Home » Teknologi » 3 Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Mudah & Simple!

3 Cara Registrasi Kartu Indosat Ooredoo Mudah & Simple!

Cara registrasi kartu Indosat sebenarnya sangat praktis dan mudah. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih yaitu melalui SMS, secara online melalui website resmi, maupun datang langsung ke gerai Indosat terdekat. Adapun hal yang perlu disiapkan hanyalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

Registrasi kartu Indosat sendiri merupakan hal wajib yang harus dilakukan oleh pengguna lama maupun baru. Kewajiban registrasi kartu SIM ini dibuat Pemerintah dengan tujuan untuk mengurangi tingkah kejahatan dan mempermudah pengguna untuk mengakses layanan yang disediakan oleh masing-masing operator seluler.

Nah, untuk para pengguna kartu Indosat Ooredoo yang masih bingung bagaimana cara registrasi kartu prabayar, yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini ya.

Cara Registrasi Kartu Indosat lewat SMS

Cara registrasi kartu Indosat yang pertama yaitu melalui pesan singkat atau SMS. Cara ini tergolong mudah dan paling umum digunakan. Kamu hanya perlu mengetik pesan dengan format yang telah ditentukan, lalu mengirim SMS tersebut ke 4444.

Registrasi kartu melalui SMS juga tidak dikenakan biaya alias gratis. Jadi, meskipun kamu tidak memiliki pulsa sepeserpun, kamu tetap bisa melakukan registrasi karena ini merupakan layanan dari pemerintah.

Nah, untuk registrasi kartu Indosat lewat SMS, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu Pesan di ponsel kamu.
  • Ketik SMS dengan format berikut, NIK#Nomor KK#. Contohnya 0167976544336863#01674471039100#
  • Kirim ke 4444.

Kalau kamu merupakan pengguna lama dan belum pernah melakukan registrasi kartu Indosat sebelumnya, maka format SMS yang harus kamu kirimkan adalah seperti berikut:

  • Ketik ULANG#NIK#Nomor KK#. Contohnya, ULANG#0167976544336863#01674471039100#
  • Kirim ke 4444.

Jika registrasi kartu baru maupun kartu lama berhasil, maka kamu akan mendapat balasan dari pihak operator yang menyatakan bahwa proses registrasi selesai, dan kartu sudah bisa digunakan untuk berbagai keperluan komunikasi.

Cara Registrasi Kartu Indosat lewat Website Resmi

Selain melalui SMS, kamu juga bisa melakukan registrasi kartu Indosat secara online melalui website resmi. Cara yang satu ini juga banyak dipilih terutama untuk para pengguna indosat ooredoo maupun im3.

Namun, jika kamu memilih untuk melakukan registrasi kartu Indosat melalui web resmi, pastikan jika ponsel kamu terhubung dengan jaringan internet yang stabil supaya prosesnya lancar. Berikut caranya:

  • Kunjungi website https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  • Masukan nomor kamu kemudian klik Verifikasi.
  • Selanjutnya, masukan kode verifikasi yang dikirim.
  • Lalu masukan NIK dan nomor KK
  • Klik kotak dialog di samping tulisan “I am not a robot”.
  • Terakhir, klik Periksa.

Pengguna kartu lama juga bisa melakukan registrasi ulang kartu Indosat melalui website resmi. Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka website https://myim3.indosatooredoo.com/registration.
  • Klik menuCek Disini“.
  • Masukkan NIK dan nomor KK di kolom yang tersedia.
  • Kemudian, klik kotak dialog “I’m not a robot”.
  • Terakhir, klik Periksa.

Pastikan jika kamu sudah memasukan NIK dan nomor KK dengan benar supaya proses validasi ke database Dukcapil berhasil dilakukan.

Cara Registrasi Kartu Indosat lewat Gerai Indosat

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk registrasi kartu Indosat adalah dengan mendatangi langsung Contact Center di Gerai Indosat terdekat. Kamu cukup membawa identitas seperti NIK dan nomor KK.

Setelah sampai di Gerai Indosat, kamu bisa langsung meminta tolong kepada petugas untuk melakukan registrasi kartu Indosat yang digunakan. Pastinya layanan ini gratis untuk semua pelanggan.

Nah, itulah beberapa cara registrasi kartu Indosat yang bisa kamu coba. Untuk mengecek apakah kartu berhasil diregistrasi, kamu bisa kirim SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN.

Semoga bermanfaat ya, sobat bergaya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment