Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Review Drakor Hospital Playlist – Lebih dari Sekedar Drama Medis Biasa

5 min read

Review Drakor Hospital Playlist

Annyeong Chingudeul!

Mana nih penggemar drakor medis? Kalian yang suka drama berbau kedokteran pasti sudah nggak asing lagi dong dengan drama korea yang satu ini, yup ‘Hospital Playlist’.

Hospital Playlist merupakan drama slice of life yang menceritakan kisah kehidupan para tenaga medis. Sejak tayang perdana pada bulan maret lalu, drama ini sukses menarik perhatian publik karena dibintangi oleh sederet aktor papan atas.

Selain itu, Hospital Playlist juga disutradarai oleh Shin Won Ho dan naskahnya ditulis oleh Lee Woo Jung, sosok dibalik kesuksesan drama Prison Playbook dan Reply Series.

Mungkin karena digarap oleh orang-orang besar dan berbakat, para penonton jadi lebih yakin dan berekspektasi tinggi kalau drama ini pasti bagus. And yup, Hospital Playlist memang sebagus itu!

K-drama Hospital Playlist

Ceritanya sangat relate dengan kehidupan banyak orang. Konflik nya pun nggak terlalu rumit, tapi juga nggak sederhana. Intinya, drama Hospital Playlist sangat menarik buat diikuti.

Hospital Playlist juga mengangkat sisi humanistik dari sisi para dokter yang juga seorang manusia biasa. Dimana mereka memiliki permasalahan lain soal keluarga, cinta, dan urusan pribadi lainnya.

Hospital Playlist Scane

Nah, buat yang penasaran kenapa namanya Hospital Playlist? Ya, karena drama ini menyelipkan unsur musikal dalam cerita dan adegan-adegannya.

Jadi ceritanya, para dokter disini tuh hobi main musik. Ditengah kesibukannya sebagai dokter, mereka masih menyempatkan diri berlatih band bersama untuk sekedar nostalgia dan memperkuat hubungan persahabatan.

Sinopsis

Drama korea Hospital Playlist menceritakan kisah kehidupan lima dokter di Yulje Medical Center yang bersahabat sejak masa kuliah sampai mereka bekerja di rumah sakit yang sama.

Kelima dokter tersebut memiliki karakter yang berbeda-beda. Ada yang cool, baik hati, pendiam, aneh, hingga kekanakan. Meski tak ada yang sama satupun, perbedaan karakter tersebut justru membuat mereka sangat dekat dan saling memahami.

Geng Hospital Playlist

Hospital Playlist Poster

Mereka pertama kali bertemu saat sama-sama kabur dari acara penerimaan mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Seoul angkatan 99. Sejak saat itu, pertemanan mereka terjalin makin erat.

Nggak ada yang jahat, nggak ada karakter yang bikin emosi dan pengen maki-maki. Drama ini murni menceritakan kisah kehidupan para dokter tanpa dilebih-lebihkan.

Yuk, kenal lebih dekat dengan kelima tokohnya.

Jo Jung Suk as Lee Ik Jun

Jo Jung Suk as Lee Ik Jun

Dokter bedah umum yang tidak hanya handal secara akademis tapi juga mudah bersosialisasi. Lee Ik Jun ini kepribadiannya memang kocak banget, ramah, tapi sering ikut campur urusan orang lain.

Lee Ik Jun juga jadi dokter andalan di Bangsal VIP. Pasien VIP di Yulje Medical Center terus meningkat sejak Ik Jun yang bertugas di sana.

Selain dokter yang kompeten, Ik Jun juga sosok ayah yang hebat. Dia membesarkan anaknya seorang diri setelah diceraikan oleh istrinya yang tukang selingkuh. Wahh super daddy!

U Ju

Hubungan ayah dan anak ini tuh seru banget. Banyak adegan lucu antara Ik Jun dan anaknya U Ju yang sukses bikin penonton tertawa.

Salah satunya saat adegan Ik Jun yang datang ke rumah sakit menggunakan helm mainan yang tak bisa dilepas, karena helm itu ternyata diberi lem oleh anaknya sendiri. Nakal bangat, tapi gemes!

Hospital Playlist Moment

Ik Jun juga punya seorang adik perempuan yang berprofesi sebagai tentara. Hubungan Ik Jun dan Ik Sun ya kayak hubungan kakak adik pada umumnya, sering berantem nggak jelas tapi nanti baikan dan akrab lagi.

Yoo Yeon Seok as Ahn Jeong Won

Yoo Yeon Seok as Ahn Jeong Won

Dokter bedah pediatrik yang punya kepribadian lembut, baik hati, ramah, sayang anak-anak, dan selalu dianggap sebagai malaikat penolong oleh pasiennya.

Meski hidupnya terlihat sederhana, Ahn Jeong Won ternyata seorang chaebol. Dia adalah putra bungsu mendiang Presdir Yulje Medical Center yang diharapkan untuk menggantikan posisi ayahnya.

Bahkan, teman se-Geng nya pun nggak ada yang tahu kalau Jeong Won ternyata orang kaya. Dia ini terlalu perhitungan, sampai-sampai mendekati kata pelit.

Jeong Won Hospital Playlist

Jeong Won sebenarnya nggak mau jadi presdir, dia bercita-cita menjadi pastor seperti keempat kakaknya. Tapi sayang, keinginannya selalu ditentang oleh ibunya dan dihalangi oleh kakak-kakaknya.

Sebagai dokter, Jeong Won ini punya hati yang lembut dan gampang tersentuh. Kalau pasiennya sembuh, Jeong Won ikut bahagia. Tapi kalau pasiennya meninggal dan gagal diselamatkan, moodnya pun ikut buruk.

Cinta memang bisa tumbuh dimana saja dan kapan saja, begitupun dengan Jeong Won. Setiap kali bertatapan dengan salah satu dokter bedah residen bernama Jang Gyeo Wool (Shin Hyun Bin), hati Jeong Won mulai berdesir dan jantungnya berdetak tak karuan.

Jang Gyeo Wool (Shin Hyun Bin)

Cintanya nggak bertepuk sebelah tangan, Gyeo Wool sebenarnya juga jatuh cinta pada Jeong Won. Tapi gara-gara sikap Jeong Won yang terkesan dingin, Gyeo Wool jadi ragu untuk mendekat. Padahal Jeong Won bersikap dingin dan acuh hanya untuk menutupi perasaannya. Ah rumit!

Baca Juga :

30+ Rekomendasi Drama Korea Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Udah Nonton ?

Jung Kyung Ho as Kim Joon Wan

Jung Kyung Ho as Kim Joon Wan

Seorang dokter kardiotoraks yang sangat tegas dan blak-blakan. Dia ini orangnya nggak bisa basa-basi, entah itu kepada pasien maupun teman. Bahkan, setiap menjelaskan kondisi pasien pada keluarganya, Joo Wan selalu detail dan to the point.

Untungnya dia punya Do Jae Hak (Jung Moon Sung), asisten dokter yang pengertian dan selalu menjadi penerjemahnya. Jadi, kalau Joo Wan ngomong pakai bahasa kedokteran yang terlalu canggih, Jae Hak bakal menyederhanakan menjadi bahasa yang mudah dipahami.

Do Jae Hak hospital playlist

Meski kadang nyebelin, Joo Wan sebenarnya berhati lembut dan bersikap baik dengan caranya sendiri. Dan kalau sudah kumpul sama geng nya, Joo Wan berubah jadi sosok yang benar-benar beda. Sisi tegasnya sebagai dokter tiba-tiba menghilang.

Apalagi interaksinya sama Ik Jun, sumpah kocak parah. Banyak deh scene bromance antara Joo Wan dan Ik Jun yang bikin ngakak.

Hospital Playlist Cute Moment

Serunya lagi, Joo Wan ternyata diam-diam berpacaran dengan adik Ik Jun. Hubungan mereka dirahasiakan dari Ik Jun, karena mungkin Joo Wan takut hubungan mereka nggak direstuin. Apalagi Joo Wan dulunya playboy yang mengencani banyak wanita dan hanya bertahan selama tiga bulan saja.

Interaksi Joo Wan dan Ik Sun juga gemes-gemes kocak gitu. Ik Sun kan seorang tentara, makanya Joo Wan sering jadi korban kekerasan pacarnya sendiri. Kasihan, hahaha…

Ik Sun dan Joo Wan Cute Moment

Ik Sun dan Joo Wan

Sayangnya, di episode terakhir Ik Sun harus melanjutkan studi keluar negeri. Jadinya mereka harus LDR-an deh. Berharap banget di season 2 nanti mereka bisa terus sama-sama sampai menikah.

Kim Dae Myung as Jang Seok Hyung

Seorang dokter spesialis Obstetri & Ginekologi (OBGYN) yang lembut pada pasien dan rekan kerjanya. Dia orangnya kalem banget, nggak banyak tingkah, dan lebih suka menyendiri.

Bahkan di awal-awal episode, ia berusaha tak terlalu bergaul dengan rekan kerjanya. Sikap introvert Seok Hyun tentu bukan tanpa alasan, ada masalah keluarga yang membuat dia menjadi orang yang tertutup.

Kim Dae Myung as Yang Seok Hyun

Ayah dan ibunya bercerai karena sang ayah ketahuan selingkuh, tepat di hari kematian adiknya. Sejak kejadian itu, ibunya sakit-sakitan sehingga Seok Hyung lebih memperhatikan ibunya dibanding dirinya sendiri.

Seok Hyung juga tipikal orang yang minim ekspresi. Mukanya datar terus sampai kadang bikin orang salah paham. Salah satu orang yang salah paham dengan sikap Seok Hyun adalah Choo Min Ha (Ahn Eun Jin), seorang dokter residen di poli OBGYN.

Choo Min Ha (Ahn Eun Jin)

Meski awalnya terganggu, Min Ha lama-kelamaan suka nih sama Seok Hyun. Dia bahkan berani menyatakan cinta duluan walau endingnya ditolak. Jahat banget emang Seok Hyung, masa cewek secantik Min Ha langsung ditolak gitu aja!

Tapi, kayaknya Seok Hyung itu takut membuka diri sama wanita. Seok Hyung juga duda kayak Ik Jun. Dia pernah menikah dan akhirnya bercerai, tapi nggak diceritakan secara detail apa yang menyebabkan perceraian mereka.

Jeon Mi Do as Chae Song Hwa

Jeon Mi Do as Chae Song Hwa

Satu-satunya perempuan di Geng 99 yang merupakan dokter bedah saraf serba bisa. Song Hwa ini tipikal cewek kutu buku tapi asyik kalau diajak seneng-seneng.

Dia juga sangat mandiri, tegas, cerdas, dan selalu bisa diandalkan. Meski jadwalnya padat banget, dia masih mau membantu orang lain menulis testis. Kerennya lagi, Song Hwa ini nggak pernah telat masuk kerja.

Bahkan, dia masih sempat nge-band, rajin ke gereja, dan selalu menyempatkan diri untuk berkemah di akhir pekan. Sampai-sampai Song Hwa dijuluki ‘Hantu’ oleh orang-orang di rumah sakit karena dia kayak nggak pernah kelihatan capek sama aktivitasnya.

Song Hwa

Chae Song Hwa

Gila sih, produktif banget ini orang. Kaum rebahan can’t relate deh. Hahaha…

Dibalik semua keahliannya, ada satu kekurangan yang dimiliki Song Hwa yaitu buta nada. Suaranya fals banget! sekali nyanyi, orang-orang bakal syok semua. Meski begitu, Song Hwa nggak pernah jaim bahkan dia pernah mengajukan diri jadi vokalis band. Mantap!

Karena satu-satunya perempuan, Song Hwa sering jadi tempat curhat sahabatnya di Geng 99. Pepatah bilang “Tidak ada persahabatan yang murni antara laki-laki dan perempuan” and yup, ada dua orang yang naksir Song Hwa saat masa kuliah.

Ik Jun dan Song Hwa

Dua orang itu adalah Seok Hyung dan Ik Jun. Seok Hyung sempat menyatakan cinta pada Song Hwa namun berakhir ditolak. Sedangkan Ik Jun mengubur perasaannya saat tau Song Hwa menolak Seok Hyung.

Tapi, setelah bercerai dengan istrinya dan sering bertemu di rumah sakit, Ik Jun kembali suka dengan Song Hwa. Semacam CLBK gitu deh.

Namun kali ini, Ik Jun harus bersaing dengan Ahn Chi Hong (Kim Joo Han), salah satu dokter residen di Yulje Medical Center yang juga menyukai Song Hwa.

Ahn Chi Hong (Kim Joo Han)

Kesimpulan

Overall, Hospital Playlist layak masuk list drama korea terbaik. Akting pemain yang totalitas, eksekusi yang sangat rapi, dan jalan cerita yang cukup ringan namun menghibur sangat layak dijadikan tontonan.

Hanya saja, ending drakor ini memang masih meninggalkan banyak pertanyaan. Soal siapa yang dipilih Song Hwa, hubungan asmara Seok Hyung, dan bagaimana akhir kisah Joon Wan dan Ik Sun yang harus LDR?

Hospital Playlist

Berharap banget di season 2 nanti, semua orang menemukan kebahagian mereka dengan pasangannya masing-masing. Kita tunggu aja tahun depan ya!

Jadi kalian udah nonton Hospital Playlist belum? Kalau belum buruan nonton sekarang deh.

Dijamin drama ini sangat ringan dan menghibur, nggak kayak drama The World of The Married yang review nya juga udah aku tulis disini.

Puput Ariviana Introvert yang suka drama korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *