Meskipun IndiHome telah menyediakan layanan dengan kualitas yang memuaskan, tetap ada pelanggan yang ingin berhenti berlangganan. Namun, tidak banyak orang yang tahu bagaimana cara berhenti berlangganan IndiHome. Sekalipun mereka telah menggunakan layanan ini untuk waktu yang lama.
Umumnya, ada 3 metode yang bisa dilakukan untuk berhenti berlangganan IndiHome yaitu melalui telepon, melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook, serta mengajukan permintaan berhenti berlangganan langsung ke kantor plasa Telkom terdekat.
Cara berhenti berlangganan IndiHome sebenarnya susah-susah gampang. Bahkan, beberapa waktu lalu sempat ramai diperbincangkan karena banyak pelanggan IndiHome yang mengeluhkan sulitnya proses berhenti berlangganan layanan tersebut.
Untungnya, cara berhenti berlangganan IndiHome sekarang bisa dilakukan secara online dengan mengikuti beberapa cara berikut ini.
Syarat & Ketentuan Berhenti Berlangganan IndiHome
Untuk berhenti berlangganan IndiHome, ada beberapa syarat yang wajib kamu penuhi dan ketentuan yang wajib kamu pahami.
Berikut syarat dan ketentuan untuk berhenti berlangganan IndiHome:
- Siapkan fotokopi KTP atas nama pemilik IndiHome (secara offline).
- Foto atau Scan KTP atas nama pemilik IndiHome (secara online).
- Lakukan pelunasan tagihan bulanan terakhir. Jika sudah dibayar, bawa struk pembayaran tagihan tersebut.
- Lakukan pelunasan tagihan bulan berjalan.
- Pengembalian perangkat.
- Materai 6.000 dan stempel resmi dari kantor (khusus instansi).
Cara Berhenti Berlangganan IndiHome dengan Mudah
Cara berhenti berlangganan IndiHome dibagi menjadi dua metode, yaitu bisa dilakukan secara online maupun offline. Jika semua persyaratan sudah terpenuhi, kamu bisa langsung simak caranya di bawah ini.
1. Datang ke Plasa Telkom Terdekat
Jika punya banyak waktu, kamu bisa datang langsung ke Plasa Telkom terdekat untuk melakukan pemberhentian. Cukup membawa berkas persyaratan yang diperlukan, selanjutnya kamu bisa meminta bantuan customer service ditempat.
Langsung saja, berikut caranya :
- Bawa semua persyaratan termasuk perangkat milik Telkom yang akan dikembalikan.
- Datang ke Plasa Telkom terdekat saat jam kerja, yaitu jam 08.00-16.00 di hari senin hingga jum’at dan di jam 08.00-12.00 di hari sabtu.
- Ambil nomor antrian lalu tunggu sampai kamu mendapat giliran.
- Ajukan permintaan berhenti berlangganan IndiHome.
- Isi formulir, tulis nomor tagihan IndiHome, dan tulis alasan mengapa kamu ingin berhenti berlangganan.
- Jangan lupa lampirkan KTP atas nama pemilik IndiHome dan tanda tangan diatas materai.
- Selesai.
Jika belum paham tenang saja, nantinya kamu akan dipandu oleh customer service sampai selesai. Biasanya, kamu akan diminta sejumlah biaya untuk mengajukan pemutusan kontrak langganan IndiHome.
Jadi, pastikan kamu selalu membawa uang lebih jika memilih datang langsung ke Plasa Telkom alih-alih memilih cara online seperti berikut ini.
2. Melalui Call Center 147
Setiap perusahaan penyedia layanan pasti mempunyai Call center, begitupun dengan IndiHome. Kamu juga bisa menghubungi call center IndiHome di nomor 147 untuk mengajukan permintaan berhenti berlangganan. Namun layanan ini berbayar, kamu akan dikenakan biaya Rp 1.000/menit. Jadi, pastikan pulsa mu cukup ya.
Cara berhenti berlangganan IndiHome melalui call center sangat lah mudah. Cukup siapkan persyaratan yang diperlukan, lalu tekan kode area +147. Setelah telepon tersambung, segera sampaikan maksud dan tujuan secara singkat, padat, dan jelas.
Apabila semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi, maka layanan IndiHome milikmu akan segera dinonaktifkan. Selanjutnya, pihak IndiHome akan datang ke rumahmu untuk mengambil semua perangkat IndiHome yang digunakan.
3. Melalui Media Sosial
Cara berhenti berlangganan IndiHome yang terakhir yaitu melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter. Cara ini sangat simple dan mudah, dimana kamu hanya perlu mengirim pesan ke akun media sosial resmi milik IndiHome.
Layanan ini gratis tanpa bayar dan juga tidak terikat waktu. Kamu bisa mengaksesnya selama 24 jam. Hanya saja, kamu perlu sabar menunggu balasan dari pihak customer service-nya.
1. Lewat Facebook
- Buka fanspage Indihome di @telkomcare lalu klik opsi Pesan.
- Siapkan berkas untuk validasi identitas seperti nomor HP, foto KTP, foto KK, alamat email, dan nomor IndiHome.
- Ajukan permohonan pemberhentian layanan IndiHome dan segera melunasi tagihan yang masih ada.
- Selesai. Jika semua prosedurnya telah terpenuhi, maka layanan IndiHome kamu akan segera diberhentikan.
2. Lewat Twitter
- Buka akun Twitter @indiHome
- Kirim pesan atau direct message yang menyatakan bahwa kamu ingin berhenti berlangganan.
- Biasanya, kamu akan mendapat beberapa pertanyaan dari CS yang harus dijawab.
- Adapun syarat-syarat yang harus dipenuhi seperti nomor IndiHome, nomor identitas, nomor telepon, KK, capture kartu identitas, dan alasan berhenti berlangganan.
Ikuti semua prosedur yang diarahkan CS agar permintaan kamu segera ditindaklanjuti.
Itulah tadi beberapa cara berhenti berlangganan IndiHome yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat ya!