Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Undangan Pernikahan Unik

8 min read

Contoh Desain Undangan Pernikahan Unik

Undangan Pernikahan Unik – Undangan merupakan hal wajib yang harus dipersiapkan saat akan mengadakan pesta pernikahan. Undangan untuk pernikahan yang menarik bisa menjadi salah satu kenangan dan memori yang membekas di ingatan orang yang menikah.

Untuk itu, memilih contoh undangan pernikahan unik dan berbeda dari undangan biasanya menjadi pilihan tepat bagi kamu. Nah, berikut ini ada 45+ desain undangan pernikahan yang unik, lucu, dan inspiratif yang bisa kamu jadikan referensi.

Simak yuk!

Desain Undangan Pernikahan Unik dan Lucu

1. Konsep Mawar Putih

Desain Undangan Pernikahan Unik Dan Lucu

Pernikahan memang identik dengan warna putih yang melambangkan kesucian. Warna putih pada gaun pernikahan ternyata bisa dijadikan inspirasi untuk kamu yang ingin membuat undangan dengan konsep yang unik dan tidak biasa. Agar tidak polos, kamu bisa menambahkan beberapa hiasan lain yang satu tema, contohnya mawar putih.

2. Model yang Unik dan Simple

Desain Undangan Pernikahan Unik Cdr

Undangan yang terlalu penuh dengan ornamen dan hiasan mungkin tidak disukai oleh beberapa calon pengantin.

Sebagai solusinya, kamu bisa mencoba desain simple dengan menambahkan sedikit hiasan pada undangan berlatar putih. Simple namun tetap unik saat dilihat.

3. Undangan dengan Tampilan Mewah

Undangan Pernikahan Murah Dan Unik Harga 1000

Konsep mewah juga bisa kamu bawa pada undangan yang akan kamu berikan ke sahabat dan teman dekat saat pernikahan kamu nanti.

Ciri khas desain ini adalah tidak menggunakan hiasan yang begitu menonjol serta mempertahankan warna dasar. Penambahan aksesoris pada undangan serta amplop undangan yang diganti dengan kotak juga menambah kesan mewah desain ini.

4. Sampul Lace

Undangan Pernikahan Unik Dan Bermanfaat

Undangan yang satu ini bisa dibilang sangat unik, karena pada sampul undangan terdapat tampilan berupa ukiran khas Indonesia yang sangat cantik.

Mungkin orang yang menerimanya tidak akan membuang undangan tersebut begitu saja karena bentuknya yang sangat unik dan indah seperti hiasan.

Undangan ini juga memperlihatkan sisi mewahnya karena lembaran isi undangan dibungkus begitu rapi yang membuatnya spesial.

5. Tutup Ukiran

Format Undangan Pernikahan Unik

Masih berkonsep ukiran, desain undangan ini sangat simple namun sangat cantik jika dilihat.

Hanya ada satu lembar kertas utama sebagai isi undangan yang ditambah dengan ukiran kertas sebagai tutup undangan.

Lembaran isi juga menampilkan keterangan isi undangan yang dibuat praktis dan simple, bukan berlembar-lembar.

6. Tampilan Elegan

Undangan Pernikahan Unik Buatan Sendiri

Unik dan elegan, merupakan kata yang bisa menggambarkan tampilan desain undangan yang satu ini. Pasalnya, bentuknya yang unik, simple, namun masih memperlihatkan sebuah undangan layaknya undangan dari orang kalangan atas yang mewah dan elegan.

Warna yang dipilih adalah warna coklat khas dompet kulit dengan tambahan motif khas warna hitam. Ukurannya yang tebal juga membuatnya terlihat mewah dan elegan.

7. Ukiran Bunga Sakura

Gambar Desain Undangan Pernikahan Unik

Kesan manis dan imut sangat melekat pada desain undangan di atas. Pecinta bunga sakura pasti tidak akan menampiknya, bahwa desain undangan pernikahan ini memang sangat manis karena selain bunganya yang cantik, pemilihan warna merah muda juga sangat pas dan serasi.

Bentuk undangan ini adalah bujur sangkar yang memperlihatkan kesan undangan yang praktis. Selain itu, undangan ini juga terlihat menawan karena adanya pita yang membuatnya semakin manis.

8. Nuansa Islami

Referensi Undangan Pernikahan Unik

Menghadirkan nuansa Islam dalam undangan pernikahan kamu bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Desain undangan untuk pernikahan bernuansa Islam dapat kamu buat dengan desain seperti contoh di atas.

Ciri khasnya adalah warna hijau tua serta ornamen kubah masjid yang khas.

Sebagai variasi, kamu juga bisa menambakan kaligrafi atau lafadz basmalah pada undangan yang kamu buat agar lebih memperlihatkan undangan bernuansa Islam yang kental.

9. Dua Lembaran Terpisah

Desain Undangan Pernikahan Unik Psd

Keunikan desain undangan ini terletak pada isi undangan yang terpisah antara keterangan satu dengan yang lainnya. Bagian inti dari isi undangan memiliki ukuran yang besar dari bagian yang lain. Hiasannya pun sangat simple dengan menambahkan bingkai bunga berbentuk lingkaran.

Untuk bagian sampulnya, undangan ini menggunakan bentuk yang bisa dibuka tutup. Warna yang dipilih adalah warna pink yang sedikit lebih tegas, dengan tambahan lace yang terlihat detail dan rumit.

10. Amplop Ukiran

Undangan Pernikahan Paling Unik

Jika sebelumnya ukiran diletakkan pada bagian lembaran isi undangan, ternyata ukiran juga bagus jika dijadikan tema untuk amplop pada undangan. Dengan isi yang sederhana, undangan tetap akan menjadi mewah dan unik dengan adanya ukiran pada tampilan depan amplop.

Bagian tutup amplop berbentuk ukiran yang sangat rumit dan memenuhi area depan, sedangkan bagian belakang dan bagian dalam amplop tidak terdapat ukiran alias polos.

11. Undangan Unik dan Murah

Undangan Pernikahan Unik Bandung

Untuk kamu yang tidak ingin banyak menghabiskan dana hanya untuk membuat undangan pernikahan, mungkin contoh desain undangan di atas cocok untuk kamu.

Menonjolkan konsep hand lettering yang sedang hits menjadikannya tetap unik meski cocok dibanderol dengan harga 1000 per lembarnya.

Agar tampilannya lebih sedikit unik, bungkus dengan amplop plos berwarna biru metal. Penambahan amplop juga lebih menarik dilihat, mengingat isi undangan yang polos tanpa ornamen bunga atau ornamen yang lainnya.

12. Jumbo dan Simple

Undangan Pernikahan Unik Cdr

Undangan ini sangat simple karena hanya terdapat satu lembar undangan tanpa amplop atau wadah lainnya.

Kamu bisa mencetaknya dengan menggunakan kertas yang agak tebal untuk membuatnya tetap etis dan sopan. Konsep undangan pun sangat sederhana dengan hiasan bunga-bunga sebagai bingkai.

13. Ukiran Bujur Sangkar

Undangan Pernikahan Unik Jogja

Undangan pernikahan mungkin biasanya dijumpai dalam bentuk persegi panjang. Namun desain yang satu ini menampilkan undangan pernikahan berbentuk persegi atau bujur sangkar yang sangat mungil dan lucu.

Ukirannya yang cantik menambah manis desain undangan ini. Ada satu bagian yang menarik untuk dilihat meski ukurannya kecil, yakni pengait yang berbentuk seperti berlian dengan fungsi untuk membuat undangan tertutup rapi sebelum sampai pada penerimanya.

14. Peach Lace

Undangan Pernikahan Simple Unik

Melihat undangan ini rasanya sangat sayang jika dibuang begitu saja dan sepertinya akan sangat melekat pada pasangan pengantin yang pernah membagikannya. Bentuknya sangat manis dengan renda berwarna peach yang diberi tambahan pita sebagai pengaitnya. Mencerminkan wanita yang feminim dan sangat cantik.

15. Bingkai Mawar

Undangan Pernikahan Online Unik

Desain ini mungkin sudah tidak asing bagi kamu yang sering menjumpai karya seni pada foto. Penggunaan bingkai mawar berbentuk lingkaran dan segi empat menampilkan desain undangan yang simple dan modern.

Corak bunga pada desain undangan ini merupakan corak kartun atau bunga animasi dua dimensi yang khas. Hal ini menambah kuat konsep seni pada undangan serta menampilkan kreativitas pembuatnya.

16. Warna Karton dan Ukiran

Gambar Undangan Pernikahan Yang Unik

Mungkin dari bentuknya kita tidak akan pernah tau bahwa itu adalah sebuah undangan pernikahan sebelum membukanya. Bentuknya yang seperti karton kardus dengan ukiran tidak membuatnya terlihat lusuh, namun justru terlihat elegan dan sangat artistik.

Ukuran undangan ini juga lumayan tebal serta tampilan sampulnya yang tidak menunjukkan nama pengantin atau apapun.

17. Invitation Letter

Undangan Nikah Unik Murah

Dari bentuknya mirip surat biasa namun berisi sebuah undangan pernikahan. Desainnya sangat sederhana, unik, serta bisa menghemat biaya pencetakan kertas untuk undangan. Warna yang dipilih merupakan warna soft yang biasanya masuk dalam kategori warna-warna pastel.

18. Ornamen Brokat

Foto Undangan Pernikahan Unik

Kain brokat pada kebaya pengantin memang identik dengan pernikahan adat di Indonesia. Hal tersebut menjadi inspirasi dari desain undangan yang satu ini. Dari bentuk luarnya saja kita sudah paham bahwa isinya adalah undangan untuk pernikahan.

Keunikan lain dari undangan ini adalah pusat perhatian yang dituju ada pada nama calon pengantin yang tertera di tengah depan undangan. Dengan begitu, pembaca akan langsung tahu, dari siapakah undangan itu dikirimkan.

19. Model Brosur

Undangan Pernikahan Terbagus

Desain undangan pernikahan yang satu ini memiliki keunikan yang terletak pada bentuknya yang seperti brosur.

Bentuk persegi panjang lebih tinggi serta warnanya yang tidak mencolok menjadikan undangan yang satu ini sangat cocok untuk acara pernikahan yang berkonsep tradisional.
Warna-warna yang dipilih biasanya adalah warna coklat, abu-abu, emas, atau warna putih.

20. Simpul Pita

Undangan Pernikahan Yang Unik Dan Murah

Bentuk dan desainnya sangat simple tapi mencerminkan kekhusyukan pada acara pernikahan. Hanya ada warna putih bersih berisi coretan-coretan yang akan menjadi kenangan nanti pasca pernikahan berlangsung. Ditambah simpul dari pita yang menggambarkan ikatan yang erat dari kedua mempelai.

Isi undangan bisa dibuat berlembar-lembar dan bisa juga dibuat halaman-halaman yang bisa dibuka tutup agar lebih simple.

21. Bingkai Foto

Undangan Pernikahan Unik Simple

Konsep utama dari undangan pernikahan ini adalah bingkai foto. Bentuknya hanya lembaran yang terpisah dengan sampul undangan.

Namun justru inilah yang menjadi keunikan dari desain yang satu ini. Dengan pemilihan font yang tepat akan menjadikannya cantik.

