Home » Teknologi » 3 Cara Update Android Versi Terbaru 2021 [100% Berhasil]

3 Cara Update Android Versi Terbaru 2021 [100% Berhasil]

Apakah kamu sudah tahu cara update Android? Jika belum, maka kamu bisa simak pembahasan kali ini. Update android atau upgrade sistem operasi (OS) merupakan hal yang perlu dilakukan untuk mendapatkan banyak fitur terbaru serta meningkatkan keamanan dari versi Android sebelumnya.

Setiap android punya batas maksimal untuk upgrade OS. Jadi sebelum kamu melakukan update, alangkah baiknya perhatikan terlebih dahulu tipe android yang kamu gunakan. Apakah bisa mencapai versi Android Pie, Nougat, Marshmallow, Oreo, Lollipop, Jelly Bean, KitKat, dan lainnya.

Cara update android sebenarnya juga cukup mudah. Ada beberapa metode yang bisa dilakukan untuk update android di HP kamu. Namun, sebelum itu pastikan jika baterai HP dalam keadaan full dan kamu juga memiliki koneksi internet yang lancar, Update versi android juga bisa jadi salah satu solusi mengatasi hp lemot lho.

Semakin lancar koneksi yang digunakan, maka semakin cepat pula proses update android berjalan. Sebelum itu, pastikan juga kamu memiliki kuota internet minimal 2 GB. Alangkah lebih baik lagi jika kamu terhubung dengan WiFi. Langsung saja, berikut cara update android :

Cara Update Android melalui OTA

Cara Update Android Melalui OTA

Cara update android yang pertama adalah dengan menggunakan OTA (Over the Air). Cara ini merupakan yang paling mudah, dimana kamu hanya memerlukan koneksi internet saja tanpa perlu mengunduh aplikasi lain.

Berikut cara update android melalui OTA :

  • Pastikan HP Android sudah terhubung dengan internet. Disarankan untuk menggunakan WiFi agar koneksinya lebih stabil.
  • Kemudian, buka menu Setting/Pengaturan.
  • Cari Software Update, jika tidak ada coba klik “Tentang Ponsel”.
  • Selanjutnya, pilih Pembaruan Perangkat Lunak.
  • Pilih opsi Check for Update / Periksa Pembaruan.
  • Jika pembaruan tersedia, maka akan terlihat dilayar. Namun, jika tidak muncul apapun itu berarti OS yang kamu gunakan sudah versi terbaru.
  • Pilih Install manual untuk memulai proses download dan instalasi sistem operasi terbaru.
  • Tunggu hingga prosesnya selesai. Setelah itu, android akan melakukan restart secara otomatis.

Cara Update Android melalui PC/Laptop

Cara Update Android melalui PC

Update android ke versi terbaru juga bisa kamu lakukan melalui PC atau laptop dengan menggunakan software resmi dari vendor HP android yang kamu pakai.

Meski tidak banyak orang yang melakukan cara ini, namun tidak ada salahnya kamu mencoba. Berikut cara update android melalui PC/laptop :

  • Buka website resmi dari produsen android yang kamu pakai.
  • Masuk ke halaman Support atau Dukungan, dan halaman download.
  • Kamu mungkin akan diminta untuk mengisi beberapa informasi agar dapat mengakses pembaruan sistem operasi (OS).
  • Selanjutnya, install software “Device Management”. Nama dan fungsi perangkat berbeda-beda tergantung smartphone yang digunakan.
  • Kembali ke halaman utama website, lalu klik menu Support dan download. Silahkan cari pembaruan yang ada.
  • Jangan lupa hubungkan android dengan PC/laptop menggunakan kabel data.
  • Buka software Device Management yang telah kamu install. – Kemudian, cari perintah “Update” yang terletak dibagian atas pada menu dropdown.
  • Klik Update untuk memulai proses update OS di android mu. Cukup ikuti instruksi dilayar sampai selesai.

Cara Update Android dengan Custom ROM

Cara Update Android dengan Custom ROM

Custom ROM adalah sebuah ROM Android yang telah dimodifikasi, sehingga memiliki beragam fitur tambahan dan juga tampilan yang lebih profesional.

Menariknya, HP android juga bisa menggunakan Custom ROM merk android lain lho. Hal ini tentu bisa jadi alternatif untuk kamu yang ingin update operasi sistem (OS) HP android ke versi terbaru.

Selain itu, jika Android kamu sudah tidak bisa lagi di upgrade versi OS-nya, cara ini juga bisa jadi solusi. Hanya saja, kamu diharuskan memasang Custom Recovery (TWRP) terlebih dahulu, karena proses flashing Custom ROM dilakukan melalui software tersebut.

Demikian cara update android ke versi terbaru yang bisa kamu coba. Untuk cara yang paling mudah dan aman, kami rekomendasikan untuk menggunakan OTA saja.

Semoga bermanfaat ya, sobat bergaya !

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x