Home » Teknologi » 4 Cara Cek Kuota Smartfren Terbaru 2021 dengan Mudah

4 Cara Cek Kuota Smartfren Terbaru 2021 dengan Mudah

Cara cek kuota smartfren – Di era digital seperti sekarang, kuota internet dianggap sebagai salah satu kebutuhan yang wajib dimiliki. Dengan kuota internet, kamu bisa melakukan apapun di dunia maya seperti berjualan, belanja online, sekolah online, meeting, dan banyak hal lainnya.

Pastinya kamu nggak mau kan saat sedang asyik berselancar di sosial media, tapi kuota internet habis secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengecek kuota internet secara berkala agar kamu tahu kapan waktu yang tepat untuk melakukan isi ulang.

Nah, untuk para pengguna Smartfren, cara cek kuota Smartfren sangat mudah lho. Ada beberapa opsi yang bisa dipilih, baik itu via telepon, SMS, lewat aplikasi, maupun lewat website resmi Smartfren.

1. Cara Cek Kuota Smartfren via Telepon

Cara Cek Kuota Smartfren via Telepon

Cara cek kuota Smartfren yang pertama yaitu melalui telepon atau kode dial USSD. Cara ini sangat mudah dan bisa dilakukan untuk semua jenis smartphone, baik itu Android maupun iPhone. Begini langkah-langkahnya:

  • Buka menu telepon di HP kamu.
  • Ketik kode dial *995# lalu tekan tombol Call atau OK.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pop up yang berisi informasi paket, sisa kuota, sampai masa berlakunya.

Cara yang satu ini termasuk yang paling cepat, mudah, dan umum digunakan. Namun, kalau kamu menemukan kendala dan tidak bisa cek kuota Smartfren via telepon, kamu bisa coba cara lainnya berikut ini.

2. Cara Cek Kuota Smartfren lewat SMS

Cara Cek Kuota Smartfren lewat SMS

Selain via telepon, kamu juga bisa melakukan cek kuota Smartfren melalui layanan SMS. Layanan ini tidak dikenai biaya alias gratis, jadi kamu tidak perlu khawatir pulsa akan terpotong meski mengirim SMS ke Smartfren. Berikut caranya:

  • Buka menu Pesan di HP kamu.
  • Ketik SMS dengan format CEK, dan kirim ke nomor 995.
  • Tunggu sampai kamu mendapat balasan dari operator Smartfren yang berisi informasi seputar detail paket, sisa kuota, sampai masa berlakunya.

Keunggulan cek kuota Smartfren dengan cara ini adalah jarang terjadi error asal HP kamu tersambung dengan jaringan Smartfren dan pesannya segera terkirim.

3. Cara Cek Kuota Smartfren lewat Aplikasi

Cara Cek Kuota Smartfren lewat Aplikasi

Selanjutnya, kamu bisa gunakan aplikasi bernama mySF untuk cek kuota Smartfren. mySF sendiri adalah aplikasi resmi Smartfren dengan fitur-fitur lengkap untuk cek kuota, cek pulsa, cek nomor, hingga pembelian paket baru.

Sebelum itu, kamu harus download aplikasinya di Google PlayStore untuk pengguna Android dan download di Apple App Store bagi pengguna HP iPhone. Berikut langkah-langkahnya:

  • Download dan install aplikasi mySF di HP kamu.
  • Kemudian login menggunakan nomor Smartfren atau email.
  • Setelah berhasil masuk, klik menu Paket Saya.
  • Kamu bisa langsung cek sisa kuota dan masa berlaku paket yang digunakan.

Nah, jika kuota kamu hampir habis, aplikasi ini juga menawarkan promo-promo paket internet yang bisa kamu beli sesuai kebutuhan. Jadi selain cek kuota Smartfren unlimited, kamu bisa lakukan banyak hal di aplikasi mySF ini.

4. Cara Cek Kuota Smartfren lewat Website Resmi

Cek Kuota Smartfren lewat Website Resmi

Terakhir, kamu bisa kunjungi website resmi Smartfren untuk cek kuota. Cara ini cocok banget untuk kamu yang malas download aplikasi karena kehabisan memori, namun ingin cek kuota sekaligus menikmati fitur yang sama seperti di aplikasi. Berikut langkah-langkahnya:

  • Kunjungi website resmi Smartfren di https://my.smartfren.com/.
  • Kemudian, login menggunakan User ID/email dan password. Jika belum punya akun, kamu bisa klik Daftar.
  • Di halaman utama website, klik menu Detail untuk mengetahui sisa kuota yang kamu miliki.

Nah, itulah beberapa cara cek kuota Smartfren yang paling mudah dan cepat. Setelah ini, kamu tidak perlu khawatir kehabisan kuota karena bisa mengeceknya secara berkala. Semoga bermanfaat ya!

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment