Home » Inspirasi » Contoh Surat » Lengkap ! 15 Contoh Surat Pernyataan & Cara Membuatnya

Lengkap ! 15 Contoh Surat Pernyataan & Cara Membuatnya

Sayangnya, masih banyak orang yang belum atau bahkan tidak paham dengan surat pernyataan. Padahal surat ini sering kali dibuat di kehidupan sehari-hari dalam bidang pekerjaan. Kamu bisa melihat contoh surat pernyataan sebagai referensi pembuatan surat tersebut.

Bagi keadaan atau kondisi tertentu, adanya surat pernyataan ini menjadi hal yang penting. Misalnya saja kamu membuat surat pernyataan sehat untuk keperluan melamar kerja di suatu tempat. Namun supaya tidak salah dalam pembuatannya, maka simak penjelasan lengkap surat pernyataan berikut.

Apa itu Surat Pernyataan?

Apa itu Surat Pernyataan

Nah, supaya lebih jelas lagi inilah pengertian dari surat pernyataan, yaitu sebuah surat yang biasanya dibuat sebagai pernyataan dari seseorang. Pernyataan ini bisa berhubungan dengan apa saja ya, bisa yang masih berhubungan dengan si pembuat surat atau orang lain.

Misalnya pernyataan tentang seseorang yang tak pernah melakukan suatu hal atau pernah melakukan sesuatu yang berkaitan dengan jenis suratnya. Bisa juga pernyataan ini berhubungan dengan kesanggupan/kesediaan dari seseorang dalam melakukan sesuatu.

Hal ini berlaku juga untuk keadaan yang tak resmi atau malah yang resmi, dan berkaitan dengan aspek kelegalan sebuah hukum yang ditulis di atas kertas bersegel.

Jenis dari surat pernyataan ini bisa berupa apa saja, misalnya surat pernyataan diri, pernyataan kerja, pernyataan hutang, surat pernyataan kesanggupan, bebas dari narkoba, permohonan maaf, surat pernyataan perjanjian, surat pernyataan bermaterai dan sebagainya.

Fungsi Surat Penyataan

Fungsi Surat Penyataan

Gimana dengan fungsi dari surat pernyataan itu sendiri? Yuk simak apa saja fungsi dari surat pernyataan:

  1. Menjadi sebuah deklarasi dari pernyataan seseorang untuk bisa melakukan atau tak melakukan sesuatu, yang isinya sesuai dengan yang sudah tertuang di dalam surat pernyataan itu sendiri.
  2. Menjadi pengingat untuk beberapa pihak yang memiliki kepentingan untuk bisa melaksanakan/mengingatkan tentang isi dari surat pernyataan itu sendiri.
  3. Menjadi dokumen pendukung atau bisa juga menjadi pelengkap ketika akan melakukan persyaratan dari administratif.
  4. Menjadi dokumen pendukung ketika ada pelanggaran atau adanya tindakan yang ternyata tak sesuai dengan isi dari pernyataan, dengan yang kala itu sedang terjadi.

Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

Cara Membuat Surat Pernyataan yang Baik dan Benar

Sebuah contoh surat pernyataan harus dibuat dengan sederhana tetapi tetap lugas. Ada beberapa poin yang bisa kamu perhatikan ketika kamu membuat surat ini, yaitu seperti di bawah ini:

  1. Menentukan Jenis surat seperti apa yang akan dibuat termasuk pada isi dan juga judulnya.
  2. Memerhatikan cara penulisan yang dimulai dari tanda bacanya, salah ketik atau typo, dan tata bahasanya bagaimana, karena surat pernyataan mengandung kekuatan hukum.
  3. Membuatnya dengan lugas dan secara langsung, artinya jangan bertele-tele.

Kumpulan Contoh Surat Penyataan

Berikut ini ada beberapa referensi dalam contoh surat pernyataan yang tepat, dengan format yang benar:

1. Surat Pernyataan Kesanggupan

Surat Pernyataan Kesanggupan

Sesuai dengan namanya, surat pernyataan dari sebuah kesanggupan ini menyatakan sanggup atau tidaknya seseorang dalam melakukan atau tidak melakukan suatu hal.

2. Surat Pernyataan Kontrak Kerja

Surat Pernyataan Kontrak Kerja

Surat pernyataan yang satu ini isinya mengenai kontrak kerja seseorang, yang di dalamnya memuat beberapa poin penting apa yang boleh dan tak boleh dilakukan oleh si pekerja dan si pemberi kerja.

3. Surat Pernyataan Kerja

Surat Pernyataan Kerja

Surat ini menandakan pernyataan dari seseorang yang menegaskan bahwa yang bersangkutan memang bekerja di suatu perusahaan. Nama dari orang yang memberi pernyataan dan orang yang bekerja dicantumkan di sana.

4. Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Surat Pernyataan Bebas Narkoba

Pernyataan mengenai bebas narkoba ini ditulis dalam bentuk surat resmi, artinya orang yang disebutkan di dalam surat bebas dari narkoba dan tidak mengkonsumsi jenis narkoba apapun. Biasanya surat pernyataan ini dibuat sebagai persyaratan sesuatu hal.

5. Contoh Surat Pernyataan Hutang

Contoh Surat Pernyataan Hutang

Surat pernyataan hutang merupakan surat resmi dari pihak si pemberi hutan dan penerima hutang, dengan mencantumkan data diri kedua pihak di dalamnya.

Dijelaskan juga di dalam surat hutang pihutangnya dalam bentuk apa, dan bagaimana cara pembayaran atau sangsi yang diperoleh jika si penerima hutang tidak membayar hutangnya tepat waktu.

6. Surat Pernyataan Umum

Surat Pernyataan Umum

Sama dengan nama jenis pernyataannya, bahwa surat ini membahas sesuatu yang umum misalnya dalam bidang pekerjaan yang menekankan bahwa si pembuat pernyataan tidak sedang terikat dengan perusahaan manapun.

7. Surat Pernyataan Penyesalan

Surat Pernyataan Penyesalan

Biasanya surat ini adalah permintaan/permohonan maaf yang juga disebutkan di dalamnya bahwa orang yang bersangkutan, mengaku telah melakukan kesalahan lalu tak akan diulangi lagi. Surat pernyataan ini berupa penyesalan karena kesalahan yang ia lakukan.

8. Surat Pernyataan Belum Menikah

Surat Pernyataan Belum Menikah

Contoh surat pernyataan yang satu ini berisi tentang keterangan dari seseorang bahwa ia sama sekali belum menikah. Untuk jenis surat resmi, biasanya pernyataan ini dibuat sebagai salah satu persyaratan dalam melamar kerja.

9. Surat Pernyataan Praktik Umum

Surat Pernyataan Praktik Umum

Jenis persyaratan praktik umum yang berupa surat ini, bisa berbentuk apapun misalnya menyatakan bahwa yang bersangkutan memiliki tempat praktik dalam bidang yang ia kuasai. Misalnya bidang yang sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

10. Surat Pernyataan Kehilangan Ijazah

Surat Pernyataan Kehilangan Ijazah

Surat pernyataan atau keterangan tentang kehilangan izasah bisa juga digunakan sebagai pengganti dari ijasah yang hilang. Untuk kebutuhan yang sifatnya penting, surat kehilangan ini bisa menjadi pernyataan resmi bahwa ijasahnya memang hilang.

11. Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

Surat Pernyataan Penghasilan Orang Tua

Sesuai dengan jenis pernyataannya, surat ini menyebutkan jumlah penghasilan dari orang tua. Biasanya surat pernyataan ini bertujuan untuk menyatakan ketidakmampuan orang tua dalam membayar uang sekolah/kuliah, atau sebaliknya.

Kemampuan orang tua dalam membayar uang sekolah/kuliah anaknya.

12. Surat Pernyataan Kehilangan STNK, BPKB, SIM

Surat Pernyataan Kehilangan STNK, BPKB, SIM

Dokumen-dokumen penting seperti misalnya BPKB, STNK, dan juga SIM bisa saja hilang. Untuk itu, diperlukan surat pernyataan kehilangan untuk kebutuhan di perjalanan saat berkendara.

13. Surat Pernyataan Cerai

Surat Pernyataan Cerai

Bagi pasangan yang telah bercerai bisa membuat surat pernyataan cerai untuk kebutuhan apapun. Surat ini menegaskan bahwa pasangan tersebut telah bercerai dengan mencantumkan juga kapan tanggal resmi bercerainya dan sebagainya.

14. Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Contoh Surat Pernyataan Orang Tua

Biasanya surat pernyataan dari orang tua dibuat untuk kebutuhan sekolah, mengenai sesuatu hal dan dibuat oleh orang tua dari murid sekolah.

15. Surat Pernyataan Perjanjian Jual Beli Tanah

Surat Pernyataan Perjanjian Jual Beli Tanah

Surat pernyataan dari jual beli biasanya dibuat oleh pihak pembeli dan penjual, yang disebutkan di dalamnya ketentuannya apa saja berupa beberapa buah pasal. Misalnya dalam hal jual beli tanah warisan, yang dibuat pernyataannya oleh pihak ahli waris.

Surat pernyataan perjanjian bisa berupa apa saja, bisa juga perjanjian mengenai suatu hal tak hanya terbatas pada jual beli saja.

Setelah mengetahui pengertian dari surat pernyataan dan melihat beberapa contoh surat pernyataan, sekarang pasti bisa dong buat surat pernyataan sendiri. Maka kamu tak akan kesulitan dalam membuat surat resmi yang berupa pernyataan mengenai sesuatu.

About Bagas Kurnia Prasetyo

Content Writer Jr. Mahasiswa part time yang suka teknologi

Leave a Comment