Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Batik Bunga

10 min read

Motif Batik Kembang Setaman

Motif Batik Bunga – Motif bunga merupakan salah satu motif batik yang banyak dipakai pada motif batik di Indonesia.

Keanekaragaman flora di Indonesialah yang menyebabkan bunga menjadi inspirasi para pencipta motif batik. Motif batik bunga memiliki ciri khas warna yang cukup terang dengan kombinasi warna yang juga beragam.

Salah satu ragam batik yang menggunakan motif bunga adalah batik Bali. Berikut beberapa motif bunga yang dapat kamu jumpai pada batik-batik khas Indonesia.

Motif Batik Bunga

1. Motif Bunga Sederhana

Batik Bunga
bukalapak.com

Motif bunga yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi kamu. Pasalnya, motif ini banyak kita jumpai pada kain-kain batik tradisional, seperti jarik, sarung, dan yang lainnya. Bentuk bunga yang sederhana dengan kelopak berjumlah 5-7 menjadi ciri khas motif ini.

2. Motif Bunga Wijaya Kusuma

Motif Bunga Wijaya Kusuma
youtube.com

Motif kembang wijayakusuma merupakan motif khas yang menjadi perlambang kejayaan. Dalam sejarahnya memang disebutkan bahwa bunga wijayakusuma memiliki kaitan dengan kerjaan Maja Pahit. Hal tersebut dikarenakan nama wijayakusuma memiliki nilai magis dan daya tarik tersendiri.

3. Motif Bunga Melati

Motif Batik Bunga Melati
grahabatik.com

Motif bunga melati banyak digunakan oleh kaum perempuan karena memiliki makna kecantikan dan keanggunan. Selain itu motif melati juga digunakan sebagai lambang kesucian dengan warnanya yang putih serta lambang kebersahajaan wanita.

4. Motif Bunga Batik Bakaran Juwana

Motif Bunga Batik Bakaran Juwana
shopee.co.id

Motif batik bakaran memang identik dengan warnanya yang mencolok, yakni warna merah, kuning, hijau, atau biru. Ciri khas lain yang ada pada motif bunga pada batik bakaran adalah adanya remahan pada motif yang dilukis pada kain.

5. Motif Kembang Setaman

Motif Batik Kembang Setaman
fasnina.com

Ciri khas yang dimiliki motif kembang setaman adalah adanya ragam hias pohon hayat yang terdapat pada bagian badan atau rangkaian bunga. Rangkaian bunga tersebut biasanya ada pada bagian tumpal atau bagian belakang kain.

Dahulunya motif ini sangat terkenal di kalangan perempuan peranakan yang banyak dijadikan sebagai sarung pengganti rok wanita.

6. Motif Bunga Mawar

Motif Batik Bunga Mawar
youtube.com

Inspirasi motif bunga mawar didapatkan karena banyaknya tanaman bunga mawar yang tumbuh di seluruh wilayah Indonesia.

Bunga mawar yang cantik memang sangat bagus untuk dijadikan objek lukisan saat membatik.
Mawar mengisyaratkan tentang keberanian dan ketekadan yang kuat meski banyak halangan dan rintangan yang mencoba mengganggu kehidupan.

7. Batik Motif Bunga Krisan

Batik Motif Bunga Krisan
batik-s128.om

Motif bunga krisan merupakan salah satu perlambang keikhlasan. Motif ini banyak kita jumpai saat acara wisuda, kematian, dan acara yang lainnya.

Warnanya yang gelap dan tidak terlalu terang mengisyaratkan agar pemakainya bisa ikhlas menerima keadaan dan kenyataan. Ciri khasnya adalah bunga krisan yang terlukis jelas dengan ukuran yang cukup besar dibandingkan dengan bunga tambahan di sekitarnya.

8. Motif Bunga Sakura

Motif Batik Bunga Sakura
hariannusantara.com

Kain motif bunga sakura banyak diproduksi di Pekalongan sebagai kotanya batik. Motif ini menonjolkan bunga-bunga yang besar berwarna coklat tua dan coklat muda dengan warna dasar kain berwarna hitam.

Motif sakura merupakan motif baru, karena memang bunga sakura bukanlah bunga asli Indonesia. Motif ini biasanya dibuat dengan teknik print atau cap yang pengerjaannya lebih cepat.

9. Motif Bunga Sedap Malam

Motif Batik Bunga Sedap Malam
flickr.com

Batik dengan motif bunga sedap malam ini merupakan batik yang berasal dari Pasuruan. Batik ini terinspirasi dari keindahan bunga sedap malam. Selain itu terdapat latar yang merupakan perwujudan dari ornamen swastika yang dinamakan latar batik banji.

Perpaduan latar belakang dengan bunga sedap malam ini menggambarkan adanya perpaduan dua kebudayaan dan dua kepercayaan.

10. Motif Bunga dan Burung Merak

Motif Bunga dan Burung Merak
kuka.co.id

Motif ini merupakan kombinasi antara motif bunga dan motif binatang. Bunga dan daun-daun yang memanjang berpadu dengan burung merak yang seakan-akan memiliki ekor yang sama dengan daun yang memanjang.

11. Motif Bledakan Kerton Beri Seling Lung-Lungan

Motif Bledakan Kerton Beri Seling Lung-Lungan
pinterest.com

Nama motif yang terlalu sulit ini merupakan salah satu nama motif batik yang berasal dari Pekalongan. Bentuk motif ini memperlihatkan bunga-bunga yang tersusun rapat dengan daun-daun yang memanjang.

Motifnya sangat kompleks dan rumit sesuai dengan namanya. Namun tetap terlihat indah dan membentuk harmoni di dalamnya.

12. Motif Bunga Lasem

Motif Bunga Lasem
arjunawedabatik.co.id

Batik Lasem memang sudah dikenal dengan batik yang memiliki motif bunga yang berwarna cerah dan berani. Pemilihan warna merah terang dan oranye nampaknya sangat ditonjolkan oleh batik ini. Batik ini banyak digunakan untuk kain jarik dan sarung.

Namun di zaman yang modern ini seharusnya dapat dikreasikan menjadi pakaian yang unik dan menarik dengan tetap menampilkan ciri khas batik Lasem.

13. Motif Bunga Teratai

Motif Bunga Teratai
chilomita.co.id

Bunga teratai yang berpadu dengan awan ini memiliki kaitannya dengan legenda dewa-dewi dalam kepercayaan Buddha. Terlepas dari hal itu, batik ini sangat cantik dan dapat dipakai oleh semua kalangan dari mana saja.

14. Motif Bunga Kecombrang

Motif Bunga Kecombrang
bukalapak.com

Motif bunga ini banyak kita jumpai pada sprei kuno dan juga kain jarik. Motif khasnya memang selalu diingat sebagai bahan nostalgia ketika kecil. Bentuk bunga yang khas dengan warna yang beragam merupakan karakteristik motif ini.

15. Motif Bunga dan Kipas

Motif Bunga dan Kipas
pinterest.com

Motif kipas dan bunga ini memiliki makna kesejukan dan ketenangan. Kipas merupakan perlambang ketenangan dan kesejukan, sedangkan bunga merupakan lambang kecantikan. Warna motif ini sangat mencolok, seperti oranye, merah cerah, maupun hijau.

Model Baju Batik Bali

1. Tunik Batik Bali

Tunik Batik Bali Motif Bunga
lazada.co.id

Tunik batik Bali pada gambar di atas merupakan tunik dengan motif ragam swastika yang identik dengan agama Hindu. Warna swastika putih dengan motif bunga pada bagian atas yang berwarna hitam berpadu apik dalam sebuah tunik.

Harga tunik : Rp 250.000,00.

2. Hem Wanita Motif Daun Batik Bali

Motif Batik Bunga
fasnina.com

Hem ini sangat simpel dengan motif Bali yang cantik yakni motif dedaunan. Warna coklat yang pas untuk segala warna kulit. Kerah yang digunakan adalah kerah langsung dengan garis leher V yang tidak terlalu panjang, sehingga tetap menutupi bagian dada.

Lengan yang digunakan adalah lengan seperempat. Harga hem wanita ini hanya Rp 300.000,00.

3. Tunik Kerah Chinese

Gambar Batik Bunga
aksentropis.com

Motif kawung pada tunik batik Bali disusun simetris dengan warna yang bergradasi, sehingga menimbulkan keselarasan pada pakaian. Selain itu terdapat kain emboss di bagian tengah depan untuk menetralkan batik agar tidak terlalu ramai.

Tunik ini juga dapat dijadikan sebagai dress dengan lengan seperempatnya yang cantik. Warna birunya juga kalem dan menenangkan. Cocok juga digunakan saat pergi kondangan atau undangan pesta lainnya.

Harga tunik : Rp 350.000,00

4. Batik Bali Atasan Motif Simetris

Batik Bali Atasan Motif Bunga Simetris
aksentropis.com

Selain motif kawung yang simetris, motif bintang dengan kombinasi motif garis-garis membentuk motif batik Bali yang simetris membuat atasan ini semakin cantik. Sangat cocok dipadukan dengan bawahan berwarna putih baik celana maupun rok.

Harga atasan : Rp 200.000,00.

5. Atasan Batik Bali Merah

Atasan Batik Motif Bunga Warna Merah
bateeqshop.com

Motif batik yang teratur dan berulang dengan warna merah menjadi daya tarik utama atasan yang satu ini. Desainnya yang simpel cocok untuk keseharian ibu rumah tangga yang ingin tampil cantik dengan baju batik.

Harga atasan merah : Rp 150.000,00.

6. Atasan Lengan Kerut

Atasan Batik Motif Bunga Lengan Kerut
bateeqshop.com

Meskipun motifnya terlihat tidak terlalu penuh, atasan ini sangat bagus karena memiliki lengan kerut yang menjadi daya tarik. Pola motif batik sangat unik dengan terdapatnya pola kosong tanpa motif yang diselingi pola motif.

Harga batik lengan kerut : Rp 150.000,00.

7. Batik Bali Motif Kembang Soka

Batik Bali Motif Kembang Soka
bateeqshop.com

Keunikan motif ini terletak pada desainnya yang sangat detail karena berisi bunga-bunga kecil tiga kelopak seperti bunga soka. Hem dengan motif ini cocok digunakan untuk acara non formal. Motifnya yang lumayan penuh namun teratur cocok untuk kamu yang berbadan kurus.

Harga hem motif kembang soka adalah Rp 85.000,00.

8. Kardigan Batik Bali

Kardigan Batik Bali Motif Bunga
bateeqshop.com

Kardigan tak melulu hanya dibuat dengan kain polos, melainkan batik juga bisa digunakan untuk bahan kardigan yang bagus. Salah satunya adalah kardigan batik Bali yang satu ini. Desain tanpa lengan dengan kain yang adem dan nyaman dipakai.

Harga kardigan batik Bali : Rp 350.000,00.

9. Kemeja Batik Biru Putih

Kemeja Batik Biru Putih Motif Bunga
bateeqshop.com

Batik Bali dengan keanekaragaman motifnya juga tak kalah unik dijadikan kemeja untuk pria. Kemeja biru putih di atas nyatanya cocok untuk siapa saja, termasuk para turis mancanegara. Kamu bisa mengenakan batik ini untuk acara formal kapan saja.

Harga kemeja : Rp 400.000,00.

10. Jas Batik Bali

Jas Batik Bali Motif Bunga
bateeqshop.com

Kreasi fashion dari batik rupanya tak ada habisnya. Seperti contoh desain jas batik yang terlihat sangat menarik ini. Kamu bisa mengombinasikannya dengan kemeja polos hitam agar serasi dengan motif jas dengan motif swastika.

Selain dapat digunakan sebagai jas, baju yang satu ini dapat juga digunakan sebagai blazer keren yang akan membuat kamu terlihat modis dengan baju batik.

Harga jas batik : Rp 500.000,00.

11. Gaun Resleting Depan

Gaun Batik Resleting Depan
bateeqshop.com

Untuk ibu menyusui, memakai gaun ini akan terasa nyaman. Terdapat resleting pada bagian depan gaun dengan desain gaun yang simpel. Warna batik yang beragam berpadu dengan kain polos pada bagian depan.
Terdapat tali pada bagian perut yang dapat dikerutkan sehingga akan membuat tampilan baju kamu lebih beragam.

Harga gaun resleting depan : Rp 250.000,00.

12. Mini Dress Motif Perca Batik Bali

Mini Dress Motif Perca Batik Bali
bateeqshop.com

Untuk kamu yang suka mengenakan mini dress sangat direkomendasikan untuk memakai mini dress batik Bali yang satu ini. Terlihat beberapa motif yang disatukan menjadi satu seperti kain perca. Namun jangan salah, itu hanya desainnya saja yang menyerupai potongan kain perca.

Harga mini dress motif perca : Rp 200.000,00.

13. Tunik Merah Berkerah

Tunik Batik Bunga Merah Berkerah
bateeqshop.com

Tunik merah ini dapat kamu jadikan mini dress dengan memakainya tanpa bawahan atau bisa juga memakai bawahan dengan gaya tunik. Motif daun-daun yang khas ada pada tunik merah di atas.

Harga tunik merah : Rp 250.000,00.

14. Baju Imlek Batik

Baju Motif Bunga Imlek Batik
bateeqshop.combateeqshop.com

Baju imlek yang satu ini memadukan dua kebudayaan, yakni desain baju yang mengikuti desain baju imlek serta motif batik khas Indonesia. Baju ini dapat dijadikan sebagai kebanggaan tersendiri bagi warga Tionghoa di Indonesia.

Harga baju imlek batik : Rp 150.000,00.

15. Tunik Daster Batik Bali

Tunik Daster Batik Bali
bateeqshop.com

Pakaian rumah yang simpel dan bisa memudahkan aktivitas di dalam ruangan memang menjadi idaman banyak ibu, salah satunya daster.

Daster tunik ini sangat cocok digunakan untuk beraktivitas di dalam rumah agar lebih ringkas.

Harga tunik daster : Rp 55.000,00.

16. Blouse Modern Batik Bali

Blouse Modern Batik Bali
bateeqshop.com

Tampil modern dengan nuansa tradisional Bali dapat kamu coba dengan mengenakan blouse modern yang satu ini. Motif tanaman pakis dengan campuran motif truntum dan pilin bersatu padu membentuk motif batik yang sangat bagus.

Harga blouse batik : Rp 250.000,00.

17. Setelan Batik

Setelan Batik Modern Motif Bunga
bateeqshop.com

Kreasi batik Bali yang satu ini terbilang extra ordinary karena ornamen batik menyelimuti dari atas sampai ke bawah. Atasan jas terbuat dari kain batik beserta celana panjang yang juga terbuat dari kain batik dengan motif yang unik.

Setelan jas ini cocok untuk anak muda maupun orang dewasa yang masih ingin tampil gaya dengan busana dari kain batik. Cocok digabungkan dengan sneakers maupun pantofel seperti outfit jas formal pada biasanya.

Harga setelan batik : Rp 650.000,00.

18. Hem Tanpa Lengan

Hem Batik Motif Bunga Tanpa Lengan
bateeqshop.com

Hem batik tanpa lengan dapat kamu pakai secara langsung atau melapisinya dengan dalaman polos putih lengan panjang. Cocok untuk kamu yang suka dengan tampilan simpel namun elegan.

Harga hem tanpa lengan : Rp150.000,00.

19. Kemeja Modern Batik

Kemeja Modern Batik Motif Bunga
bateeqshop.com

Jika biasanya kemeja disatukan dengan celana panjang, kini kamu bisa mencoba dengan bawahan non formal seperti celana yang memiliki belahan pada lututnya. Dijamin kamu akan tampil beda dari biasanya.
Harga kemeja modern : Rp 200.000,00.

20. Rok Pendek Batik

Setelan Rok Pendek Batik Motif Bunga
bateeqshop.com

Batik nyatanya juga cocok untuk dijadikan sebagai rok atau bawahan. Kamu dapat mengombinasikan dengan kemeja atau hem polos.

Cocok digunakan untuk pakaian saat bekerja di kantor. Harga rok pendek batik ini adalah Rp 150.000,00.

21. Gamis Tunik Batik

Gamis Tunik Batik Motif Bunga
bateeqshop.com

Muslimah pasti akan sangat senang jika menggunakan model pakaian yang satu ini. Memiliki ciri khas panjang gamis yang tidak sampai mata kaki namun panjang di bawah lutut. Kamu dapat memakainya dengan tambahan celana atau kulot panjang agar menutup mata kaki.

Harga gamis tunik batik : Rp 250.000,00.

22. Tunik Lengan Pita

Tunik Batik Motif Bunga Lengan Pita
bateeqshop.com

Desainnya yang tidak terlalu banyak lekukan membuat tunik yang satu ini terlihat bagus dan simpel digunakan siapa saja.

Tambahan pita pada bagian lengan akan membuat kepolosan desain baju yang satu ini sedikit terwarnai.
Harga tunik lengan pita : Rp 100.000,00.

23. Setelan Wanita Pendek Batik Motif Kawung

Setelan Wanita Pendek Batik Motif Kawung
bateeqshop.com

Setelan batik modern untuk wanita ini memadukan blouse panjang dengan tambahan lengan bawah yang dapat diikat dan celana batik pendek yang akan melengkapi outfit kamu. Motif kawung yang simpel dijamin tidak akan membuatmu merasa kuno mengenakannya.

Harga setelan wanita : Rp 400.000,00.

24. Blouse Panjang Motif Diagonal

Blus Batik Panjang Motif Bunga Diagonal
bateeqshop.com

Meskipun motif memenuhi area diagonal pada kain, warnanya yang kalem dan tidak terlalu menonjol membuat batik ini terlihat bagus. Perpaduan warna biru dan putihnya akan memberikan ketenangan untuk kamu.

Harga blouse lengan panjang : Rp 100.000,00.

25. Blouse Panjang Motif Sisik

Blus Batik Panjang Motif Sisik
bateeqshop.com

Motif sisik ikan yang digabungkan dengan dedaunan menjadi daya tarik blouse panjang yang satu ini. Warnanya tidak terlalu cerah namun motifnya yang cukup penuh dapat menjadi pilihan untuk kamu yang bingung memilih outfit yang pas untuk acara non formal.

Harga blouse panjang biru : Rp 150.000,00.

26. Blouse Tanpa Lengan Warna Krem

Blus Batik Tanpa Lengan Warna Krem
bateeqshop.com

Batik Bali yang terkenal dengan keunikan motifnya dikreasikan menjadi hem tanpa lengan yang sangat anggun jika dikenakan.

Cocok sekali untuk dijadikan outfit kondangan dan acara reuni.

Harga hem tanpa lengan : Rp 100.000,00.

27. Blazer Batik Bali Motif Bunga

Blazer Batik Bali Motif Bunga
shopee.co.id

Pecinta motif bunga tidak boleh melewatkan desain blazer yang satu ini. Lengan yang dipilih adalah lengan seperempat, sehingga akan membuat sebagian tangan kamu terlihat. Cocok untuk acara formal maupun non formal.

Harga blazer batik motif bunga : Rp200.000,00.

28. Blouse Wanita Kerah Chinese

Blouse Batik Wanita Kerah Chinese
grahabatik.com

Blouse yang cocok untuk pakaian kerja ini dapat kamu pilih sebagai outfit untuk hari-harimu yang menyenangkan.

Motif bunga dan daun yang berwarna merah dan biru akan membawa ketenangan dan keceriaan.

Harga blouse kerah chinese : Rp 100.000,00.

29. Atasan dengan Tambahan Kancing

Atasan Batik dengan Tambahan Kancing
pinterest.com

Atasan ini memiliki desain menarik dengan perpaduan kerah V dan kemben seperti desain kutu baru namun dengan tambahan aksesoris kancing. Motif batik yang dipilih pun cocok dengan warna yang dipilih yakni kuning kunyit.

Harga atasan dengan kancing : Rp 150.000,00.

30. Kemeja Wanita Tanpa Kerah

Kemeja Batik Kerja Motif Bunga Tanpa Kerah
grahabatik.com

Kemeja tanpa kerah batik ini banyak dipakai oleh pejabat-pejabat yang masih berusia muda. Selain itu modelnya yang kekinian juga cocok digunakan remaja untuk acara formal.

Memang warna coklat sogan identik dengan nuansa formal, sehingga kurang cocok untuk dipakai sebagai outfit keseharian non formal.

Harga kemeja wanita tanpa kerah : Rp 85.000,00.

31. Daster Batik Bali Simpel

Daster Batik Motif Batik Bali Simple
thegorbalsia.com

Daster favorit emak-emak ini memiliki desain modis dengan tampilan modern dengan menggunakan batik Bali. Cocok digunakan untuk pakaian tidur maupun saat sedang dalam aktivitas beberes rumah dan bersih-bersih.

Kamu bisa melangkah dengan bebas menggunakan daster yang satu ini. Pasalnya cukup longgar dan tidak ketat serta menyerap keringat dengan baik.

Harga daster batik bali : Rp 45.000,00.

32. Kemeja Batik Tulis

Kemeja Batik Tulis Motif Bunga Untuk Kerja
pinterest.com

Batik yang dibuat dengan canting yang ditulis secara langsung memang memiliki nilai seni tersendiri. Tak heran jika harga batik dengan canting ini sedikit lebih mahal dengan batik cap. Salah satu aplikasi kain batik Bali tulis adalah kemeja pria berwarna coklat hitam di atas.

Motif yang tidak terlalu rapat akan membuat baju lebih terlihat longgar dan dengan desain yang maskulin akan membuat kamu menjadi keren.

Harga kemeja batik canting tulis : Rp 450.000,00.

33. Gamis Batik Bali Sablon

Model Gamis Batik Bali Sablon
hijabenka.com

Kebalikan dari batik canting yang ditulis, maka batik sablon harganya lebih murah. Kamu dapat menjumpai desain gamis dari batik sablon yang tak kalah bagus dengan batik tulis maupun batik cap. Salah satunya dapat kamu lihat pada desain di atas.

Ditambah dengan emboss warna senada yang akan membuat gamis menjadi lebih bagus dan serasi digunakan.

Harga gamis batik sablon : Rp 100.000,00.

34. Blouse Batik Bali Klasik

Blouse Batik Bali Klasik
super.mataharimall.com

Untuk kamu yang kurang suka dengan warna-warni batik Bali yang cenderung cerah, dapat mencoba batik Bali dalam nuansa putih.

Sketsa motif batik juga tak terlalu ramai, jadi akan terlihat lebih kalem dan memberikan ketenangan bagi siapa saja yang melihatnya.

Harga batik Bali putih : Rp 85.000,00

35. Setelan Kulot Batik Bali

Setelan Kulot Batik Bali
pinterest.com

Pecinta kulot direkomendasikan untuk mencoba setelan yang satu ini. Setelan batik yang terdiri dari atasan lengan setengah dengan panjang baju hingga sampai pusar dengan kombinasi celana kulot seperempat.

Cocok digunakan untuk orang yang memiliki tinggi badan cukup jangkung. Cocok juga digunakan dengan sepatu hak tinggi agar kulot terlihat lebih menarik.

Harga setelan kulot ini adalah Rp 350.000,00.

Motif bunga dan beberapa batik Bali yang telah diolah menjadi pakaian siap pakai di atas dapat kamu jadikan referensi saat ingin memilih outfit apa yang cocok untuk acara kamu.

Namun kebanyakan memang batik ditujukan untuk acara formal karena merupakan ciri khas bangsa Indonesia.

So, dari banyaknya pilihan yang telah disajikan diatas kamu tertarik dengan model yang mana nih ? Tulis di kolom komentar ya. Thank’s for the time 🙂

Resty Aprilia Founder blog bergaya.id, seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *