Home » Teknologi » 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula Plus Cara Kerjanya !

4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula Plus Cara Kerjanya !

Cara menambang Bitcoin bukanlah suatu hal yang mudah dilakukan terutama bagi pemula, karena butuh perangkat khusus yang canggih dan mahal. Nah, kalau kamu tertarik untuk belajar cara menambang Bitcoin gratis, simak ulasan selengkapnya berikut ini ya.

Bitcoin merupakan salah satu jenis investasi yang makin populer belakangan ini. Harganya yang melambung tinggi membuat orang-orang mulai tertarik untuk terjun ke dunia crypto. Dilansir dari Coingecko, nilai kapitalisasi pasar bitcoin mencapai 1,064 trilliun dollar AS atau setara dengan Rp 15.428 triliun.

Salah satu cara mendapatkan Bitcoin adalah dengan “mining” atau menambang menggunakan software dan hardware khusus. Semakin cepat dan semakin canggih PC yang digunakan, semakin besar pula peluang untuk berhasil. Karena saat menambang Bitcoin, kamu juga harus berpacu dengan penambang lain.

Asalkan bersungguh-sungguh, para pemula pun bisa mendapatkan hasil dari Bitcoin. Namun, sebelum kita membahas cara menambang Bitcoin, alangkah baiknya jika kita mengenal lebih jauh tentang apa itu Bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin

Bitcoin adalah sebuah mata uang digital atau bisa disebut juga dengan mata uang virtual. Bitcoin ini bisa digunakan sebagai alat pembayaran barang maupun jasa. Bitcoin tidak dikontrol oleh bank, melainkan dikontrol oleh teknologi peer-to-peer yang terdesentralisasi.

Setiap keping Bitcoin memiliki nilai yang tinggi. Bahkan, harga tertinggi Bitcoin sempat menyentuh angka 68.804 dollar AS atau sekitar Rp 939,67 juta per keping. Namun, diperkirakan bahwa harga Bitcoin ini masih bisa lebih tinggi lagi.

Di Indonesia sendiri, Pemerintah telah mengizinkan perdagangan mata uang digital seperti Bitcoin. Hal ini juga secara resmi diatur dalam Peraturan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi Nomor 7 Tahun 2020, tentang Penetapan Daftar Aset Kripto yang Dapat Diperdagangkan di Pasar Fisik Aset Kripto.

Untuk mendapatkan Bitcoin, kamu bisa membelinya dengan uang, menjual barang lalu menerima pembayaran dengan Bitcoin, atau cara yang paling mudah yaitu dengan menambang Bitcoin.

Cara Menambang Bitcoin untuk pemula (Mining Bitcoin)

Cara Menambang Bitcoin (Mining Bitcoin)

1. Menambang di Pool Mining

Cara menambang Bitcoin yang pertama yaitu di Pool Mining. Sederhananya, di Pool Mining kamu dapat bergabung kekuatan dengan para penambang lain dalam satu pool (kolam) untuk menambang Bitcoin, lalu saling berbagi imbalan untuk setiap hasil yang diperoleh.

Untuk menambang Bitcoin di Pool Mining, pertama kamu harus mendaftar terlebih dahulu ke sebuah pool (kolam). Kemudian, semua penambang yang ada di pool harus setuju untuk berbagi imbalan berapapun dengan anggota yang lainnya.

2. Cloud Mining

Selanjutnya kamu bisa menambang Bitcoin melalui Cloud Mining. Sesuai namanya, Cloud Mining merupakan teknik menambang koin digital secara online. Sistem ini biasanya digunakan orang-orang yang ingin mendapatkan koin secara cepat. Jumlah Bitcoin nya pun beragam tergantung paket atau layanannya.

Dengan Cloud Mining, kamu tidak perlu membeli peralatan yang mahal dan canggih. Kamu bisa menyewa mesin “hash power” untuk jangka waktu tertentu. Setelah masa sewanya habis, secara otomatis mesin akan berhenti bekerja dengan sendirinya.

Sayangnya, menambang Bitcoin dengan Cloud Mining memiliki resiko yang cukup tinggi karena kamu harus membayar uang dimuka. Jika sampai harga Bitcoin turun, kamu bisa saja terjebak dalam sebuah kontrak dan mendapatkan kerugian.

3. Solo Mining

Solo Mining bisa jadi alternatif lain untuk menambang Bitcoin. Berbeda dengan Pool Mining, jika menggunakan cara ini kamu tidak perlu berbagi penghasilan dengan orang lain. Semua Bitcoin yang kamu dapatkan bisa untuk dirimu sendiri.

Hanya saja, kamu harus menyediakan peralatan yang sangat canggih, seperti PC, hard drive, RAM, motherboard, dan kartu grafis. Daya listrik yang besar juga diperlukan. Selain itu,

Untuk aktivitas menambang di Solo mining, kamu bisa gunakan hardware ASIC (Application Specific Circuit Chips). Kamu juga perlu menggunakan software pendukung, misalnya CGminer, Bitcoin miner, easy miner, dan BTC miner.

Solo Mining biasanya dilakukan oleh para ahli sehingga tidak disarankan untuk pemula. Karena disini kamu harus menyelesaikan algoritma matematika yang sangat rumit untuk mendapatkan Bitcoin.

4. Aplikasi Trading Bitcoin

Cara menambang Bitcoin yang terakhir adalah menggunakan bantuan aplikasi trading Bitcoin. Dengan aplikasi yang sesuai, kamu bisa menambang Bitcoin di HP android maupun iPhone.

Ada beberapa aplikasi yang cukup recommended untuk digunakan menambang Bitcoin di smartphone. Berikut diantaranya :

  • MinerGate
  • Crypto Miner
  • Eobot
  • Droid Miner
  • AA Miner
  • Bitzfree
  • Crypto Tab
  • Neon Neon Miner

Nah, itulah beberapa cara menambang Bitcoin di PC yang bisa kamu coba. Untuk pemula, sebaiknya pilih cara yang paling gambar supaya tidak mendapat kerugian besar jika gagal.

Semoga artikel ini menambah wawasan ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment

x