22. Ukiran Bentuk Pohon

Undangan Pernikahan Yang Simple

Nampaknya desain undangan berupa ukiran kertas menjadi trend saat ini. Selain bentuknya yang unik dan menarik, desain undangan ini juga menampilkan kreativitas yang cukup tinggi. Salah satu ukiran unik pada kartu undangan adalah bentuk pohon.

Bentuknya yang rumit menjadikannya terlihat mahal dan sangat berkelas. Warna kertas yang digunakan adalah warna yang berkilau, seperti warna emas, dengan latar belakang warna gelap hitam atau krem.

23. Undangan 3 in 1

Tema Undangan Pernikahan Unik

Saat ingin membuka dan membaca satu per satu isi undangan, kamu harus membuka tiga bagian undangan ini terlebih dahulu. Konsep unik ini menjadi hal baru yang bisa kamu jadikan pilihan untuk konsep undangan pernikahan yang unik dan berbeda dari biasanya.

24. Undangan Gaya Barat

Undangan Pernikahan Yg Unik

Ciri khas undangan yang ada di negara barat adalah adanya lembaran RSVP yang digunakan untuk meminta pihak yang diundang apakah bisa hadir atau tidak. Bagian ini biasanya tercantum langsung beserta kontak yang digunakan untuk menghubungi atau lembaran manual yang harus dikirimkan langsung. Konsep ini bisa kamu tiru dalam undangan pernikahanmu agar lebih modern.

25. Amplop Berkas

Undangan Pernikahan Unik Murah

Selain amplop biasa yang memiliki tutup yang berujung tumpul, kamu juga bisa melakukan variasi pada amplop dengan bentuk datar. Keunikan dari bentuk undangan ini adalah terlihat seperti berkas-berkas dengan tampilan unik.

26. Konsep Berlembar-Lembar

Undangan Pernikahan Unik Dan Murah Di Jakarta

Mendapat surat berlembar-lembar memang sudah biasa, namun mendapatkan satu undangan dengan isi berlembar-lembar barulah hal yang tidak biasa dan terkesan unik. Isi dari lembaran-lembaran tersebut dapat kamu kreasikan sesukamu, bisa ditambahkan dengan pesan hangat dan akrab atau yang lainnya, di samping isi inti dari undangan.

27. Amplop Lace Mawar Pink

Undangan Pernikahan Yang Unik

Penggemar warna merah muda jangan sampai melewatkan contoh desain undangan pernikahan yang satu ini. Semua lembaran undangan memiliki hiasan lace mawar dengan latar belakang undangan berwarna putih. Pada bagian depan amplop juga terdapat pengait agar bisa ditutup dan dibuka dengan mudah.

28. Amplop Ukiran Full

Contoh Undangan Pernikahan Unik Dan Lucu

Bagian amplop undangan ini berlubang-lubang karena memang penuh dengan ukiran yang biasanya hanya diletakkan di pojok atau sisi undangan saja. Meskipun warnanya simple, undangan ini terlihat menarik dan berkelas.

29. Konsep Surat

Template Undangan Pernikahan Unik

Surat memang identik dengan amplop tertutup berwarna polos. Bentuk amplop inilah yang memberi inspirasi dalam penciptaan konsep undangan yang satu ini. Bentuknya sederhana karena hanya ada satu lembar isi undangan seperti lembaran surat, serta amplop putih polos yang tertutup rapat.

Untuk penutupnya, kamu bisa menggunakan stamp surat yang berwarna sama dengan konsep warna undangan yang kamu buat.

30. Warna Abu Elegan

Undangan Pernikahan Unik Dan Elegan

Bentuk surat lainnya juga bisa dibuat lebih elegan dengan memperkecil bentuk kertas pada isi di dalam amplop. Agar lebih terkesan elegan, pilih warna abu-abu sebagai warna dasar undangan. Pada bagian isi undangan sebaiknya menggunakan warna putih atau abu muda agar tulisan lebih mudah dibaca dan rapi.

31. Renda Brokat Krem

Undangan Pernikahan Unik 2018

Desain undangan ini memiliki dua segel, yakni amplop polos sebagai segel yang pertama dan bagian melingkar yang disertai dengan keterangan nama kedua calon pengantin. Pada bagian sisi isi undangan menggunakan kertas lace berbentuk seperti model kain brokat berwarna krem yang kalem.

32. Amplop Elegan

Gambar Undangan Pernikahan Unik

Kesan elegan pada undangan memang sebagian besar terletak pada halaman awal undangan. Namun tak ada salahnya untuk menampilkan kesan elegan pada bagian amplop. Kamu bisa memilih renda atau ukiran yang cocok dengan bentuk yang elegan seperti gambar di atas.

33. Undangan Siluet

Undangan Pernikahan Kekinian

Konsep undangan dengan sampul siluet kedua pengantin memang tidak banyak dipilih karena memakan waktu pengerjaan. Namun jika kamu mempersiapkannya jauh-jauh hari tentu hal tersebut tidak menjadi masalah. Bentuknya yang sangat artistik dan menampilkan kreativitas tinggi membuatnya pantas mendapat kategori unik.

34. Satu Bendel Undangan

Undangan Pernikahan Unik Dan Murah

Konsep yang nyeleneh dan lucu menjadi salah satu trend untuk membuat sesuatu, termasuk undangan pernikahan. Desain yang satu ini sangat unik dan lucu karena terlihat simple namun out of the box.

Undangan ini memiliki bentuk yang unik berupa bendel. Tumpukan kertas yang terlihat biasa saja dengan tulisan-tulisan font tertentu berada dalam sebuah segel.

35. Amplop Selip Renda

Undangan Pernikahan Unik Elegan

Model amplop pada desain undangan ini tidak memiliki tutup pada bagian atasnya. Untuk membuka isi undangan kamu cukup menariknya ke arah atas. Bentuk renda yang sangat cantik dan rumit atau detail membuatnya sangat indah dipandang serta terlihat fungsional.

36. Sisi Berwarna

Undangan Pernikahan Unik Dan Lucu

Jika kamu senang dengan motif gambar tertentu namun motif tersebut terlalu sulit untuk dijadikan latar belakang tulisan pada undangan, kamu tetap bisa menggunakannya. Pada contoh desain undangan di atas, cukup dengan menambahkan area kosong berwarna putih pada sisi sebaliknya untuk memperjelas tulisan. Bagian motif diletakkan sebaliknya untuk memberikan warna pada undangan.

37. Konsep Flower Headband

Undangan Pernikahan Islami Unik

Bentuknya erat kaitannya dengan konsep pernikahan yang dilangsungkan di outdoor.

Cocok untuk kamu terapkan jika kamu memang mengusung pernikahan outdoor tanpa atap dan ingin undangan yang kamu buat serasi dengan tema pernikahan. Ciri khas pernikahan outdoor salah satunya adalah penggunaan flower headband.

38. Undangan Pernikahan Unik Sobekan Kertas

Undangan Pernikahan Unik Surabaya

Bentuk pinggiran kertas yang mulus memang sudah biasa, namun sangat jarang orang yang memilih sisi terjal untuk undangan pernikahan.

Karena tidak banyak orang yang memilih sisi terjal, kamu bisa mencobanya sebagai sesuatu yang extraordinary. Konsepnya, kamu seperti menggunakan kertas tersobek.

39. Model Lukisan Kopi

Undangan Pernikahan Unik Instagram

Lukisan kopi dengan satu warna seragam menjadi konsep undangan yang satu ini. Lukisan yang disajikan merupakan gabungan dari bunga-bunga dan keindahan alam sekitar. Karena warnanya yang coklat keemasan, undangan ini terlihat sangat berkelas dan juga memperlihatkan suasana zaman dahulu yang bisa membuat nostalgia.

40. Undangan Pernikahan Unik Konsep Islami

Undangan Pernikahan Unik Dan Simple

Konsep Islam pada undangan pernikahan dapat kamu berikan pada bentuk bingkai lembaran undangan. Bingkai kubah masjid memang mencolok pada desain undangan yang bernuansa Islam. Selain itu, undangan ini juga tidak banyak ditambahkan hiasan-hiasan seperti bunga atau yang lainnya.

Agar lebih menarik, penggunaan amplop polos dan stamp untuk menutup amplop juga sangat disarankan.

41. Bentuk Kebaya Pengantin

Undangan Pernikahan Unik Jakarta

Untuk kamu yang ingin mengambil tema tradisional pada pernikahan kamu dan juga undangannya, kamu bisa memilih desain yang satu ini. Kebaya berwarna merah muda menjadi sampul pembuka undangan yang sangat cantik. Selain cantik, undangan ini juga memperlihatkan sisi feminim pada pengirimnya.

Detail brokat yang tinggi ada pada undangan yang satu ini. Untuk membuatnya, mungkin kamu memerlukan waktu yang cukup lama karena desain yang luar biasa cantik.

42. Warna Sampul Polos dan Bunga

Desain Undangan Pernikahan Unik Dan Lucu Terbaru

Undangan ini sangat sederhana, namun tak kalah bagusnya dengan desain yang lain. Pada amplop dan sampul awal undangan menggunakan warna polos pink fanta. Sedangkan pada bagian dalam undangan dan amplop undangan memiliki tema bunga dengan warna yang sama. Hal ini membuat undangan ini sangat unik dan menarik.

43. Undangan Lipat 3

Contoh Undangan Pernikahan Islami Unik

Undangan yang mudah dibuka bisa didesain dengan berbagai cara, termasuk membuat lipatan yang mudah.

Undangan yang satu ini memperlihatkan sisi praktis dari sebuah undangan tanpa meninggalkan kesan unik dan cantik pada desain luarnya. Sampul ukiran dan juga bagian dalamnya sangat cantik dan fungsional.

Bagian isi undangan hanya ada satu lembar dengan penjelasan yang sangat singkat namun mudah dimengerti pembacanya.

44. Renda Motif Pakis

Desain Undangan Pernikahan Islami Unik

Berbagai motif renda bisa dipilih selain motif bunga, salah satunya adalah renda motif pakis. Penambahan pita berukuran sedang juga bisa mempercantik tampilan undangan pernikahan. Untuk bagian utamanya, yakni bagian isi yang berisikan keterangan hari pernikahan dan tempatnya bisa dibuat berupa lembaran yang tidak menempel, namun bisa juga dibuat menempel agar tidak jatuh.

45. Model Buku Diary Lace

Undangan Pernikahan Unik

Bentuk undangan ini menyerupai buku yang bisa ditutup dan dibuka dengan mudah. Kombinasi antara bingkai bunga pada isi undangan sangat cocok dengan bagian sampul yang menggunakan tema renda dengan warna merah muda yang terlihat kalem.

Untuk font yang digunakan, undangan ini menggunakan font yang biasa digunakan pada seni hand lettering. Penambahan bunga-bunga kecil pada lembaran isi undangan juga membuat undangan ini sangat sayang jika dibuang.

Memilih model desain undangan yang menarik bisa dilihat dari bentuk dan konsep yang diusung. Beberapa contoh desain di atas sangat unik dan bermanfaat bagi kamu yang membutuhkan referensi.

Kamu bisa menyesuaikannya dengan konsep pernikahanmu nantinya agar undangan dan acara pernikahan bisa serasi dan menjadi kenangan yang membekas di memori.

Undangan Pernikahan Unik

Resty Aprilia Seorang dreamer and learner yang suka menulis perkembangan lifestyle kaum millenial dari masa ke masa.

Model Baju Batik

Resty Aprilia
9 min read

Batik Bali

Resty Aprilia
10 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *