surat kuasa untuk keperluan mengambil ijazah adalah surat jenis kuasa perorangan atau indivisu, sehingga tidak diperlukan kepala atau kop surat, dan nomor surat.

Unsur-unsur yang paling utama dalam surat kuasa pengambilan ijazah adalah pemberi kuasa, identitas pemberi kuasa.

Selain itu, surat kuasa sendiri biasanya diketik dengan format doc. Anda perlu membuat beberapa bagian yang harus ada di dalam surat kuasa, yaitu di antaranya seperti:

  • Pihak yang bertindak sebagai pemberi kuasa
  • Identitas lengkap pihak pemberi kuasa
  • Surat Kuasa
  • Identitas pemberi kuasa
  • Subjek yang berwenang
  • Waktu yang berkaitan tentang tanggal pemberian kuasa
  • Tanda tangan yang dibubuhkan pada bagian pihak penerima dan yang memberikan kekuasaan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah

Contoh surat kuasa pengambilan sertifikat yang ada di bawah telah dibuat oleh pemberi kuasa dikarenakan pemilik sertifikatnya tidak bisa mengambil sertifikat dengan datang secara langsung, hal itu karena ada alasan tertentu. Misalnya yaitu ada kepentingan lainnya mendadak, dan sebagainya.

Bisa juga alasannya dikarenakan sedang berada di daerah yang jaraknya bisa dikatakan cukup jauh untuk menuju ke tempat pengambilan sertifikat. Adapun contoh surat kuasa misalnya seperti:

1. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah di Tempat Kerja

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah di Tempat Kamu Kerja

Ada sebagian orang yang mungkin harus menjamin ijazahnya di tempat kerja agar bisa diterima bekerja di sana. Namun, setelah pulang kerja, umumnya sertifikat tersebut tidak langsung diterbitkan dan harus menunggu lain waktu.

Bahkan, tidak jarang kamu menggunakan contoh surat lamaran kerja untuk mendapatkan sertifikat di tempat kerja.

Jika kamu sudah memiliki pekerjaan lain atau sedang sibuk, maka bisa memberi wewenang kepada seseorang yang bisa kamu percaya untuk mengambil ijazah di tempat kerja itu.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan contoh surat kuasa untuk mengambil sertifikat asli di perusahaan berikut.

Untuk mengambil ijazah sekolah menengah di Mega Finance Medan, atas nama penulis yang disebutkan di atas. Pemberian kewenangan ini dikarenakan kesibukan kamu. Hal tersebut dikarenakan, saya sudah memiliki pekerjaan lain.

Semua keputusan dan hal-hal yang dihasilkan dari pendelegasian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai penyedia tenaga listrik. Demikian surat kuasa ini saya lakukan dengan benar dan tanpa ada unsur paksaan dari siapapun, agar bisa digunakan dengan baik.

 2. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Perguruan Tinggi atau Kuliah

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Perguruan Tinggi atau Kuliah

Menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi tentunya menjadi kegembiraan bagi semua orang.

Namun tentunya kamu tidak bisa langsung menerima ijaza tersebut. Apalagi begitu lulus, setidaknya kamu harus menunggu beberapa saat, baru bisa mengambil ijazah kamu di kampus.

Jika sedang berhalangan atau sudah sibuk bekerja, kamu bisa mengizinkan orang lain untuk mengambil ijazah perguruan tinggi. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa menggunakan contoh surat kuasa untuk ijazah perguruan tinggi di bawah ini.

Namun apabila kamu tidak mengerti cara membuatnya kamu bisa melihat banyak contoh surat kuasa  pengambilan ijazah di berbagai sumber terpercaya.

3. Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Perusahaan

Contoh Surat Kuasa Pengambilan Ijazah Perusahaan

Saat bekerja dengan kontrak di sebuah perusahaan, kamu mungkin akan dimintai ijazah sebagai jaminan. Dan ketika sudah selesai kontraknya, maka otomatis sertifikatnya juga harus dikembalikan, meski mungkin tidak langsung di tempat.

Kamu juga bisa mengajukan permohonan sertifikat di tempat kerja sebelum resign dari sana.

Setelah mengajukan lamaran, tentunya tidak butuh waktu lama untuk mengambil ijazah milik kamu. Namun, jika sedang berhalangan datang, kamu bisa meminta orang lain untuk mengambilnya.

Selain itu kamu pun bisa menggunakan contoh surat kuasa untuk mengambil sertifikat asli dari perusahaan di bawah ini.

SURAT KUASA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama: Dewi Cahaya

NIK: 87325856238732

Alamat: Jl. Cindelaras No. 123, Medan

Dengan ini memberikan kuasa penuh kepada:

 

Nama: Intan Permatasari

NIK: 8735854875389

Alamat: Jl. Charity No. 123, Medan

Meraih gelar Sarjana (Sarjana) di PT. Maju Jaya Sejahtera atas nama Dewi Cahaya sebagai penulis diatas. Semua hasil dan hal-hal yang dihasilkan dari pendelegasian wewenang ini menjadi tanggung jawab saya sepenuhnya sebagai penyedia tenaga listrik.

 

Jadi, saya membuat surat kuasa ini dalam keadaan sadar dan tanpa ada paksaan dari siapapun untuk menggunakannya dengan benar.

 

Medan, 30 Maret 2019

 

Pemberi Otorisasi,                                 Orang Berwenang,

 

Dewi Cahaya.                                         Permatasari Intan.

 

Berbagai jenis surat kuasa untuk memperoleh  ijazah  mungkin tidak terlalu sering digunakan. Secara umum, setiap orang akan berusaha mengambil ijazahnya sendiri di sekolah atau di tempat kerja.

Namun jika memang diharuskan dan kamu berhalangan, maka tidak ada salahnya minta bantuan teman atau orang yang kamu percaya.

Surat kuasa sebenarnya mempunyai kedudukan kuat di hadapan hukum, sehingga surat ini diakui oleh birokrasi manapun.

Supaya surat kuasa mempunyai kekuatan yang lebih di mata hukum, maka dalam pembuatannya harus dibubuhi materai 6000.

Bagaimana jika tidak dibubuhi materai? Tentu saja surat tersebut tidak akan sah dan tidak bisa digunakan.

Tapi yang paling penting, pastikanlah bahwa orang yang kamu beri wewenang tidak akan menyalahgunakan kekuasaan yang diberikan. Nah, beberapa contoh surat kuasa untuk membawa  ijazah  yang bisa kamu jadikan referensi ketika akan membuatnya.

Bagas Kurnia Prasetyo Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *